Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 1710

١١ – بَابُ جَرۡحِ الۡعَجۡمَاءِ وَالۡمَعۡدِنِ وَالۡبِئۡرِ جُبَارٌ

11. Bab kecelakaan karena binatang ternak, pertambangan, dan sumur tua tidak ada dendanya

٤٥ – (١٧١٠) – حَدَّثَنَا يَحۡيَىٰ بۡنُ يَحۡيَىٰ وَمُحَمَّدُ بۡنُ رُمۡحٍ. قَالَا: أَخۡبَرَنَا اللَّيۡثُ. (ح) وَحَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ بۡنُ سَعِيدٍ: حَدَّثَنَا لَيۡثٌ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ سَعِيدِ بۡنِ الۡمُسَيَّبِ وَأَبِي سَلَمَةَ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، عَنۡ رَسُولِ اللهِ ﷺ أَنَّهُ قَالَ: (الۡعَجۡمَاءُ جَرۡحُهَا جُبَارٌ، وَالۡبِئۡرُ جُبَارٌ، وَالۡمَعۡدِنُ جُبَارٌ، وَفِي الرِّكَازِ الۡخُمُسُ).
45. (1710). Yahya bin Yahya dan Muhammad bin Rumh telah menceritakan kepada kami. Mereka berdua berkata: Al-Laits mengabarkan kepada kami. (Dalam riwayat lain) Qutaibah bin Sa'id telah menceritakan kepada kami: Laits menceritakan kepada kami, dari Ibnu Syihab, dari Sa'id ibnul Musayyab dan Abu Salamah, dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, bahwa beliau bersabda, “Kecelakaan akibat binatang ternak tidak ada dendanya, kecelakaan di sumur tua tidak ada dendanya, kecelakaan di pertambangan tidak ada dendanya, dan pada rikaz (harta terpendam peninggalan jahiliyyah) dikeluarkan seperlima.”
[البخاري: كتاب الديات، باب المعدن جبار...، رقم: ٦٩١٢].
(…) - وَحَدَّثَنَا يَحۡيَىٰ بۡنُ يَحۡيَىٰ وَأَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ وَزُهَيۡرُ بۡنُ حَرۡبٍ وَعَبۡدُ الۡأَعۡلَى بۡنُ حَمَّادٍ. كُلُّهُمۡ عَنِ ابۡنِ عُيَيۡنَةَ. (ح) وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ رَافِعٍ: حَدَّثَنَا إِسۡحَاقُ - يَعۡنِي ابۡنَ عِيسَىٰ -: حَدَّثَنَا مَالِكٌ. كِلَاهُمَا عَنِ الزُّهۡرِيِّ. بِإِسۡنَادِ اللَّيۡثِ... مِثۡلَ حَدِيثِهِ.
Yahya bin Yahya, Abu Bakr bin Abu Syaibah, Zuhair bin Harb, dan 'Abdul A'la bin Hammad telah menceritakan kepada kami. Seluruhnya dari Ibnu 'Uyainah. (Dalam riwayat lain) Muhammad bin Rafi' telah menceritakan kepada kami: Ishaq bin 'Isa menceritakan kepada kami: Malik menceritakan kepada kami. Mereka berdua dari Az-Zuhri dengan sanadnya Al-Laits... semisal haditsnya.
(…) - وَحَدَّثَنِي أَبُو الطَّاهِرِ وَحَرۡمَلَةُ. قَالَا: أَخۡبَرَنَا ابۡنُ وَهۡبٍ: أَخۡبَرَنِي يُونُسُ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنِ ابۡنِ الۡمُسَيَّبِ وَعُبَيۡدِ اللهِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، عَنۡ رَسُولِ اللهِ ﷺ... بِمِثۡلِهِ.
Abuth Thahir dan Harmalah telah menceritakan kepadaku. Mereka berdua berkata: Ibnu Wahb mengabarkan kepada kami: Yunus mengabarkan kepadaku, dari Ibnu Syihab, dari Ibnul Musayyab dan 'Ubaidullah bin 'Abdullah, dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam... semisal hadits itu.
٤٦ - (…) - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ رُمۡحِ بۡنِ الۡمُهَاجِرِ: أَخۡبَرَنَا اللَّيۡثُ، عَنۡ أَيُّوبَ بۡنِ مُوسَىٰ، عَنِ الۡأَسۡوَدِ بۡنِ الۡعَلَاءِ، عَنۡ أَبِي سَلَمَةَ بۡنِ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، عَنۡ رَسُولِ اللهِ ﷺ؛ أَنَّهُ قَالَ: (الۡبِئۡرُ جَرۡحُهَا جُبَارٌ، وَالۡمَعۡدِنُ جَرۡحُهُ جُبَارٌ، وَالۡعَجۡمَاءُ جَرۡحُهَا جُبَارٌ، وَفِي الرِّكَازِ الۡخُمُسُ).
46. Muhammad bin Rumh bin Al-Muhajir telah menceritakan kepada kami: Al-Laits mengabarkan kepada kami, dari Ayyub bin Musa, dari Al-Aswad ibnul 'Ala`, dari Abu Salamah bin 'Abdurrahman, dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam; Bahwa beliau bersabda, “Kecelakaan pada sumur tua tidak ada dendanya, kecelakaan di pertambangan tidak ada dendanya, kecelakaan akibat binatang ternak tidak ada dendanya, dan pada rikaz (harta terpendam peninggalan jahiliyyah) dikeluarkan seperlima.”
(…) - وَحَدَّثَنَا عَبۡدُ الرَّحۡمٰنِ بۡنُ سَلَّامٍ الۡجُمَحِيُّ: حَدَّثَنَا الرَّبِيعُ - يَعۡنِي ابۡنَ مُسۡلِمٍ -. (ح) وَحَدَّثَنَا عُبَيۡدُ اللهِ بۡنُ مُعَاذٍ: حَدَّثَنَا أَبِي. (ح) وَحَدَّثَنَا ابۡنُ بَشَّارٍ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ جَعۡفَرٍ. قَالَا: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ. كِلَاهُمَا عَنۡ مُحَمَّدِ بۡنِ زِيَادٍ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ... بِمِثۡلِهِ.
'Abdurrahman bin Sallam Al-Jumahi telah menceritakan kepada kami: Ar-Rabi' bin Muslim menceritakan kepada kami. (Dalam riwayat lain) 'Ubaidullah bin Mu'adz telah menceritakan kepada kami: Ayahku menceritakan kepada kami. (Dalam riwayat lain) Ibnu Basysyar telah menceritakan kepada kami: Muhammad bin Ja'far menceritakan kepada kami. Mereka berdua (Mu'adz dan Muhammad) berkata: Syu'bah menceritakan kepada kami. Keduanya (Ar-Rabi' dan Syu'bah) dari Muhammad bin Ziyad, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam... semisal hadits itu.