Cari Blog Ini

Sunan Ibnu Majah hadits nomor 3092 dan 3093

٩٣ – بَابُ الرُّخۡصَةِ فِي ذٰلِكَ إِذَا لَمۡ يُصَدۡ لَهُ 
93. Bab rukhsah dalam hal itu jika binatang itu tidak diburu untuk muhrim 


٣٠٩٢ – (إسناده معلول وفي متنه خطأ) حَدَّثَنَا هِشَامُ بۡنُ عَمَّارٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ بۡنُ عُيَيۡنَةَ، عَنۡ يَحۡيَى بۡنِ سَعِيدٍ، عَنۡ مُحَمَّدِ بۡنِ إِبۡرَاهِيمَ التَّيۡمِيِّ، عَنۡ عِيسَى بۡنِ طَلۡحَةَ، عَنۡ طَلۡحَةَ بۡنِ عُبَيۡدِ اللهِ؛ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ أَعۡطَاهُ حِمَارَ وَحۡشٍ، وَأَمَرَهُ أَنۡ يُفَرِّقَهُ فِي الرِّفَاقِ، وَهُمۡ مُحۡرِمُونَ. [صوابه في رواية النسائي رقم (٢٢١٨)]. 

3092. [Sanadnya ma’lul dan dalam matannya ada kekeliruan] Hisyam bin ‘Ammar telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Sufyan bin ‘Uyainah menceritakan kepada kami dari Yahya bin Sa’id, dari Muhammad bin Ibrahim At-Taimi, dari ‘Isa bin Thalhah, dari Thalhah bin ‘Ubaidullah; Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberinya daging zebra dan memerintahkannya agar membagi-bagikannya kepada para sahabatnya dalam keadaan mereka sedang ihram. 

٣٠٩٣ – (صحيح) حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ يَحۡيَى، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الرَّزَّاقِ، قَالَ: أَنۡبَأَنَا مَعۡمَرٌ، عَنۡ يَحۡيَى بۡنِ أَبِي كَثِيرٍ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ أَبِي قَتَادَةَ، عَنۡ أَبِيهِ؛ قَالَ: خَرَجۡتُ مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ زَمَنَ الۡحُدَيۡبِيَةِ، فَأَحۡرَمَ أَصۡحَابُهُ وَلَمۡ أُحۡرِمۡ، فَرَأَيۡتُ حِمَارًا، فَحَمَلۡتُ عَلَيۡهِ وَاصۡطَدۡتُهُ، فَذَكَرۡتُ شَأۡنَهُ لِرَسُولِ اللهِ ﷺ وَذَكَرۡتُ أَنِّي لَمۡ أَكُنۡ أَحۡرَمۡتُ، وَأَنِّي إِنَّمَا اصۡطَدۡتُهُ لَكَ، فَأَمَرَ النَّبِيُّ أَصۡحَابَهُ أَنۡ يَأۡكُلُوهُ، وَلَمۡ يَأۡكُلۡ مِنۡهُ حِينَ أَخۡبَرۡتُهُ أَنِّي اصۡطَدۡتُهُ لَهُ. [(الإرواء)(٤/٢١٤-٢١٥): ق دون قوله: (ولم يأكل منه) وهو شاذ، فإِنَّه عندهما أنَّه أَكلَ منه]. 

3093. [Sahih] Muhammad bin Yahya telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Abdurrazzaq menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Ma’mar memberitakan kepada kami dari Yahya bin Abu Katsir, dari ‘Abdullah bin Abu Qatadah, dari ayahnya; Beliau berkata: Aku keluar bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada masa Hudaibiyah. Para sahabat beliau berihram dan aku tidak berihram. Lalu aku melihat seekor keledai. Aku mengejarnya dan aku berhasil menjatuhkannya. Lalu aku menyebutkan peristiwa itu kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan aku menyebutkan bahwa aku tidak sedang ihram dan bahwa aku hanya memburunya untuk engkau. Maka Nabi memerintahkan para sahabatnya agar memakannya, sedangkan beliau tidak memakannya ketika aku mengabarkan kepada beliau bahwa aku memburunya untuk beliau.