١٨٣ – أُسَيۡدُ بۡنُ الۡحُضَيۡرِ بۡنِ سِمَاكِ بۡنِ عَتِيكِ بۡنِ امۡرِىءِ الۡقَيۡسِ بۡنِ زَيۡدِ بۡنِ عَبۡدِ الۡأَشۡهَلِ الۡأَنۡصَارِيُّ الۡأَشۡهَلِيُّ
183. Usaid bin Al-Hudhair bin Simak bin ‘Atik bin Umru`ul Qais bin Zaid bin ‘Abdul Asyhal Al-Anshari Al-Asyhali
يُكۡنَى أَبَا يَحۡيَى وَأَبَا عَتِيكٍ، وَكَانَ أَبُوهُ حُضَيۡرٌ فَارِسَ الۡأَوۡسِ، وَرَئِيسَهُمۡ يَوۡمَ بُعَاثٍ، وَكَانَ أُسَيۡدٌ مِنَ السَّابِقِينَ إِلَى الۡإِسۡلَامِ، وَهُوَ أَحَدُ النُّقَبَاءِ لَيۡلَةَ الۡعَقَبَةِ، وَكَانَ إِسۡلَامُهُ عَلَى يَدِ مُصۡعَبِ بۡنِ عُمَيۡرٍ، وَقِيلَ سَعۡدِ بۡنِ مُعَاذٍ. وَاخۡتُلِفَ فِي شُهُودِهِ بَدۡرًا.
Berkunyah Abu Yahya dan Abu ‘Atik. Ayahnya, yaitu Hudhair, adalah ahli penunggang kuda kabilah Aus dan pemimpin mereka pada hari Bu’ats. Usaid termasuk orang yang awal-awal masuk Islam dan beliau adalah salah satu dari para pemuka kaum pada malam ‘Aqabah. Keislaman beliau melalui perantaraan Mush’ab bin ‘Umair, ada pula yang mengatakan melalui Sa’d bin Mu’adz. Diperselisihkan ikutnya beliau dalam perang Badr.
قَالَ ابۡنُ سَعۡدٍ: كَانَ شَرِيفًا كَامِلًا، وَآخَى رَسُولُ اللهِ ﷺ بَيۡنَهُ وَبَيۡنَ زَيۡدِ بۡنِ حَارِثَةَ، وَكَانَ مِمَّنۡ ثَبَتَ يَوۡمَ أُحُدٍ وَجُرِحَ حِينَئِذٍ سَبۡعَ جِرَاحَاتٍ. وَقَالَ ابۡنُ الۡكَلۡبِيِّ: شَهِدَ بَدۡرًا وَالۡعَقَبَةَ، وَكَانَ مِنَ النُّقَبَاءِ، وَأَنۡكَرَ غَيۡرُهُ عَدَّهُ فِي أَهۡلِ بَدۡرٍ، وَلَهُ أَحَادِيثُ فِي الصَّحِيحَيۡنِ وَغَيۡرِهِمَا.
Ibnu Sa’d berkata: Beliau adalah seorang tokoh yang memiliki kemuliaan lengkap. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu mempersaudarakan antara beliau dengan Zaid bin Haritsah. Beliau termasuk orang-orang yang tegar tidak mundur dalam peristiwa Uhud. Ketika itu beliau mendapatkan tujuh luka. Ibnul Kalbi berkata: Beliau mengikuti Badr dan ‘Aqabah dan beliau termasuk salah satu pemuka kaum yang mengikuti Bai’at ‘Aqabah. Namun, selain beliau mengingkari dimasukkannya beliau ke dalam pasukan Badr. Beliau memiliki hadits-hadits di dalam dua kitab Shahih dan selainnya.
قَالَ الۡبَغَوِيُّ: حَدَّثَنَا ابۡنُ زَنۡبُورٍ، حَدَّثَنَا ابۡنُ أَبِي حَازِمٍ عَنۡ سُهَيۡلٍ عَنۡ أَبِيهِ عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ: أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ قَالَ: (نِعۡمَ الرَّجُلُ أُسَيۡدُ بۡنُ حُضَيۡرٍ)[1].
Al-Baghawi berkata: Ibnu Zanbur telah menceritakan kepada kami, Ibnu Abu Hazim menceritakan kepada kami dari Suhail dari ayahnya dari Abu Hurairah: Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sebaik-baik lelaki adalah Usaid bin Hudhair.”
وَقَالَ ابۡنُ إِسۡحَاقَ: حَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ عَبَّادِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ الزُّبَيۡرِ عَنۡ أَبِيهِ عَنۡ عَائِشَةَ قَالَتۡ: ثَلَاثَةٌ مِنَ الۡأَنۡصَارِ لَمۡ يَكُنۡ أَحَدٌ مِنۡهُمۡ يُلۡحَقُ فِي الۡفَضۡلِ، كُلُّهُمۡ مِنۡ بَنِي عَبۡدِ الۡأَشۡهَلِ: سَعۡدُ بۡنُ مُعَاذٍ، وَأُسَيۡدُ بۡنُ حُضَيۡرٍ، وَعَبَّادُ بۡنُ بِشۡرٍ.
Ibnu Ishaq berkata: Yahya bin ‘Abbad bin ‘Abdullah bin Az-Zubair telah menceritakan kepada kami dari ayahnya dari ‘Aisyah, beliau berkata: Ada tiga orang dari kalangan Anshar yang tidaklah seorang pun dari mereka bisa disusul keutamaannya. Kesemuanya dari bani ‘Abdul Asyhal, yaitu: Sa’d bin Mu’adz, Usaid bin Hudhair, dan ‘Abbad bin Bisyr.
وَأَخۡرَجَ أَحۡمَدُ فِي مُسۡنَدِهِ مِنۡ طَرِيقِ فَاطِمَةَ بِنۡتِ الۡحُسَيۡنِ بۡنِ عَلِيٍّ عَنۡ عَائِشَةَ قَالَتۡ: كَانَ أُسَيۡدُ بۡنُ حُضَيۡرٍ مِنۡ أَفَاضِلِ النَّاسِ، وَكَانَ يَقُولُ: لَوۡ أَنِّي أَكُونُ كَمَا أَكُونُ عَلَى أَحۡوَالٍ ثَلَاثٍ، لَكُنۡتُ حِيۡنَ أَسۡمَعُ الۡقُرۡآنَ أَوۡ أَقۡرَأُهُ، أَوۡ حِينَ أَسۡمَعُ خُطۡبَةَ رَسُولِ اللهِ ﷺ، وَإِذَا شَهِدۡتُ جِنَازَةً.
Ahmad meriwayatkan dalam Musnad beliau dari jalan Fathimah bintu Al-Husain bin ‘Ali dari ‘Aisyah, beliau berkata: Usaid bin Hudhair termasuk orang-orang termulia. Dulu beliau pernah berkata: Sekiranya keadaanku bisa untuk selalu seperti keadaanku di atas tiga keadaan, tentu aku lakukan: yaitu keadaan ketika aku mendengar Al-Qur`an atau membacanya, atau ketika aku mendengar khotbah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan ketika aku mengikuti penyelenggaraan jenazah.
وَرَوَى الۡوَاقِدِيُّ مِنۡ طَرِيقِ طَلۡحَةَ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ التَّيۡمِيِّ قَالَ: كَانَ أَبُو بَكۡرٍ لَا يُقَدِّمُ أَحَدًا مِنَ الۡأَنۡصَارِ عَلَى أُسَيۡدِ بۡنِ حُضَيۡرٍ.
Al-Waqidi meriwayatkan dari jalan Thalhah bin ‘Abdullah At-Taimi, beliau berkata: Dahulu Abu Bakr tidak mendahulukan seorang pun dari kalangan Anshar terhadap Usaid bin Hudhair.
وَرَوَى الۡبُخَارِيُّ فِي تَارِيخِهِ عَنِ ابۡنِ عُمَرَ قَالَ[2]: لَمَّا مَاتَ أُسَيۡدُ بۡنُ حُضَيۡرٍ قَالَ عُمَرُ لِغُرَمَائِهِ فَذَكَرَ قِصَّةً تَدُلُّ عَلَى أَنَّهُ مَاتَ فِي أَيَّامِهِ.
Al-Bukhari meriwayatkan di dalam kitab tarikh beliau dari Ibnu ‘Umar, beliau berkata: Tatkala Usaid bin Hudhair meninggal, ‘Umar berkata kepada orang-orang yang memberi utang kepada Usaid, lalu beliau menyebutkan suatu kisah yang menunjukkan bahwa beliau meninggal pada masa pemerintahannya.
وَرَوَى ابۡنُ السَّكَنِ مِنۡ طَرِيقِ ابۡنِ عُيَيۡنَةَ عَنۡ هِشَامِ بۡنِ عُرۡوَةَ عَنۡ أَبِيهِ قَالَ: لَمَّا مَاتَ أُسَيۡدُ بۡنُ حُضَيۡرٍ بَاعَ عُمَرُ مَالَهُ ثَلَاثَ سِنِينَ فَوَفَّى بِهَا دِينَهُ، وَقَالَ: لَا أَتۡرُكُ بَنِي أَخِي عَالَةً فَرَدَّ الۡأَرۡضَ وَبَاعَ ثَمَرَهَا.
Ibnus Sakan meriwayatkan dari jalan Ibnu ‘Uyainah dari Hisyam bin ‘Urwah dari ayahnya, beliau berkata: Tatkala Usaid bin Hudhair meninggal, ‘Umar menjual hartanya selama tiga tahun dan melunasi utangnya dari hasil itu. Beliau juga berkata: Aku tidak akan meninggalkan anak-anak saudaraku dalam keadaan miskin. Maka beliau pun mengembalikan (tidak menjual) tanah Usaid dan menjual hasil panennya.
وَأَرَّخَ الۡبَغَوِيُّ وَغَيۡرُهُ وَفَاتَهُ سَنَةَ عِشۡرِينَ. وَقَالَ الۡمَدَائِنِيُّ: سَنَةَ إِحۡدَى وَعِشۡرِينَ.
Al-Baghawi dan selain beliau memperkirakan wafat beliau pada tahun 20 H. Al-Madaini berkata: Wafat beliau pada tahun 21 H.
[1] أَخۡرَجَهُ التِّرۡمِذِيُّ (٥٠) كِتَاب: الۡمَنَاقِبِ، (٣٣) بَاب: مَنَاقِبِ مُعَاذِ بۡنِ جَبَلٍ... (الۡحَدِيث ٣٧٩٥).
[2] أَخۡرَجَهُ الۡبُخَاريُّ فِي (التَّارِيخِ الۡكَبِيرِ) (١/٤٧).