Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 1174

٣٠ – بَابُ مَنۡ لَمۡ يَتَطَوَّعۡ بَعۡدَ الۡمَكۡتُوبَةِ
30. Bab barang siapa tidak melakukan salat sunah setelah salat wajib


١١٧٤ - حَدَّثَنَا عَلِيُّ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ قَالَ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ، عَنۡ عَمۡرٍو قَالَ: سَمِعۡتُ أَبَا الشَّعۡثَاءِ جَابِرًا قَالَ: سَمِعۡتُ ابۡنَ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا قَالَ: صَلَّيۡتُ مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ ثَمَانِيًا جَمِيعًا، وَسَبۡعًا جَمِيعًا. قُلۡتُ: يَا أَبَا الشَّعۡثَاءِ، أَظُنُّهُ أَخَّرَ الظُّهۡرَ وَعَجَّلَ الۡعَصۡرَ، وَعَجَّلَ الۡعِشَاءَ وَأَخَّرَ الۡمَغۡرِبَ. قَالَ: وَأَنَا أَظُنُّهُ. [طرفه في: ٥٤٣].

1174. ‘Ali bin ‘Abdullah telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Sufyan menceritakan kepada kami dari ‘Amr. Beliau berkata: Aku mendengar Abu Asy-Sya’tsa` Jabir berkata: Aku mendengar Ibnu ‘Abbas—radhiyallahu ‘anhuma—mengatakan: Aku pernah salat bersama Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—delapan rakaat sekaligus dan tujuh rakaat sekaligus.

Aku (‘Amr) berkata, “Wahai Abu Asy-Sya’tsa`, aku mengira beliau mengakhirkan salat Zuhur dan menyegerakan salat Asar, menyegerakan salat Isya dan mengakhirkan salat Magrib.”

Abu Sya’tsa` berkata, “Aku juga mengira begitu.”