Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 4438

٤٤٣٨ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدٌ: حَدَّثَنَا عَفَّانُ، عَنۡ صَخۡرِ بۡنِ جُوَيۡرِيَةَ، عَنۡ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ بۡنِ الۡقَاسِمِ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا: دَخَلَ عَبۡدُ الرَّحۡمَٰنِ بۡنُ أَبِي بَكۡرٍ عَلَى النَّبِيِّ ﷺ وَأَنَا مُسۡنِدَتُهُ إِلَى صَدۡرِي، وَمَعَ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ سِوَاكٌ رَطۡبٌ يَسۡتَنُّ بِهِ، فَأَبَدَّهُ رَسُولُ اللهِ ﷺ بَصَرَهُ، فَأَخَذۡتُ السِّوَاكَ فَقَصَمۡتُهُ، وَنَفَضۡتُهُ وَطَيَّبۡتُهُ، ثُمَّ دَفَعۡتُهُ إِلَى النَّبِيِّ ﷺ فَاسۡتَنَّ بِهِ، فَمَا رَأَيۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ اسۡتَنَّ اسۡتِنَانًا قَطُّ أَحۡسَنَ مِنۡهُ، فَمَا عَدَا أَنۡ فَرَغَ رَسُولُ اللهِ ﷺ رَفَعَ يَدَهُ أَوۡ إِصۡبَعَهُ ثُمَّ قَالَ: (فِي الرَّفِيقِ الۡأَعۡلَى). ثَلَاثًا، ثُمَّ قَضَى، وَكَانَتۡ تَقُولُ: مَاتَ بَيۡنَ حَاقِنَتِي وَذَاقِنَتِي. [طرفه في: ٨٩٠]. 

4438. Muhammad telah menceritakan kepada kami: ‘Affan menceritakan kepada kami dari Shakhr bin Juwairiyah, dari ‘Abdurrahman bin Al-Qasim, dari ayahnya, dari ‘Aisyah—radhiyallahu ‘anha—: 

‘Abdurrahman bin Abu Bakr masuk ke tempat Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—ketika Nabi bersandar ke dadaku. ‘Abdurrahman membawa sebuah siwak basah yang digunakan untuk membersihkan giginya. Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—menatapnya. Aku lantas mengambil siwak itu, lalu aku patahkan, aku bersihkan, dan aku lembutkan. Kemudian aku memberikannya kepada Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—. 

Beliau pun membersihkan gigi dengannya. Aku belum pernah sama sekali melihat Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—membersihkan gigi lebih baik daripada ketika itu. Belum selesai Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersiwak, beliau mengangkat tangan atau jari beliau kemudian bersabda, “Di tempat teman yang paling tinggi.” Sebanyak tiga kali. Kemudian beliau meninggal. 

‘Aisyah mengatakan: Beliau meninggal di antara haqinah-ku (cekungan di antara dua tulang selangka) dengan dzaqinah-ku (ujung atas tenggorokan).