Cari Blog Ini

Syarh Al-Qawa'idul Arba' - Muqaddimah (1)

شرح
اَلۡقَوَاعِدُ الأَرۡبَعُ

لِلإِمَامِ مُحَمَّدِ بۡنِ عَبۡدِ الۡوَهَّابِ ١١١٥-١٢٠٦ھ

Syarh Al-Qawa’idul Arba’

karya Al-Imam Muhammad bin ‘Abdul Wahhab (1115 - 1206 H)

شرح
مَعَالِي الشَّيۡخ الدُّكۡتُور
صَالِح بن فوزان بن عَبۡدِ اللهِ الۡفَوۡزَان
عضو هيئة كبار العلماء وعضو اللجنة الدائمة للإفتاء
Syarah Syaikh Shalih bin Fauzan bin ‘Abdullah Al-Fauzan
Anggota Hai`ah Kibaril ‘Ulama dan Al-Lajnah Ad-Da`imah lil Ifta`


هَٰذِهِ (الۡقَوَاعِدُ الۡأَرۡبَعُ) الَّتِي أَلَّفَهَا شَيۡخُ الۡإِسۡلَامِ مُحَمَّدُ بۡنُ عَبۡدِ الۡوَهَّابِ رَحِمَهُ اللهُ.
Ini adalah Al-Qawa’idul Arba’ (empat kaidah) yang telah ditulis oleh Syaikhul Islam Muhammad bin ‘Abdul Wahhab rahimahullah.
وَهِيَ رِسَالَةٌ مُسۡتَقِلَّةٌ، وَلَٰكِنَّهَا تُطۡبَعُ مَعَ (ثَلَاثَةِ الۡأُصُولِ) مِنۡ أَجۡلِ الۡحَاجَةِ إِلَيۡهَا لِتَكُونَ فِي مُتَنَاوَلِ أَيۡدِي طَلَبَةِ الۡعِلۡمِ.
Ini adalah risalah yang tersendiri. Akan tetapi dia diterbitkan bersama dengan Tsalatsatul Ushul dikarenakan kebutuhan untuk bisa sampai di hadapan para penuntut ilmu.
وَ (الۡقَوَاعِدُ) جَمۡعُ قَاعِدَةٍ، وَالۡقَاعِدَةُ هِيَ الۡأَصۡلُ الَّذِي يَتَفَرَّعُ عَنۡهُ مَسَائِلُ كَثِيرَةٌ أَوۡ فُرُوعٌ كَثِيرَةٌ.
Al-Qawa’id adalah bentuk jamak dari qa’idah. Yaitu pondasi yang bercabang darinya banyak permasalahan atau cabang-cabang.
وَمَضۡمُونُ هَٰذِهِ الۡقَوَاعِدِ الۡأَرۡبَعِ الَّتِي ذَكَرَهَا الشَّيۡخُ رَحِمَهُ اللهُ مَعۡرِفَةُ التَّوۡحِيدِ وَمَعۡرِفَةُ الشِّرۡكِ.
وَمَا هِيَ الۡقَاعِدَةُ فِي التَّوۡحِيدِ؟ وَمَا هِيَ الۡقَاعِدَةُ فِي الشِّرۡكِ؟ لِأَنَّ كَثِيرًا مِنَ النَّاسِ يَتَخَبَّطُونَ فِي هَٰذَيۡنِ الۡأَمۡرَيۡنِ، يَتَخَبَّطُونَ فِي مَعۡنَى التَّوۡحِيدِ مَا هُوَ؟ وَيَتَخَبَّطُونَ فِي مَعۡنَى الشِّرۡكِ، كُلٌّ يُفَسِّرُهُمَا عَلَى حَسَبِ هَوَاهُ.
Kandungan keempat kaidah yang disebutkan oleh Syaikh di sini adalah mengenal tauhid dan syirik. Apa kaidah dalam masalah tauhid? Apa kaidah dalam perkara syirik? Karena banyak orang yang serampangan dalam dua perkara ini. Mereka seenaknya sendiri dalam memaknai apa tauhid dan syirik tersebut. Setiap orang menafsirkannya sesuai dengan hawa nafsunya.
وَلَٰكِنَّ الۡوَاجِبَ: أَنَّنَا نَرۡجِعُ فِي تَقۡعِيدِنَا إِلَى الۡكِتَابِ وَالسُّنَّةِ، لِيَكُونَ هَٰذَا التَّقۡعِيدُ تَقۡعِيدًا صَحِيحًا سَلِيمًا مَأۡخُوذًا مِنۡ كِتَابِ اللهِ وَسُنَّةِ رَسُولِهِ ﷺ، لَا سِيَّمَا فِي هَٰذَيۡنِ الۡأَمۡرَيۡنِ الۡعَظِيمَيۡنِ التَّوۡحِيدِ وَالشِّرۡكِ.
Bahkan yang wajib bagi kita dalam meletakkan kaidah adalah dengan mengembalikan kepada kitab dan sunnah agar peletakan kaidah ini benar dan selamat diambil dari kitab Allah dan sunnah Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam. Terlebih lagi dalam dua perkara yang besar ini, yaitu tauhid dan syirik.
وَالشَّيۡخُ رَحِمَهُ اللهُ لَمۡ يَذۡكُرۡ هَٰذِهِ الۡقَوَاعِدَ مِنۡ عِنۡدِهِ أَوۡ مِنۡ فِكۡرِهِ كَمَا يَفۡعَلُ ذٰلِكَ كَثِيرٌ مِنَ الۡمُتَخَبِّطِينَ، وَإِنَّمَا أَخَذَ هَٰذِهِ الۡقَوَاعِدَ مِنۡ كِتَابِ اللهِ وَمِنۡ سُنَّةِ رَسُولِ اللهِ ﷺ وَسِيرَتِهِ.
Syaikh rahimahullah tidak menyebutkan kaidah ini dari pendapat atau pemikiran beliau sendiri sebagaimana yang dilakukan oleh banyak orang yang serampangan itu. Beliau mengambil kaidah-kaidah ini hanya dari kitab Allah dan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam serta perjalanan hidup beliau.
فَإِذَا عَرَفۡتَ هَٰذِهِ الۡقَوَاعِدَ وَفَهِمۡتَهَا سَهُلَ عَلَيۡكَ بَعۡدَ ذٰلِكَ مَعۡرِفَةُ التَّوۡحِيدِ الَّذِي بَعَثَ اللهُ بِهِ رُسُلَهُ وَأَنۡزَلَ بِهِ كُتُبَهُ، وَمَعۡرِفَةُ الشِّرۡكِ الَّذِي حَذَّرَ اللهُ مِنۡهُ وَبَيَّنَ خَطَرَهُ وَضَرَرَهُ فِي الدُّنۡيَا وَالۡآخِرَةِ.
Maka, jika engkau telah mengetahui kaidah-kaidah ini dan memahaminya, akan mudah bagimu setelah itu untuk mengenali tauhid yang dengannya lah Allah mengutus para rasul dan menurunkan kitab-kitab-Nya; dan untuk mengenali syirik yang Allah telah peringatkan darinya dan Allah telah jelaskan bahayanya di dunia dan akhirat.
وَهَٰذَا أَمۡرٌ مُهِمٌّ جِدًّا، وَهُوَ أَلۡزَمُ عَلَيۡكَ مِنۡ مَعۡرِفَةِ أَحۡكَامِ الصَّلَاةِ وَالزَّكَاةِ وَالۡعِبَادَاتِ وَسَائِرِ الۡأُمُورِ الدِّينِيَّةِ، لِأَنَّ هَٰذَا هُوَ الۡأَمۡرُ الۡأَوَّلِيُّ وَالۡأَسَاسُ، لِأَنَّ الصَّلَاةَ وَالزَّكَاةَ وَالۡحَجَّ وَغَيۡرَهَا مِنَ الۡعِبَادَاتِ لَا تَصِحُّ إِذَا لَمۡ تُبۡنَ عَلَى أَصۡلِ الۡعَقِيدَةِ الصَّحِيحَةِ، وَهِيَ التَّوۡحِيدُ الۡخَالِصُ لِلهِ عَزَّ وَجَلَّ.
Ini adalah perkara yang sangat penting. Bahkan lebih penting bagimu daripada mengetahui hukum-hukum shalat, zakat, ibadah, dan seluruh perkara agama. Karena ini adalah perkara yang paling pertama dan mendasar. Karena shalat, zakat, haji, dan ibadah lainnya tidak sah apabila tidak dibangun di atas pondasi akidah yang benar, yaitu tauhid yang murni untuk Allah ‘azza wa jalla.