At-Tuhfatul Wushabiyyah - Tempat Sukun

مَوۡضِعُ السُّكُونِ

قَالَ: فَأَمَّا السُّكُونُ فَيَكُونُ عَلَامَةً لِلۡجَزۡمِ فِي الۡفِعۡلِ الۡمُضَارِعِ الصَّحِيحِ الۡآخِرِ.
Adapun sukun merupakan tanda jazm pada fi'il mudhari' shahih akhir.
أَقُولُ: السُّكُونُ هُوَ الۡعَلَامَةُ الۡأَصۡلِيَّةُ لِلۡجَزۡمِ كَمَا تَقَدَّمَ؛ وَلِهَٰذَا بَدَأَ بِهِ الۡمُصَنِّفُ، وَهُوَ يَكُونُ عَلَامَةً عَلَى جَزۡمِ الۡكَلِمَةِ فِي مَوۡضِعٍ وَاحِدٍ، وَهُوَ: الۡفِعۡلُ الۡمُضَارِعُ الصَّحِيحُ الۡآخِرُ.
وَمَعۡنَى كَوۡنِهِ صَحِيحَ الۡآخِرِ: أَنَّ آخِرَهُ لَيۡسَ مُنۡتَهِيًا بِحَرۡفٍ مِنۡ حُرُوفِ الۡعِلَّةِ الثَّلَاثَةِ، وَهِيَ: الۡأَلِفُ، وَالۡوَاوُ، وَالۡيَاءُ.
Sukun adalah tanda asli untuk jazm sebagaimana telah berlalu. Oleh karena itulah, penyusun memulai dengannya. Sukun adalah tanda jazm suatu kata di satu tempat, yaitu: fi'il mudhari' shahih akhir.
Makna shahih akhir adalah bahwa akhir fi'il mudhari' tersebut tidak diakhiri dengan salah satu huruf dari huruf 'illah yang tiga, yaitu: alif, wawu, dan ya`.
فَمِثَالُ الۡفِعۡلِ الۡمُضَارِعِ الصَّحِيحِ الۡآخِرِ الۡمَجۡزُومِ قَوۡلُكَ: (لَمۡ يُهۡمِلۡ زَيۡدٌ أَوۡلَادَهُ) وَقَوۡلُهُ تَعَالَى: ﴿لَمۡ يَلِدۡ وَلَمۡ يُولَدۡ﴾ [الإخلاص: ٣] فَكُلٌّ مِنۡ (يُهۡمِلۡ وَيَلِدۡ وَيُولَدۡ) فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَجۡزُومٌ بِـ(لَمۡ) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ الظَّاهِرُ عَلَى آخِرِهِ؛ لِأَنَّهُ صَحِيحُ الۡآخِرُ.
Contoh fi'il mudhari' shahih akhir yang dijazm adalah ucapanmu: لَمۡ يُهۡمِلۡ زَيۡدٌ أَوۡلَادَهُ dan firman Allah ta'ala: لَمۡ يَلِدۡ وَلَمۡ يُولَدۡ (QS. Al-Ikhlash: 3). Jadi setiap dari يُهۡمِلۡ, يَلِدۡ, dan يُولَدۡ adalah fi'il mudhari' yang dijazm dengan لَمۡ. Tanda jazmnya adalah sukun yang tampak di akhir kata, karena kata tersebut shahih akhir.