Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 285

٢٨٥ – حَدَّثَنَا عَيَّاشٌ قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الۡأَعۡلَى: حَدَّثَنَا حُمَيۡدٌ، عَنۡ بَكۡرٍ، عَنۡ أَبِي رَافِعٍ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ قَالَ: لَقِيَنِي رَسُولُ اللهِ ﷺ وَأَنَا جُنُبٌ، فَأَخَذَ بِيَدِي، فَمَشَيۡتُ مَعَهُ حَتَّى قَعَدَ، فَانۡسَلَلۡتُ، فَأَتَيۡتُ الرَّحۡلَ، فَاغۡتَسَلۡتُ ثُمَّ جِئۡتُ وَهُوَ قَاعِدٌ، فَقَالَ: (أَيۡنَ كُنۡتَ يَا أَبَا هِرٍّ؟) فَقُلۡتُ لَهُ، فَقَالَ: (سُبۡحَانَ اللهِ يَا أَبَا هِرٍّ، إِنَّ الۡمُؤۡمِنَ لَا يَنۡجُسُ). [طرفه في: ٢٨٣].
285. 'Ayyasy telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: 'Abdul A'la menceritakan kepada kami: Humaid menceritakan kepada kami, dari Bakr, dari Abu Rafi', dari Abu Hurairah, beliau berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bertemu aku dalam keadaan aku sedang junub. Beliau menggandeng tanganku, lalu aku pun berjalan bersama beliau hingga duduk. Aku menyelinap pergi ke rumah, mandi, lalu aku datang menemui beliau dalam keadaan beliau masih duduk. Beliau bertanya, “Di mana kamu tadi, wahai Abu Hirr?” Aku pun menceritakan kepada beliau. Beliau mengatakan, “Subhanallah, wahai Abu Hirr. Sesungguhnya orang mu`min itu tidak najis.”