٢٤٣٤ – حَدَّثَنَا يَحۡيَىٰ بۡنُ مُوسَى: حَدَّثَنَا الۡوَلِيدُ بۡنُ مُسۡلِمٍ: حَدَّثَنَا الۡأَوۡزَاعِيُّ قَالَ: حَدَّثَنِي يَحۡيَىٰ بۡنُ أَبِي كَثِيرٍ قَالَ: حَدَّثَنِي أَبُو سَلَمَةَ بۡنُ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ قَالَ: حَدَّثَنِي أَبُو هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: لَمَّا فَتَحَ اللهُ عَلَى رَسُولِهِ ﷺ مَكَّةَ، قَامَ فِي النَّاسِ، فَحَمِدَ اللهَ وَأَثۡنَى عَلَيۡهِ، ثُمَّ قَالَ: (إِنَّ اللهَ حَبَسَ عَنۡ مَكَّةَ الۡفِيلَ وَسَلَّطَ عَلَيۡهَا رَسُولَهُ وَالۡمُؤۡمِنِينَ، فَإِنَّهَا لَا تَحِلُّ لِأَحَدٍ كَانَ قَبۡلِي، وَإِنَّهَا أُحِلَّتۡ لِي سَاعَةً مِنۡ نَهَارٍ، وَإِنَّهَا لَا تَحِلُّ لِأَحَدٍ بَعۡدِي، فَلَا يُنَفَّرُ صَيۡدُهَا، وَلَا يُخۡتَلَى شَوۡكُهَا، وَلَا تَحِلُّ سَاقِطَتُهَا إِلَّا لِمُنۡشِدٍ. وَمَنۡ قُتِلَ لَهُ قَتِيلٌ فَهُوَ بِخَيۡرِ النَّظَرَيۡنِ: إِمَّا أَنۡ يُفۡدَى وَإِمَّا أَنۡ يُقِيدَ). فَقَالَ الۡعَبَّاسُ: إِلَّا الۡإِذۡخِرَ، فَإِنَّهَا نَجۡعَلُهُ لِقُبُورِنَا وَبُيُوتِنَا. فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (إِلَّا الۡإِذۡخِرَ). فَقَامَ أَبُو شَاةٍ، رَجُلٌ مِنۡ أَهۡلِ الۡيَمَنِ، فَقَالَ: اكۡتُبُوا لِي يَا رَسُولَ اللهِ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (اكۡتُبُوا لِأَبِي شَاةٍ). قُلۡتُ لِلۡأَوۡزَاعِيِّ: مَا قَوۡلُهُ: اكۡتُبُوا لِي يَا رَسُولَ اللهِ ﷺ؟ قَالَ: هٰذِهِ الۡخُطۡبَةَ الَّتِي سَمِعَهَا مِنۡ رَسُولِ اللهِ ﷺ. [طرفه في: ١١٢].
2434. Yahya bin Musa telah menceritakan kepada kami: Al-Walid bin Muslim menceritakan kepada kami: Al-Auza'i menceritakan kepada kami, beliau berkata: Yahya bin Abu Katsir menceritakan kepadaku, beliau berkata: Abu Salamah bin 'Abdurrahman menceritakan kepadaku, beliau berkata: Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu menceritakan kepadaku, beliau berkata: Tatkala Allah membukakan kota Makkah untuk RasulNya shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau berdiri di hadapan manusia. Beliau memuji Allah dan menyanjungNya, kemudian bersabda, “Sesungguhnya Allah telah menahan pasukan gajah dari Makkah dan Allah telah menguasakan RasulNya dan kaum mu`minin padanya. Sungguh kota Makkah tidak dihalalkan oleh seorangpun sebelumku dan dia dihalalkan untukku sesaat pada waktu siang hari, dan kota Makkah ini tidak halal bagi seorangpun setelahku. Oleh karena itu, binatang buruannya tidak boleh diburu, durinya tidak boleh dicabut, dan barang yang tercecer jatuh tidak halal kecuali untuk diumumkan. Dan barangsiapa menjadi keluarga korban yang terbunuh, maka ia memiliki dua pilihan: bisa memilih diyat atau menuntut qishash. Al-'Abbas berkata: Kecuali Idzkhir, karena tumbuhan itu kami gunakan untuk kuburan dan rumah-rumah kami. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Kecuali Idzkhir.” Kemudian Abu Syah, seorang lelaki dari penduduk Yaman, berdiri lalu berkata: Tuliskan untukku wahai Rasulullah. Lalu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Tuliskan untuk Abu Syah.” Aku bertanya kepada Al-Auza'i: Apa makna ucapan beliau: Tuliskan untukku wahai Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam? Beliau menjawab: Yakni khutbah yang beliau dengar dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.