Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 704

٦٣ - بَابُ مَنۡ شَكَا إِمَامَهُ إِذَا طَوَّلَ
63. Bab barang siapa mengeluhkan imamnya ketika memperpanjang salat


وَقَالَ أَبُو أُسَيۡدٍ: طَوَّلۡتَ بِنَا يَا بُنَيَّ. 

Abu Usaid berkata, “Panjangkanlah salat mengimami kami wahai putraku!” 

٧٠٤ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ يُوسُفَ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ، عَنۡ إِسۡمَاعِيلَ بۡنِ أَبِي خَالِدٍ، عَنۡ قَيۡسِ بۡنِ أَبِي حَازِمٍ، عَنۡ أَبِي مَسۡعُودٍ قَالَ: قَالَ رَجُلٌ: يَا رَسُولَ اللهِ، إِنِّي لَأَتَأَخَّرُ عَنِ الصَّلَاةِ فِي الۡفَجۡرِ مِمَّا يُطِيلُ بِنَا فُلَانٌ فِيهَا، فَغَضِبَ رَسُولُ اللهِ ﷺ، مَا رَأَيۡتُهُ غَضِبَ فِي مَوۡضِعٍ كَانَ أَشَدَّ غَضَبًا مِنۡهُ يَوۡمَئِذٍ، ثُمَّ قَالَ: (يَا أَيُّهَا النَّاسُ، إِنَّ مِنۡكُمۡ مُنَفِّرِينَ، فَمَنۡ أَمَّ النَّاسَ فَلۡيَتَجَوَّزۡ، فَإِنَّ خَلۡفَهُ الضَّعِيفَ وَالۡكَبِيرَ وَذَا الۡحَاجَةِ). [طرفه في: ٩٠]. 

704. Muhammad bin Yusuf telah menceritakan kepada kami: Sufyan menceritakan kepada kami dari Isma’il bin Abu Khalid, dari Qais bin Abu Hazim, dari Abu Mas’ud. Beliau berkata: 

Seseorang berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku tidak ikut salat berjamaah di waktu subuh karena si Polan memperpanjang salat mengimami kami di waktu itu.” 

Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—marah. Aku tidak pernah melihat beliau marah dalam suatu kesempatan yang lebih hebat kemarahannya daripada hari itu. Kemudian beliau bersabda, “Wahai sekalian manusia, sesungguhnya di antara kalian ada yang membuat orang lari. Siapa saja yang mengimami orang-orang, maka ringankanlah, karena di belakangnya ada orang yang lemah, tua, dan memiliki hajat.”