Cari Blog Ini

Taisirul 'Allam - Hadits ke-38

الۡحَدِيثُ الثَّامِنُ وَالثَّلَاثُونَ

٣٨ – عَنۡ جَابِرِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا: أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ قَالَ:
(أُعۡطِيتُ خَمۡسًا لَمۡ يُعۡطَهُنَّ أَحَدٌ مِنَ الۡأَنۡبِيَاءِ قَبۡلِي:
{١} نُصِرۡتُ بِالرُّعۡبِ مَسِيرَةَ شَهۡرٍ {٢} وَجُعِلَتۡ لِيَ الۡأَرۡضُ مَسۡجِدًا وَطَهُورًا فَأَيُّمَا رَجُلٍ مِنۡ أُمَّتِي أَدۡرَكَتۡهُ الصَّلَاةُ فَلۡيُصَلِّ. {٣} وَأُحِلَّتۡ لِيَ الۡغَنَائِمُ، وَلَمۡ تَحِلَّ لِأَحَدٍ قَبۡلِي. {٤} وَأُعۡطِيتُ الشَّفَاعَةَ. {٥} وَكَانَ النَّبِيُّ يُبۡعَثُ إِلَى قَوۡمِهِ خَاصَّةً وَبُعِثۡتُ إِلَى النَّاسِ كَافَّةً)[1].
38. Dari Jabir bin ‘Abdullah radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku diberi lima perkara yang tidak diberikan kepada satu nabi pun sebelumku: (1) Aku ditolong dengan rasa takut yang menghinggapi musuh sejauh satu bulan perjalanan. (2) Bumi dijadikan tempat shalat dan alat bersuci untukku, sehingga siapa saja dari kalangan umatku yang mendapati waktu shalat, hendaknya ia shalat. (3) Ghanimah dihalalkan untukku dan tidak dihalalkan kepada seorang pun sebelumku. (4) Aku diizinkan untuk memberi syafaat. (5) Para nabi terdahulu diutus kepada kaumnya saja sedangkan aku diutus kepada seluruh manusia.”
غَرِيبُ الۡحَدِيثِ:
-لَمۡ تَحِلَّ- يَجُوزُ ضَمُّ التَّاءِ وَفَتۡحُ الۡحَاءِ، عَلَى الۡبِنَاءِ لِلۡمَفۡعُولِ، وَيَجُوزُ فَتۡحُ التَّاءِ وَكَسۡرِ الۡحَاءِ عَلَى الۡبِنَاءِ لِلۡفَاعِلِ، وَهُوَ أَكۡثَرُ، قَالَهُ الشَّيۡخُ نُورُ الدِّينِ الۡهَاشِمِي.
Kosa kata asing dalam hadits:
لَمۡ تَحِلَّ – dengan mendhammah huruf ta` dan memfathah huruf ha` dalam bentuk pasif dan boleh pula dengan memfathah huruf ta` dan mengkasrah huruf ha` dalam bentuk aktif, dan bentuk ini yang lebih banyak didapati sebagaimana dikatakan Syaikh Nuruddin Al-Hasyimi.
الۡمَعۡنَى الۡإِجۡمَالِي:
خُصَّ نَبِيُّنَا ﷺ عَنۡ سَائِرِ الۡأَنۡبِيَاءِ بِخِصَالٍ شَرَفٍ، وَمُيِّزَ بِمَحَامِدَ لَمۡ تَكُنۡ لِمَنۡ قَبۡلَهُ مِنَ الۡأَنۡبِيَاءِ عَلَيۡهِمُ السَّلَامُ، فَنَالَ هَٰذِهِ الۡأُمَّةُ الۡمُحَمَّدِيَّةُ –بِبَرَكَةِ هَٰذَا النَّبِيِّ الۡكَرِيمِ الۡمَيۡمُونِ- شَيۡء مِنۡ هَٰذِهِ الۡفَضَائِلِ وَالۡمَكَارِمِ.
فَمِنۡ ذٰلِكَ: مَا ثَبَتَ فِي هَٰذَا الۡحَدِيثِ مِنۡ هَٰذِهِ الۡخِصَالِ الۡخَمۡسِ الۡكَرِيمَةِ، اللَّائِي
Makna secara umum:
Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dikhususkan dari seluruh nabi dengan perkara-perkara mulia. Beliau dibedakan dengan perkara patut disyukuri yang belum pernah terdapat pada nabi-nabi sebelum beliau ‘alaihimus salam. Sehingga umat Nabi Muhammad ini mendapatkan –dengan berkah Nabi mulia yang diberkahi ini- kemuliaan dan keutamaan ini.
Di antaranya adalah apa yang terdapat di dalam hadits ini dari lima perkara yang mulia, yaitu:
أُولَاهُنَّ: أَنَّ اللهَ سُبۡحَانَهُ وَتَعَالَى نَصَرَهُ، وَأَيَّدَهُ عَلَى أَعۡدَائِهِ بِالرُّعۡبِ، الَّذِي يَحُلُّ بِأَعۡدَائِهِ فَيُوهِنُ قُوَاهُمۡ، وَيُضَعۡضِعُ كِيَانَهُمۡ، وَيُفَرِّقُ صُفُوفَهُمۡ، وَيُفَرِّقُ جَمۡعَهُمۡ، وَلَوۡ كَانَ النَّبِيُّ ﷺ عَلَى مَسِيرَةِ شَهۡرٍ مِنۡهُمۡ، تَأۡيِيدًا مِنَ اللهِ وَنَصۡرًا لِنَبِيِّهِ وَخُذۡلَانًا وَهَزِيمَةً لِأَعۡدَاءِ دِينِهِ، وَلَا شَكَّ أَنَّهَا إِعَانَةٌ كَبِيرَةٌ مِنَ اللهِ تَعَالَى.
1. Bahwa Allah subhanahu wa ta’ala menolong beliau dan memperkuat beliau atas musuh-musuh beliau dengan rasa takut yang hinggap di hati musuh-musuh Allah sehingga melemahkan kekuatan mereka, menghancurkan keberadaan mereka, memorak-porandakan barisan mereka, dan memecah belah persatuan mereka, meskipun Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam masih sejarak sebulan perjalanan dari mereka. Ini sebagai hal yang memperkuat dan pertolongan dari Allah serta sebagai kehinaan dan kekalahan untuk musuh-musuh agamaNya. Dan tidak ragu lagi bahwa ini adalah pertolongan yang amat besar dari Allah ta’ala.
ثَانِيهَا: أَنَّ اللهَ سُبۡحَانَهُ وَتَعَالَى وَسَّعَ عَلَى هَٰذَا النَّبِيِّ الۡكَرِيمِ، وَأُمَّتِهِ الۡمَرۡحُومَةِ بِأَنۡ جَعَلَ لَهُمُ الۡأَرۡضَ مَسۡجِدًا.
فَأَيۡنَمَا تُدۡرِكۡهُمُ الصَّلَاةُ فَلۡيُصَلُّوا، فَلَا تَتَقَيَّدَ بِأَمۡكِنَةٍ مَخۡصُوصَةٍ، كَمَا كَانَ مِنۡ قَبۡلِهِمۡ لَا يُؤۡدُونَ عِبَادَاتَهُمۡ إِلَّا فِي الۡكَنَائِسِ، أَوۡ الۡبِيَعِ، وَهَٰكَذَا فَإِنَّ رَفۡعَ الۡحَرَجِ وَالضَّيِّقِ عَنۡ هَٰذِهِ الۡأُمَّةِ، فَضۡلًا مِنۡهُ وَإِحۡسَانًا، وَكَرَمًا وَامۡتِنَانًا.
وَكَذٰلِكَ كَانَ مِنۡ قَبۡلِ هَٰذِهِ الۡأُمَّةِ، لَا يُطَهِّرُهُمۡ إِلَّا الۡمَاءُ، وَهَٰذِهِ الۡأُمَّةُ جُعِلَ التُّرَابُ لِمَنۡ لَمۡ يَجِدۡ الۡمَاءَ طَهُورًا. وَمِثۡلُهُ الۡعَاجِزُ عَنِ اسۡتِعۡمَالِهِ لِضَرَرِهِ.
2. Bahwa Allah subhanahu wa ta’ala melapangkan bagi Nabi yang mulia ini dan umat beliau yang dirahmati dengan menjadikan bumi sebagai tempat shalat untuk mereka. Sehingga di mana saja masuk waktu shalat, hendaknya mereka shalat di situ, tidak terikat dengan suatu tempat yang khusus, sebagaimana keadaan orang sebelum mereka yang mereka menunaikan ibadah hanya di gereja-gereja. Demikianlah, sesungguhnya Allah menghilangkan kesulitan dan kesempitan dari umat ini adalah bentuk karunia dan kebaikan dari Allah, kemurahan dan karuniaNya. Demikian pula umat sebelum umat ini tidak bisa menyucikan mereka kecuali air. Sedangkan umat ini, tanah dijadikan alat bersuci untuk siapa saja yang tidak mendapati air dan yang tidak mampu menggunakan air apabila dapat membahayakannya.
ثَالِثُهَا: أَنَّ الۡغَنَائِمَ الَّتِي تُؤۡخَذُ مِنَ الۡكُفَّارِ وَالۡمُقَاتِلِينَ، حَلَالٌ لِهَٰذَا النَّبِيِّ ﷺ وَأُمَّتِهِ، يَقۡتَسِمُونَهَا عَلَى مَا بَيَّنَ اللهُ تَعَالَى، بَعۡدَ أَنۡ كَانَتۡ مُحَرَّمَةً عَلَى الۡأَنۡبِيَاءِ السَّابِقِينَ وَأُمَمِهِمۡ، حَيۡثُ كانُوا يَجۡمَعُونَهَا، فَإِنۡ قُبِلَتۡ، نَزَلَتۡ عَلَيۡهَا نَارٌ مِنَ السَّمَاءِ فَأَحۡرَقَتۡهَا.
3. Bahwa ghanimah yang diambil dari orang-orang kafir dan orang-orang yang memerangi adalah halal bagi Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dan umat beliau. Mereka membaginya sesuai dengan yang Allah ta’ala terangkan. Hal ini setelah dulunya ghanimah diharamkan bagi para nabi terdahulu dan umat mereka. Dimana mereka dahulu mengumpulkannya, kemudian apabila ghanimah itu diterima, turun api dari langit lalu membakarnya.
رَابِعُهَا: أَنَّ اللهَ سُبۡحَانَهُ وَتَعَالَى، خَصَّهُ بِالۡمَقَامِ الۡمَحۡمُودِ، وَالشَّفَاعَةِ الۡعُظۡمَى، يَوۡمَ يَتَأَخَّرُ عَنۡهَا أُولُو الۡعَزۡمِ مِنَ الرُّسُلِ فِي عَرَصَاتِ الۡقِيَامَةِ، فَيَقُولُ: أَنَا لَهَا، وَيَسۡجُدُ تَحۡتَ الۡعَرۡشِ، وَيُمَجِّدُ اللهَ تَعَالَى بِمَا هُوَ أَهۡلُهُ، فَيُقَالُ: اشۡفَعۡ تُشَفَّعۡ، وَسَلۡ تُعۡطَهُ.
حِينَئِذٍ يَسۡأَلُ اللهَ الشَّفَاعَةَ لِلۡخَلَائِقِ بِالۡفَصۡلِ بَيۡنَهُمۡ فِي هَٰذَا الۡمَقَامِ الطَّوِيلِ.
فَهَٰذَا هُوَ الۡمَقَامُ الۡمَحۡمُودُ الَّذِي يَغۡبُطُهُ عَلَيۡهِ الۡأَوَّلُونَ وَالۡآخَرُونَ.
4. Bahwa Allah subhanahu wa ta’ala mengkhususkan beliau dengan kedudukan yang terpuji (maqam mahmud) dan syafa’at yang paling agung pada hari ketika para rasul ulul ‘azmi mengundurkan diri darinya di padang mahsyar. Kemudian Nabi Muhammad mengatakan, “Akulah yang berhak untuk itu.” Kemudian beliau sujud di bawah ‘arsy dan mengagungkan Allah dengan pengagungan yang layak untukNya, lalu dikatakan: berilah syafa’at niscaya akan diterima syafa’atmu dan mintalah niscaya engkau akan diberi. Pada saat inilah, beliau meminta kepada Allah syafaat untuk para makhluk agar ditetapkan keputusan di antara mereka pada tempat yang tinggi ini. Tempat inilah maqam mahmud yang seluruh manusia dari awal hingga yang akhir ingin untuk mendapatkannya.
خَمِسُهَا: أَنَّ كُلَّ نَبِيٍّ مِنَ الۡأَنۡبِيَاءِ السَّابِقِينَ تَخۡتَصُّ دَعۡوَتُهُمۡ بِقَوۡمِهِمۡ.
وَقَدۡ جَعَلَ اللهُ تَعَالَى فِي هَٰذَا النَّبِيِّ الۡعَظِيمِ، وَفِي رِسَالَتِهِ السَّامِيَةِ الصَّلَاحِيَةَ وَالشُّمُولَ، لِأَنۡ تَكُونَ الدُّسۡتُورَ الۡخَالِدَ، وَالۡقَانُونَ الۡبَاقِي لِجَمِيعِ الۡبَشَرِ، عَلَى اخۡتِلَافِ أَجۡنَاسِهِمۡ، وَتَبَايُنِ أَصۡنَافِهِمۡ، وَتَبَاعُدِ أَقۡطَارِهِمۡ، فَهِيَ الشَّرِيعَةُ الصَّالِحَةُ لِكُلِّ زَمَانٍ وَمَكَانٍ، وَلَمَّا كَانَتۡ بِهَٰذِهِ الصَّلَاحِيَّةِ وَالسُّمُوِّ، كَانَتۡ هِيَ الۡأَخِيرَةَ، لِأَنَّهَا لَا تَحۡتَاجُّ إِلَى زِيَادَةٍ وَلَا فِيهَا نَقۡصٌ.
وَجُعِلَتۡ شَامِلَةٌ، لِمَا فِيهِ مِنۡ عَنَاصِرِ الۡبَقَاءِ وَالۡخُلُودِ.
5. Bahwa setiap nabi terdahulu, dakwah mereka khusus untuk kaum mereka saja. Dan Allah ta’ala telah menjadikan pada Nabi yang agung ini dan pada risalah beliau yang mulia ini kesesuaian dan kesempurnaan sehingga menjadi undang-undang yang abadi dan hukum yang tetap bagi seluruh manusia. Meski berbeda-beda jenis mereka, berlainan golongan mereka, dan berjauhan tempat-tempat mereka. Sehingga risalah beliau cocok untuk setiap zaman dan tempat. Bersamaan dengan kesesuaian dan kemuliaan ini, jadilah risalah ini risalah yang terakhir, karena ia tidak butuh kepada sedikit pun tambahan maupun pengurangan. Dan risalah ini dijadikan sempurna dengan apa yang terkandung di dalamnya berupa susunan hukum dan aturan yang tetap dan kekal.
مَا يُؤۡخَذُ مِنَ الۡحَدِيثِ:
هَٰذَا حَدِيثٌ عَظِيمٌ، وَفِيهِ فَوَائِدُ جَمَّةٌ، وَنَقۡتَصِرُ عَلَى الۡبَارِزَةِ مِنۡهَا:
١ – تَفۡضِيلُ نَبِيِّنَا ﷺ عَلَى سَائِرِ الۡأَنۡبِيَاءِ، وَتَفۡضِيلُ أُمَّتِهِ عَلَى سَائِرِ الۡأُمَمِ.
٢ – تَعۡدِيدُ نِعَمِ اللهِ عَلَى الۡعَبۡدِ، وَإِنۡ ذَكَرَهَا – عَلَى وَجۡهِ الشُّكۡرِ لِلهِ، وَذَكَرَ آلَائِهِ – يُعَدُّ عِبَادَةً، وَشُكۡرًا لِلهِ.
٣ – كَوۡنُهُ ﷺ نُصِرَ بِالرُّعۡبِ، وَأُحِلَّتۡ لَهُ الۡغَنَائِمُ، وَبُعِثَ إِلَى النَّاسِ عَامَّةً، وَأُعۡطِيَ الشَّفَاعَةَ، وَجُعِلَتۡ الۡأَرۡضُ لَهُ وَلۡأُمَّتِهِ مَسۡجِدًا وَطَهُورًا، كُلُّ هَٰذِهِ مِنۡ خَصَائِصِهِ. وَقَدۡ عُدَّتۡ خَصَائِصُهُ فَكَانَتۡ سَبۡعَ عَشۡرَةَ خَصۡلَةً، وَهِيَ عِنۡدَ الصَّنۡعَانِيُّ إِحۡدَى وَعِشۡرُونَ وَمِنۡ تَتَبُّعِ الۡجَامِعِينَ الصَّغِيرِ وَالۡكَبِيرِ وُجِدَ زِيَادَةٌ عَلَى هَٰذَا الۡعَدَدِ.
٤ – أَنَّ صِحَّةَ الصَّلَاةِ لَا تَخۡتَصُّ بِبُقۡعَةٍ دُونَ أُخۡرَى.
٥ – أَنَّ الۡأَصۡلَ فِي الۡأَرۡضِ الطَّهَارَةُ لِلصَّلَاةِ وَالتَّيَمُّمِ.
٦ – أَنَّ كُلَّ أَرۡضٍ صَالِحَةٌ لِيَتَيَمَّمُ مِنۡهَا.
٧ – سِعَةُ هَٰذِهِ الشَّرِيعَةِ وَعَظَمَتُهَا، لِذَا جُعِلَتۡ لِتَنۡظِيمِ الۡعَالَمِ كُلِّهِ فِي عِبَادَاتِهِ وَمُعَامَلَاتِهِ، عَلَى اخۡتِلَافِ أَمۡصَارِهِ، وَتَبَاعُدِ أَقۡطَارِهِ.
٨ – قَوۡلُهُ: (أَيُّمَا رَجُلٍ) لَا يُرَادُ بِهِ جِنۡسُ الرِّجَالِ وَحۡدَهُ، وَإِنَّمَا يُرَادُ أَمۡثَالُهُ مِنَ النِّسَاءِ أَيۡضًا؛ لِأَنَّ النِّسَاءَ شَقَائِقُ الرِّجَالِ.
٩ – قَالَ الصَّنۡعَانِيُّ: إِنَّمَا خَصَّ مَسَافَةَ الشَّهۡرِ، دُونَ مَسَافَةِ أَبۡعَدُ مِنۡهُ، لِأَنَّهُ لَمۡ يَكُنۡ بَيۡنَهُ وَبَيۡنَ مَنۡ أَظۡهَرَ الۡعَدَاوَةَ لَهُ أَكۡثَرُ مِنۡ ذٰلِكَ.
Faidah hadits:
Ini adalah hadits yang agung. Padanya terdapat faidah-faidah yang terkumpul. Dan kita cukupkan dengan faidah yang nampak jelas, di antaranya:
  1. Pemuliaan Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam di atas seluruh nabi dan pemuliaan umat beliau di atas seluruh umat.
  2. Penyebutan nikmat-nikmat Allah bagi hambaNya. Apabila seorang hamba menyebutnya –untuk bersyukur kepada Allah dan mengingat nikmatNya-, maka ini terhitung sebagai ibadah dan bentuk syukur kepada Allah.
  3. Keadaan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam yang ditolong dengan rasa takut yang menghinggapi musuh, ghanimah dihalalkan bagi beliau, diutus kepada manusia secara umum, diizinkan untuk memberi syafaat, dan bumi dijadikan untuk beliau dan umat beliau sebagai tempat shalat dan alat bersuci. Semuanya ini merupakan kekhususan beliau. Dan kekhususan beliau ini telah dihitung ada 17 perkara. Dan menurut Ash-Shan’ani ada 21 perkara. Dan dari penelitian kitab-kitab Jami’ baik yang shaghir maupun kabir, didapati lebih dari bilangan tersebut.
  4. Bahwa sahnya shalat itu tidak dikhususkan di satu tempat saja.
  5. Bahwa hukum asal bumi itu suci untuk shalat dan tayammum.
  6. Bahwa seluruh tanah itu bisa untuk digunakan tayammum.
  7. Keluasan dan keagungan syariat ini. Oleh karena itulah, ia dijadikan aturan untuk seluruh alam ini dalam perkara ibadah dan muamalah walaupun berbeda kota-kotanya dan berjauhan tempat-tempatnya.
  8. Ucapan beliau: “أَيُّمَا رَجُلٍ” tidak dimaukan hanya jenis laki-laki saja, tetapi termasuk pula wanita. Karena wanita itu saudara kandung laki-laki.
  9. Ash-Shan’ani berkata: dikhususkan hanya jarak perjalanan sebulan, tidak jarak yang lebih jauh dari itu, karena tidak tidak pernah terjadi jarak antara beliau dengan orang yang menampakkan perlawanan lebih jauh dari itu.

[1] رَوَاهُ الۡبُخَارِيُّ (٣٣٥) فِي التَّيَمُّمِ، (٤٣٨) فِي الصَّلَاةِ، وَمُسۡلِمٌ (٥٢١) فِي الۡمَسَاجِدِ، وَرَوَاهُ أَيۡضًا النَّسَائِيُّ (١/٢١٠، ٢١١) فِي الۡغُسۡلِ، وَالدَّارِمِيُّ (١/٣٣٢) فِي الصَّلَاةِ.