Cari Blog Ini

At-Tuhfatus Saniyyah - Hukum Mustatsna dengan Illa

حُكۡمُ الۡمُسۡتَثۡنَى بِإِلَّا

فَالْمُسْتَثْنَى بِإِلَّا يُنْصَبُ إِذَا كَانَ الْكَلَامُ تَامًّا مُوجَبًا، نَحْوُ: (قَامَ الْقَوْمُ إِلَّا زَيْدًا) وَ (خَرَجَ النَّاسُ إِلَّا عَمْرًا) وَإِنْ كَانَ الْكَلَامُ مَنْفِيًّا تَامًّا جَازَ فِيهِ الْبَدَلُ وَالنَّصْبُ عَلَى الْإِسْتِثْنَاءِ، نَحْوُ: (مَا قَامَ الْقَوْمُ إِلَّا زَيْدٌ) وَ (إِلَّا زَيْدًا) وَإِنْ كَانَ الْكَلَامُ نَاقِصًا كَانَ عَلَى حَسَبِ الْعَوَامِلِ، نَحْوُ: (مَا قَامَ إِلَّا زَيْدٌ) وَ (مَا ضَرَبْتُ إِلَّا زَيْدًا) وَ (مَا مَرَرْتُ إِلَّا بِزَيْدٍ).
Mustatsna menggunakan illa adalah dinashab jika kalimatnya sempurna dan positif, contoh: قَامَ الۡقَوۡمُ إِلَّا زَيۡدًا dan خَرَجَ النَّاسُ إِلَّا عَمۡرًا. Dan apabila kalimatnya negatif dan sempurna, maka boleh badal dan boleh nashab karena istitsna`, contoh: مَا قَامَ الۡقَوۡمُ إِلَّا زَيۡدٌ dan إِلَّا زَيۡدًا. Dan apabila kalimatnya tidak sempurna, maka tergantung ‘amilnya, contoh: مَا قَامَ إِلَّا زَيۡدٌ, مَا ضَرَبۡتُ إِلَّا زَيۡدًا, dan مَا مَرَرۡتُ إِلَّا بِزَيۡدٍ.
وَأَقُولُ: اعۡلَمۡ أَنَّ لِلۡاسۡمِ الۡوَاقِعِ بَعۡدَ (إِلَّا) ثَلَاثَةَ أَحۡوَالٍ؛ الۡحَالَةُ الۡأُولَى: وُجُوبُ النَّصۡبِ عَلَى الۡاسۡتِثۡنَاءِ، الۡحَالَةُ الثَّانِيَةُ: جَوَازُ إِتۡبَاعِهِ لِمَا قَبۡلَ (إِلَّا) عَلَى أَنَّهُ بَدَلٌ مِنۡهُ مَعَ جَوَازِ نَصۡبِهِ عَلَى الۡاسۡتِثۡنَاءِ، الۡحَالَةُ الثَّالِثَةُ: وُجُوبُ إِجۡرَائِهِ عَلَى حَسَبِ مَا يَقۡتَضِيهِ الۡعَامِلُ الۡمَذۡكُورُ قَبۡلَ (إِلَّا).
Ketahuilah, bahwa isim yang terletak setelah illa memiliki tiga keadaan:
  1. Wajib nashab karena istitsna`
  2. Boleh mengikuti kata sebelum illa atas dasar bahwa isim tersebut badal darinya dan boleh pula nashab karena istitsna`
  3. Wajib memperlakukannya sesuai dengan tuntutan ‘amil yang disebutkan sebelum illa.
وَبَيَانُ ذَلِكَ أَنَّ الۡكَلَامَ الَّذِي قَبۡلَ (إِلَّا) إِمَّا أَنۡ يَكُونَ تَامًّا مُوجَبًا، وَإِمَّا أَنۡ يَكُونَ تَامًّا مَنۡفِيًّا، وَإِمَّا أَنۡ يَكُونَ نَاقِصًا وَلَا يَكُونُ حِينَئِذٍ إِلَّا مَنۡفِيًّا.
Dan penjelasan hal tersebut adalah bahwa kalimat sebelum illa, bisa jadi sempurna dan positif, atau bisa jadi sempurna dan negatif, atau bisa pula tidak sempurna dan ketika demikian hanya bisa negatif.
وَمَعۡنَى كَوۡنِ الۡكَلَامِ السَّابِقِ تَامًّا: أَنۡ يُذۡكَرَ فِيهِ الۡمُسۡتَثۡنَى مِنۡهُ، وَمَعۡنَى كَوۡنِهِ نَاقِصًا: أَلَّا يُذۡكَرَ فِيهِ الۡمُسۡتَثۡنَى مِنۡهُ، وَمَعۡنَى كَوۡنِهِ مُوجَبًا: أَلَّا يَسۡبِقَهُ نَفۡيٌ أَوۡ شِبۡهُهُ، وَشِبۡهُ النَّفۡيِ: النَّهۡيُ، وَالۡاسۡتِفۡهَامُ، وَمَعۡنَى كَوۡنِهِ مَنۡفِيًّا: أَنۡ يَسۡبِقَهُ أَحَدُ هَٰذِهِ الۡأَشۡيَاءِ.
Makna bahwa kalimat sebelumnya sempurna adalah bahwa mustatsna minhu-nya sudah disebutkan padanya. Makna bahwa kalimat sebelumnya tidak sempurna adalah mustatsna minhu-nya belum disebutkan. Makna bahwa kalimat sebelumnya positif adalah tidak didahului oleh nafi (peniadaan) atau yang menyerupainya. Yang menyerupai nafi adalah nahi (larangan), istifham (pertanyaan). Dan makna kalimat sebelumnya negatif adalah didahului oleh salah satu dari hal-hal tersebut.
فَإِنۡ كَانَ الۡكَلَامُ السَّابِقُ تَامًّا مُوجَبًا وَجَبَ نَصۡبُ الۡاسۡمِ الۡوَاقِعِ بَعۡدَ (إِلَّا) عَلَى الۡاسۡتِثۡنَاءِ نَحۡوُ قَوۡلِكَ: (قَامَ الۡقَوۡمُ إِلَّا زَيۡدًا) وَقَوۡلِكَ: (خَرَجَ النَّاسُ إِلَّا عَمۡرًا) فَزَيۡدًا وَعَمۡرًا: مُسۡتَثۡنَيَانِ مِنۡ كَلَامٍ تَامٍّ لِذِكۡرِ الۡمُسۡتَثۡنَى مِنۡهُ – وَهُوَ (الۡقَوۡمُ) فِي الۡأَوَّلِ وَ(النَّاسُ) فِي الثَّانِي- وَالۡكَلَامُ مَعَ ذَلِكَ مُوجَبٌ لِعَدَمِ تَقَدُّمِ نَفۡيٍ أَوۡ شِبۡهِهِ؛ فَوَجَبَ نَصۡبُهُمَا، وَهَٰذِهِ هِيَ الۡحَالَةُ الۡأُولَى.
Jadi, apabila kalimat sebelumnya sempurna dan positif, maka wajib menashabkan isim setelah illa karena istitsna`. Contohnya ucapanmu: قَامَ الۡقَوۡمُ إِلَّا زَيۡدًا dan ucapanmu: خَرَجَ النَّاسُ إِلَّا عَمۡرًا. Sehingga, زَيۡدًا dan عَمۡرًا adalah dua mustatsna dari kalimat yang sempurna, karena sudah disebutkan mustatsna minhu-nya. Yaitu الۡقَوۡمُ di contoh pertama dan النَّاسُ di contoh kedua. Dan kalimat ini juga positif karena tidak didahului oleh nafi atau yang menyerupainya. Sehingga, wajib menashabkan keduanya. Ini adalah keadaan pertama.
وَإِنۡ كَانَ الۡكَلَامُ السَّابِقُ تَامًّا مَنۡفِيًّا جَازَ فِيهِ الۡإِتۡبَاعُ عَلَى الۡبَدَلِيَّةِ أَوِ النَّصۡبُ عَلَى الۡاسۡتِثۡنَاءِ، نَحۡوُ قَوۡلِكَ: (مَا قَامَ الۡقَوۡمُ إِلَّا زَيۡدٌ) فَزَيۡدٌ: مُسۡتَثۡنَى مِنۡ كَلَامٍ تَامٍّ لِذِكۡرِ الۡمُسۡتَثۡنَى مِنۡهُ، وَهُوَ الۡقَوۡمُ، وَالۡكَلَامُ مَعَ ذَلِكَ مَنۡفِيٌّ لَتَقَدُّمِ (مَا) النَّافِيَةِ؛ فَيَجُوزُ فِيهِ الۡإِتۡبَاعُ؛ فَتَقُولُ: (إِلَّا زَيۡدٌ) بَالرَّفۡعِ؛ لِأَنَّ الۡمُسۡتَثۡنَى مِنۡهُ مَرۡفُوعٌ، وَبَدَلُ الۡمَرۡفُوعِ مَرۡفُوعٌ، وَيَجُوزُ فِيهِ عَلَى قِلَّةٍ النَّصۡبُ عَلَى الۡاسۡتِثۡنَاءِ؛ فَتَقُولُ: (إِلَّا زَيۡدًا) وَهَٰذِهِ هِيَ الۡحَالَةُ الثَّانِيَةُ.
Apabila kalimat sebelumnya sempurna dan negatif, maka boleh mengikuti sebagai badal atau nashab karena istitsna`. Contohnya ucapanmu: مَا قَامَ الۡقَوۡمُ إِلَّا زَيۡدٌ. Di sini زَيۡدٌ adalah mustatsna dari kalimat yang sempurna karena mustatsna minhu-nya sudah disebutkan, yaitu الۡقَوۡمُ. Dan kalimat ini juga negatif karena didahului oleh ma nafiyah. Maka, boleh mengikuti, jadi engkau katakan: إِلَّا زَيۡدٌ dengan rafa’, karena mustatsna minhu-nya dirafa’. Dan badal isim yang dirafa’ adalah dirafa’ juga. Dan boleh pula –tapi jarang- nashab karena istitsna`, sehingga engkau katakan: إِلَّا زَيۡدًا. Ini adalah keadaan kedua.
وَإِنۡ كَانَ الۡكَلَامُ السَّابِقُ نَاقِصًا، وَلَا يَكُونُ إِلَّا مَنۡفِيًّا، كَانَ الۡمُسۡتَثۡنَى عَلَى حَسَبِ مَا قَبۡلَ (إِلَّا) مِنَ الۡعَوَامِلِ؛ فَإِنۡ كَانَ الۡعَامِلُ يَقۡتَضِي الرَّفۡعَ عَلَى الۡفَاعِلِيَّةِ رَفَعۡتَهُ عَلَيۡهَا، نَحۡوُ (مَا حَضَرَ إِلَّا عَلِيٌّ)، وَإِنۡ كَانَ الۡعَامِلُ يَقۡتَضِي النَّصۡبَ عَلَى الۡمَفۡعُولِيَّةِ نَصَبۡتَهُ عَلَيۡهَا، نَحۡوُ: (مَا رَأَيۡتُ إِلَّا عَلِيًّا) وَإِنۡ كَانَ الۡعَامِلُ يَقۡتَضِي الۡجَرَّ بِحَرۡفٍ مِنۡ حُرُوفِ الۡجَرِّ جَرَرۡتَهُ بِهِ، نَحۡوُ: (مَا مَرَرۡتُ إِلَّا بِزَيۡدٍ) وَهَٰذِهِ هِيَ الۡحَالَةُ الثَّالِثَةُ.
Apabila kalimat sebelumnya tidak sempurna dan hal ini tidak bisa terjadi kecuali kalimat tersebut negatif, maka mustatsna-nya sesuai ‘amil sebelum illa. Jika ‘amilnya menuntut rafa’ sebagai fa’il, maka engkau rafa’kan mustatsna tersebut atas dasar itu. Contoh: مَا حَضَرَ إِلَّا عَلِيٌّ. Dan apabila ‘amil itu menuntut nashab sebagai maf’ul, maka engkau nashabkan mustatsna-nya atas dasar itu. Contoh: مَا رَأَيۡتُ إِلَّا عَلِيًّا. Dan apabila ‘amilnya menuntut jar menggunakan salah satu huruf jar, maka engkau jar-kan dengannya, contoh: مَا مَرَرۡتُ إِلَّا بِزَيۡدٍ. Dan ini adalah keadaan yang ketiga.


Lihat pula: