١١١ – أَسۡعَدُ بۡنُ زُرَارَةَ بۡنِ عُدَسِ بۡنِ عُبَيۡدِ بۡنِ ثَعۡلَبَةَ بۡنِ غَنۡمِ بۡنِ مَالِكِ بۡنِ النَّجَّارِ أَبُو أُمَامَةَ الۡأَنۡصَارِيُّ الۡخَزۡرَجِيُّ النَّجَّارِيُّ
111. As’ad bin Zurarah bin ‘Udas bin ‘Ubaid bin Tsa’labah bin Ghanm bin Malik bin An-Najjar Abu Umamah Al-Anshari Al-Khazraji An-Najjari
قَدِيمُ الۡإِسۡلَامِ، شَهِدَ الۡعَقَبَتَيۡنِ وَكَانَ نَقِيبًا عَلَى قَبِيلَتِهِ وَلَمۡ يَكُنۡ فِي النُّقَبَاءِ أَصۡغَرُ سِنًّا مِنۡهُ، وَيُقَالُ أَنَّهُ أَوَّلُ مَنۡ بَايَعَ لَيۡلَةَ الۡعَقَبَةِ[1]. وَقَالَ الۡوَاقِدِيُّ عَنۡ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ بۡنِ عَبۡدِ الۡعَزِيزِ عَنۡ خُبَيۡبِ بۡنِ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ قَالَ: خَرَجَ أَسۡعَدُ بۡنُ زُرَارَةَ وَذَكۡوَانُ بۡنُ عَبۡدِ الۡقَيۡسِ إِلَى مَكَّةَ يَتَنَافَرَانِ إِلَى عُتۡبَةَ بۡنِ رَبِيعَةَ فَسَمِعَا بِرَسُولِ اللهِ ﷺ فَأَتَيَاهُ فَعَرَضَ عَلَيۡهِمَا الۡإِسۡلَامَ وَتَلَا عَلَيۡهِمَا الۡقُرۡآنَ فَأَسۡلَمَا وَلَمۡ يَقۡرَبَا عُتۡبَةَ وَرَجَعَا إِلَى الۡمَدِينَةِ فَكَانَا أَوَّلَ مَنۡ قَدِمَ بِالۡإِسۡلَامِ الۡمَدِينَةَ.
Beliau adalah orang yang awal-awal masuk Islam, mengikuti dua bai’at ‘Aqabah. Beliau adalah pemimpin kabilahnya dan tidak ada pemimpin kabilah yang ikut bai’at ‘Aqabah lebih muda umurnya daripada dia. Ada yang mengatakan bahwa beliau lah yang paling pertama berbai’at pada malam ‘Aqabah. Al-Waqidi berkata dari ‘Abdurrahman bin ‘Abdul ‘Aziz dari Khubaib bin ‘Abdurrahman, beliau berkata: As’ad bin Zurarah dan Dzakwan bin ‘Abdul Qais keluar menuju Makkah karena keduanya berselisih dengan ‘Utbah bin Rabi’ah. Setiba di Makkah, keduanya mendengar tentang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu mendatangi beliau. Maka, Rasulullah memaparkan Islam dan membacakan Al-Qur`an kepada keduanya. Keduanya lalu masuk Islam dan tidak mendekati ‘Utbah. Keduanya pulang ke Madinah dan menjadi orang pertama yang datang ke Madinah dengan membawa keislaman.
وَأَمَّا ابۡنُ إِسۡحَاقَ فَقَالَ: إِنَّ أَسۡعَدَ إِنَّمَا أَسۡلَمَ فِي الۡعَقَبَةِ الۡأُولَى مَعَ النَّفَرِ السِّتَّةِ فَاللهُ أَعۡلَمُ.
Adapun Ibnu Ishaq mengatakan bahwa As’ad masuk Islam pada ‘Aqabah pertama bersama rombongan enam orang. Allahu a’lam.
وَوَهَمَ ابۡنُ مَنۡدَةَ فَقَالَ: كَانَ نَقِيبًا عَلَى بَنِي سَاعِدَةَ.
Dan Ibnu Mandah telah keliru mengatakan: As’ad adalah pemimpin Bani Sa’idah.
وَقِيلَ: إِنَّهُ أَوَّلُ مَنۡ بَايَعَ لَيۡلَةَ الۡعَقَبَةِ. وَقَالَ ابۡنُ إِسۡحَاقَ: شَهِدَ الۡعَقَبَةَ الۡأُولَى وَالثَّانِيَةَ وَالثَّالِثَةَ.
Ada yang mengatakan bahwa beliau adalah orang pertama yang berbai’at pada malam ‘Aqabah. Ibnu Ishaq berkata: Beliau mengikuti bai’at ‘Aqabah pertama, kedua, dan ketiga.
وَرَوَى أَبُو دَاوُدَ وَالۡحَاكِمُ مِنۡ طَرِيقِ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ بۡنِ كَعۡبِ بۡنِ مَالِكٍ قَالَ: كُنۡتُ قَائِدَ أَبِي حِينَ كُفَّ بَصَرُهُ فَإِذَا خَرَجۡتُ بِهِ إِلَى الۡجُمۡعَةِ فَسَمِعَ الۡآذَانَ اسۡتَغۡفَرَ لِأَسۡعَدِ بۡنِ زُرَارَةَ الۡحَدِيث[2]. وَفِيهِ: كَانَ أَسۡعَدُ أَوَّلَ مَنۡ جَمَّعَ بِنَا بِالۡمَدِينَةِ قَبۡلَ مَقۡدَمِ النَّبِيِّ ﷺ فِي حَرَّةِ بَنِي بَيَاضَةَ فِي نَقِيعِ الۡخَضَمَاتِ.
Abu Dawud dan Al-Hakim meriwayatkan dari jalan ‘Abdurrahman bin Ka’b bin Malik, beliau berkata: Aku dulu adalah penuntun ayahku ketika beliau telah buta. Ketika aku keluar bersama ayahku untuk menghadiri shalat Jum’at dan ayahku telah mendengar azan, ayahku memintakan ampun untuk As’ad bin Zurarah (Al-Hadits). Dalam riwayat itu: As’ad adalah orang yang pertama kali mengadakan shalat Jum’at untuk kami di Madinah sebelum kedatangan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di tanah berbatu Bani Bayadhah di Naqi’ Al-Khadhamat.
وَذَكَرَ الۡوَاقِدِيُّ أَنَّهُ مَاتَ عَلَى رَأۡسِ تِسۡعَةِ أَشۡهُرٍ مِنَ الۡهِجۡرَةِ رَوَاهُ الۡحَاكِمُ فِي الۡمُسۡتَدۡرَكِ مِنۡ طَرِيقِ الۡوَاقِدِيِّ عَنِ ابۡنِ أَبِي الرِّجَالِ، وَفِيهِ: فَجَاءَ بَنُو النَّجَّارِ فَقَالُوا: يَا رَسُولَ اللهِ، مَاتَ نَقِيبُنَا فَنَقِّبۡ عَلَيۡنَا، فَقَالَ: (أَنَا نَقِيبُكُمۡ)[3].
Al-Waqidi menyebutkan bahwa As’ad meninggal pada permulaan sembilan bulan semenjak hijrah. Al-Hakim meriwayatkannya di dalam Al-Mustadrak dari jalan Al-Waqidi dari Ibnu Abur Rijal. Dan dalam riwayat tersebut: Bani An-Najjar datang kepada Rasulullah dan berkata: Wahai Rasulullah, pemimpin kami telah meninggal. Angkatlah untuk kami pemimpin baru. Beliau bersabda, “Akulah pemimpin kalian.”
وَذَكَرَ ابۡنُ إِسۡحَاقَ أَنَّهُ مَاتَ وَالنَّبِيُّ ﷺ يَبۡنِي الۡمَسۡجِدَ. وَقَالَ الۡوَاقِدِيُّ: كَانَ ذٰلِكَ فِي شَوَّالٍ. قَالَ الۡبَغَوِيُّ: بَلَغَنِي أَنَّهُ أَوَّلُ مَنۡ مَاتَ مِنَ الصَّحَابَةِ بَعۡدَ الۡهِجۡرَةِ، وَأَنَّهُ أَوَّلُ مَيِّتٍ صَلَّى عَلَيۡهِ النَّبِيُّ ﷺ.
Ibnu Ishaq menyebutkan bahwa As’ad meninggal ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang membangun masjid. Al-Waqidi berkata: Hal itu terjadi di bulan Syawwal. Al-Baghawi berkata: Telah sampai kepadaku kabar bahwa As’ad adalah sahabat pertama yang meninggal setelah hijrah dan bahwa beliau mayit pertama yang dishalati oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
وَرَوَى الۡوَاقِدِيُّ، مِنۡ طَرِيقِ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ أَبِي بَكۡرِ بۡنِ حَزۡمٍ قَالَ: أَوَّلُ مَنۡ دُفِنَ بِالۡبَقِيعِ أَسۡعَدُ بۡنُ زُرَارَةَ، وَهَٰذَا قَوۡلُ الۡأَنۡصَارِ. وَأَمَّا الۡمُهَاجِرُونَ فَقَالُوا: أَوَّلُ مَنۡ دُفِنَ بِهِ عُثۡمَانُ بۡنُ مَظۡعُونٍ.
Al-Waqidi meriwayatkan dari jalan ‘Abdullah bin Abu Bakr bin Hazm, beliau berkata: Orang pertama yang dikubur di Baqi’ adalah As’ad bin Zurarah. Dan ini adalah ucapan kaum Anshar. Adapun kaum Muhajirin mengatakan: Orang pertama yang dikubur di Baqi’ adalah ‘Utsman bin Mazh’un.
وَرَوَى الۡحَاكِمُ مِنۡ طَرِيقِ السَّرَّاجِ فِي تَارِيخِهِ ثُمَّ مِنۡ طَرِيقِ مُحَمَّدِ بۡنِ عَمَّارَةَ عَنۡ زَيۡنَبَ بِنۡتِ نُبَيطٍ: أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ حَلَّى أُمَّهَا وَخَالَتهَا رِعَاثًا مِنۡ تِبۡرٍ وَذَهَبٍ فِيهِ لُؤۡلُؤٌ، وَكَانَ أَبُوهُمَا أَسۡعَدَ بۡنَ زُرَارَةَ أَوۡصَى بِهِمَا إِلَى رَسُولِ اللهِ ﷺ[4].
Al-Hakim meriwayatkan dari jalan As-Sarraj di dalam tarikh beliau, kemudian dari jalan Muhammad bin ‘Ammarah dari Zainab bintu Nubaith: Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi perhiasan kepada ibu dan bibi Zainab anting-anting dari emas yang ada mutiaranya. Dan bapak dari keduanya adalah As’ad bin Zurarah yang mewasiatkan keduanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
وَقَالَ عَبۡدُ الرَّزَّاقِ عَنۡ مَعۡمَرٍ عَنِ الزُّهۡرِيِّ عَنۡ أَبِي أُمَامَةَ بۡنِ سَهۡلٍ قَالَ: دَخَلَ النَّبِيُّ ﷺ عَلَى أَسۡعَدَ بۡنِ زُرَارَةَ، وَكَانَ أَحَدَ النُّقَبَاءِ لَيۡلَةَ الۡعَقَبَةِ، وَقَدۡ أَخَذَتۡهُ الشَّوۡكَةُ فَكَوَاهُ[5]، الۡحَدِيث.
‘Abdurrazzaq berkata dari Ma’mar dari Az-Zuhri dari Abu Umamah bin Sahl, beliau berkata: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam masuk menemui As’ad bin Zurarah –beliau adalah salah satu pemimpin kaum yang mengikuti bai’at pada malam ‘Aqabah-, dan beliau waktu itu tertimpa penyakit syaukah (memerahnya kulit pada sebagian besar wajah dan tubuh), lalu Nabi pun meng-kay As’ad (Al-Hadits).
وَكَذٰلِكَ رَوَاهُ الۡحَاكِمُ مِنۡ طَرِيقِ يُونُسَ عَنِ الزُّهۡرِيِّ. قُلۡتُ: هَٰذَا هُوَ الۡمَحۡفُوظُ.
Demikian pula yang diriwayatkan oleh Al-Hakim dari jalan Yunus dari Az-Zuhri. Aku katakan: Riwayat inilah yang terjaga.
وَرَوَاهُ عَبۡدُ الۡأَعۡلَى، عَنۡ مَعۡمَرٍ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ، عَنۡ أَنَسٍ أَخۡرَجَهُ الۡحَاكِمُ أَيۡضًا، وَهِيَ شَاذَّةٌ.
Diriwayatkan pula oleh ‘Abdul A’la, dari Ma’mar, dari Az-Zuhri, dari Anas yang dikeluarkan pula oleh Al-Hakim. Namun riwayat ini ganjil.
وَرَوَاهُ ابۡنُ أَبِي ذِئۡبٍ عَنِ الزُّهۡرِيِّ عَنۡ عُرۡوَةَ عَنۡ عَائِشَةَ، وَهِيَ شَاذَّةٌ أَيۡضًا.
Ibnu Abu Dzi`b meriwayatkannya dari Az-Zuhri dari ‘Urwah dari ‘Aisyah, namun riwayat ini juga ganjil.
وَرَوَاهُ زَمۡعَةُ بۡنُ صَالِحٍ عَنِ الزُّهۡرِيِّ عَنۡ أَبِي أُمَامَةَ بۡنِ سَهۡلٍ، عَنۡ أَبِي أُمَامَةَ أَسۡعَدَ بۡنِ زُرَارَةَ، وَهَٰذَا مُوَافِقٌ لِرِوَايَةِ عَبۡدِ الرَّزَّاقِ، لِأَنَّهُ لَمۡ يُرِدۡ بِقَوۡلِهِ عَنۡ أَبِي أُمَامَةَ أَسۡعَدَ بۡنَ زُرَارَةَ، الرِّوَايَةَ. وَإِنَّمَا أَرَادَ أَنۡ يَقُولَ: عَنۡ قِصَّةِ أَسۡعَدَ بۡنِ زُرَارَةَ، وَاللهُ أَعۡلَمُ.
Zam’ah bin Shalih meriwayatkannya dari Az-Zuhri dari Abu Umamah bin Sahl, dari Abu Umamah As’ad bin Zurarah. Dan ini cocok dengan riwayat ‘Abdurrazzaq karena ia tidak memaksudkan riwayat ini dengan ucapannya dari Abu Umamah As’ad bin Zurarah. Namun yang ia maksud adalah dari kisah As’ad bin Zurarah. Allahu a’lam.
وَقَدِ اتَّفَقَ أَهۡلُ الۡمَغَازِي وَالتَّوَارِيخِ عَلَى أَنَّهُ مَاتَ فِي حَيَاةِ النَّبِيِّ ﷺ قَبۡلَ بَدۡرٍ. وَوَقَعَ فِي الطَّبۡرَانِيِّ مِنۡ طَرِيقِ الشُّعَيۡثِيِّ عَنۡ زُفَرَ بۡنِ وَثِيمَةَ عَنِ الۡمُغِيرَةِ بۡنِ شُعۡبَةَ أَنَّ أَسۡعَدَ بۡنَ زُرَارَةَ، قَالَ لِعُمَرَ: إِنَّ النَّبِيَّ ﷺ كَتَبَ إِلَى الضَّحَّاكِ بۡنِ سُفۡيَانَ أَنۡ يُوَرِّثَ امۡرَأَةَ أَشۡيَمَ الضِّبَابِيِّ مِنۡ دِيَةِ زَوۡجِهَا[6]، وَهَٰذَا فِيهِ نَظَرٌ. وَلَعَلَّهُ كَانَ فِيهِ أَنَّ سَعۡدَ بۡنَ زُرَارَةَ، فَصُحِّفَ، وَاللهُ أَعۡلَمُ. وَإِلَّا فَيُحۡمَلُ عَلَى أَنَّهُ أَسۡعَدُ بۡنُ زُرَارَةَ آخَرُ اهـ.
Penulis kitab-kitab Al-Maghazi dan tarikh bersepakat bahwa As’ad meninggal ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam masih hidup yaitu sebelum perang Badr. Namun terdapat riwayat dari Ath-Thabrani dari jalan Asy-Syu’aitsi dari Zufar bin Watsimah dari Al-Mughirah bin Syu’bah bahwa As’ad bin Zurarah berkata kepada ‘Umar: Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menulis surat kepada Adh-Dhahhak bin Sufyan untuk memberikan warisan kepada istri Asyyam Adh-Dhibabi dari diat suaminya, namun riwayat ini perlu dilihat lebih lanjut. Barangkali seharusnya Sa’d bin Zurarah namun salah eja, Allahu a’lam. Atau, kalau tidak, ada kemungkinan dia adalah As’ad bin Zurarah yang lain.
[1] انۡظُرۡ: (التَّارِيخَ الۡكَبِيرَ) (١/٢/٦٢) وَ(الۡمُعۡجَمَ الۡكَبِيرَ)(١/٨٩٠).
[2] أَخۡرَجَهُ أَبُو دَاوُدَ فِي (٢) كِتَابِ: الصَّلَاةِ، بَابِ: الۡجُمۡعَةِ فِي الۡقُرَى (الۡحَدِيث: ١٠٦٩). وَأَخۡرَجَهُ ابۡنُ مَاجَهۡ فِي (٢) كِتَابِ: إِقَامَةِ الصَّلَاةِ وَالسُّنَّةِ فِيهَا (٦٩) بَابِ: فِي فَرۡضِ الۡجُمۡعَةِ (الۡحَدِيث: ١٠٨٢). وَأَخۡرَجَهُ الۡحَاكِمُ فِي (الۡمُسۡتَدۡرَكِ) (الۡحَدِيث: ٣/٤٨٥٨).
[3] أَخۡرَجَهُ الۡحَاكِمُ فِي (الۡمُسۡتَدۡرَكِ) (الۡحَدِيث ٣/٤٨٥٧)، وَذَكَرَهُ الۡهِنۡدِيُّ فِي (كَنۡزِ الۡعُمَّالِ)(الۡحَدِيث: ٣٣٧٧٨)، وَذَكَرَهُ ابۡنُ سَعۡدٍ فِي (الطَّبَقَاتِ الۡكُبۡرَى) (الۡحَدِيث: ٣/٢/١٤١).
[4] أَخۡرَجَهُ الۡحَاكِمُ فِي (الۡمُسۡتَدۡرَكِ) (الۡحَدِيث: ٣/٤٨٦٠).
[5] أَخۡرَجَهُ الۡإِمَامُ أَحۡمَدُ فِي مُسۡنَدِهِ (الۡحَدِيث: ١٧٢٣٨) ج٢. وَأَخۡرَجَهُ الۡحَاكِمُ فِي (الۡمُسۡتَدۡرَكِ) (الۡحَدِيث: ٣/٤٨٥٩).
[6] أَخۡرَجَهُ أَبُو دَاوُدَ فِي (١٣) كِتَابِ: الۡفَرَائِضِ (١٨) بَابِ: فِي الۡمَرۡآةِ تَرِثُ مِنۡ دِيَةِ زَوۡجِهَا (٢٩٢٧).
وَأَخۡرَجَهُ التِّرۡمِذِيُّ فِي (٣٠) كِتَابِ: الۡفَرَائِضِ (١٨) بَابِ: مَا جَاءَ فِي مِيرَاثِ الۡمَرۡأَةِ فِي دِيَةِ زَوۡجِهَا (الۡحَدِيث: ٢١٠). وَأَخۡرَجَهُ ابۡنُ مَاجَهۡ فِي (٢١) كِتَابِ: الدِّيَاتِ (١٢) بَابِ: الۡمِيرَاثِ مِنَ الدِّيَةِ (الۡحَدِيث: ٢٦٤٢). وَأَخۡرَجَهُ الطَّبۡرَانِيُّ فِي (الۡمُعۡجَمِ الۡكَبِيرِ) (الۡحَدِيث: ١/٨٩٨).