Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 976

٣٦ – بَابُ اسۡتِئۡذَانِ النَّبِيِّ ﷺ رَبَّهُ عَزَّ وَجَلَّ فِي زِيَارَةِ قَبۡرِ أُمِّهِ

36. Bab permintaan ijin Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam kepada Rabbnya 'azza wa jalla untuk menziarahi kuburan ibu beliau

١٠٥ – (٩٧٦) – حَدَّثَنَا يَحۡيَىٰ بۡنُ أَيُّوبَ وَمُحَمَّدُ بۡنُ عَبَّادٍ - وَاللَّفۡظُ لِيَحۡيَىٰ - قَالَا: حَدَّثَنَا مَرۡوَانُ بۡنُ مُعَاوِيَةَ، عَنۡ يَزِيدَ - يَعۡنِي ابۡنَ كَيۡسَانَ - عَنۡ أَبِي حَازِمٍ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ؛ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (اسۡتَأۡذَنۡتُ رَبِّي أَنۡ أَسۡتَغۡفِرَ لِأُمِّي فَلَمۡ يَأۡذَنۡ لِي، وَاسۡتَأۡذَنۡتُهُ أَنۡ أَزُورَ قَبۡرَهَا فَأَذِنَ لِي).
105. (976). Yahya bin Ayyub dan Muhammad bin 'Abbad telah menceritakan kepada kami – dan lafazh ini milik Yahya – beliau berdua berkata: Marwan bin Mu'awiyah menceritakan kepada kami, dari Yazid bin Kaisan, dari Abu Hazim, dari Abu Hurairah; Beliau berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Aku meminta izin kepada Rabbku untuk memintakan ampun bagi ibuku, namun Dia tidak memberiku izin. Lalu aku meminta izin untuk menziarahi kuburan ibuku, maka Dia memberiku izin.”
١٠٨ - (…) - حَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ وَزُهَيۡرُ بۡنُ حَرۡبٍ. قَالَا: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ عُبَيۡدٍ، عَنۡ يَزِيدَ بۡنِ كَيۡسَانَ، عَنِ أَبِي حَازِمٍ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ؛ قَالَ: زَارَ النَّبِيُّ ﷺ قَبۡرَ أُمِّهِ فَبَكَىٰ وَأَبۡكَىٰ مَنۡ حَوۡلَهُ، فَقَالَ: (اسۡتَأۡذَنۡتُ رَبِّي فِي أَنۡ أَسۡتَغۡفِرَ لَهَا فَلَمۡ يُؤۡذَنۡ لِي، وَاسۡتَأۡذَنۡتُهُ فِي أَنۡ أَزُورَ قَبۡرَهَا فَأُذِنَ لِي، فَزُورُوا الۡقُبُورَ، فَإِنَّهَا تُذَكِّرُ الۡمَوۡتَ).
108. Abu Bakr bin Abu Syaibah dan Zuhair bin Harb telah menceritakan kepada kami. Beliau berdua berkata: Muhammad bin 'Ubaid menceritakan kepada kami, dari Yazid bin Kaisan, dari Abu Hazim, dari Abu Hurairah; Beliau berkata: Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berziarah ke kuburan ibu beliau, lalu beliau menangis, sehingga menangislah orang-orang di sekitar beliau. Kemudian beliau bersabda, “Aku meminta ijin Rabbku agar aku boleh memintakan ampun bagi ibuku, namun aku tidak diijinkan. Lalu aku meminta ijinNya agar aku boleh menziarahi kubur ibuku, maka aku diijinkan. Oleh karena itu, ziarahilah kuburan-kuburan, karena ziarah itu mengingatkan kematian.”