Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 2396

٥٦ – بَابُ مَا جَاءَ فِي الصَّبۡرِ عَلَى الۡبَلَاءِ

56. Bab sabar terhadap cobaan

٢٣٩٦ – (حسن صحيح) حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ، قَالَ: حَدَّثَنَا اللَّيۡثُ، عَنۡ يَزِيدَ بۡنِ أَبِي حَبِيبٍ، عَنۡ سَعۡدِ بۡنِ سِنَانٍ، عَنۡ أَنَسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (إِذَا أَرَادَ اللهُ بِعَبۡدِهِ الۡخَيۡرَ عَجَّلَ لَهُ الۡعُقُوبَةَ فِي الدُّنۡيَا، وَإِذَا أَرَادَ اللهُ بِعَبۡدِهِ الشَّرَّ أَمۡسَكَ عَنۡهُ بِذَنۡبِهِ حَتَّى يُوَافِيَ بِهِ يَوۡمَ الۡقِيَامَةِ). [(الصحيحة) (١٢٢٠)، (المشكاة) (١٥٦٥)].
2396. Qutaibah telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Al-Laits menceritakan kepada kami, dari Yazid bin Abu Habib, dari Sa'd bin Sinan, dari Anas, beliau berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Jika Allah menghendaki kebaikan untuk hambaNya, maka Allah akan menyegerakan hukuman perbuatan dosa di dunia untuknya. Dan jika Allah menghendaki kejelekan untuk hambaNya, maka Allah akan menahan hukuman dari perbuatan dosanya sampai Dia akan membalasnya semua dosanya nanti pada hari kiamat.”
٢٣٩٦ (م) – (حسن) وَبِهٰذَا الۡإِسۡنَادِ عَنِ النَّبِيِّ ﷺ، قَالَ: (إِنَّ عِظَمَ الۡجَزَاءِ مَعَ عِظَمِ الۡبَلَاءِ، وَإِنَّ اللهَ إِذَا أَحَبَّ قَوۡمًا ابۡتَلَاهُمۡ، فَمَنۡ رَضِيَ فَلَهُ الرِّضَا، وَمَنۡ سَخِطَ فَلَهُ السَّخَطُ). هٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ مِنۡ هٰذَا الۡوَجۡهِ. [(ابن ماجه) (٤٠٣١)].
2396. Dengan sanad ini dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Sesungguhnya besarnya balasan sesuai dengan besarnya cobaan. Dan sungguh jika Allah mencintai suatu kaum, maka dia akan memberi cobaan kepada mereka. Sehingga barangsiapa ridha, maka dia akan mendapatkan keridhaan Allah. Dan barangsiapa marah, maka dia pun akan memperoleh kemurkaan Allah.” Ini adalah hadits hasan gharib dari jalan ini.