Cari Blog Ini

At-Tuhfatul Wushabiyyah - Hukum Taukid

حُكۡمُ التَّوۡكِيدِ

حُكۡمُ التَّوۡكِيدِ أَنَّهُ يَتَّبِعُ الۡمُؤَكَّدَ –بِفَتۡحِ الۡكَافِ-:
Hukum taukid adalah mengikuti al-muakkad (yang dikuatkan):
فِي رَفۡعِهِ إِنۡ كَانَ مَرۡفُوعًا نَحۡوُ: (قَامَ زَيۡدٌ نَفۡسُهُ)، وَ(جَاءَ الۡقَوۡمُ كُلُّهُمۡ) فَـ(نَفۡسُهُ) تَوۡكِيدٌ لِـ(زَيۡدٌ)، وَ(كُلُّ) تَوۡكِيدٌ لِـ(الۡقَوۡمُ) وَتَوۡكِيدُ الۡمَرۡفُوعِ مَرۡفُوعٌ مِثۡلُهُ. وَكُلٌّ مِنۡ (نَفۡسُ وَكُلُّ) مُضَافٌ وَ(الۡهَاءُ) مُضَافٌ إِلَيۡهِ.

  • Dalam hal rafa’nya apabila muakkadnya dirafa’, contoh: قَامَ زَيۡدٌ نَفۡسُهُ (Zaid itu sendiri yang telah berdiri) dan جَاءَ الۡقَوۡمُ كُلُّهُمۡ (Kaum itu seluruhnya telah datang). Jadi نَفۡسُهُ adalah taukid untuk Zaid dan كُلُّ adalah taukid untuk kaum. Dan taukidnya isim yang dirafa’ adalah dirafa’ juga. Setiap dari نَفۡسُ dan كُلُّ adalah mudhaf dan huruf ha` adalah mudhaf ilaih.
وَفِي نَصۡبِهِ إِنۡ كَانَ مَنۡصُوبًا نَحۡوُ: (أَكۡرَمۡتُ زَيۡدًا نَفۡسَهُ)، وَ(رَأَيۡتُ الۡقَوۡمَ كُلَّهُمۡ) فَـ(نَفۡسَ) تَوۡكِيدٌ لِـ(زَيۡدًا)، وَ(كُلَّ) تَوۡكِيدٌ لِـ(الۡقَوۡمَ) وَتَوۡكِيدُ الۡمَنۡصُوبِ مَنۡصُوبٌ مِثۡلُهُ. وَكُلٌّ مِنۡهُمَا مُضَافٌ. وَ(الۡهَاءُ) مُضَافٌ إِلَيۡهِ.

  • Dalam hal nashabnya apabila muakkadnya dinashab, contoh: أَكۡرَمۡتُ زَيۡدًا نَفۡسَهُ dan رَأَيۡتُ الۡقَوۡمَ كُلَّهُمۡ (Aku telah melihat kaum itu seluruhnya). Jadi نَفۡسَ adalah taukid untuk Zaid dan كُلَّ adalah taukid untuk kaum. Dan taukidnya isim yang dinashab adalah nashab juga. Setiap dari keduanya adalah mudhaf dan huruf ha` adalah mudhaf ilaih.
وَفِي خَفۡضِهِ إِنۡ كَانَ مَخۡفُوضًا نَحۡوُ: (سَلَّمۡتُ عَلَى زَيۡدٍ نَفۡسِهِ)، وَ(مَرَرۡتُ بِالۡقَوۡمِ كُلِّهِمۡ) فَـ(نَفۡسِ) تَوۡكِيدٌ لِـ(زَيۡدٍ)، وَ(كُلِّ) تَوۡكِيدٌ لِـ(الۡقَوۡمِ) وَتَوۡكِيدُ الۡمَخۡفُوضِ مَخۡفُوضٌ مِثۡلُهُ، وَكُلٌّ مِنۡهُمَا مُضَافٌ. وَ(الۡهَاءُ) مُضَافٌ إِلَيۡهِ.

  • Dalam hal khafdhnya apabila muakkadnya dikhafdh, contoh: سَلَّمۡتُ عَلَى زَيۡدٍ نَفۡسِهِ dan مَرَرۡتُ بِالۡقَوۡمِ كُلِّهِمۡ (Aku telah melewati kaum itu seluruhnya). Jadi نَفۡسِ adalah taukid untuk Zaid dan كُلِّ adalah taukid untuk kaum. Taukidnya isim yang dikhafdh adalah dikhafdh juga. Setiap dari keduanya adalah mudhaf dan huruf ha` adalah mudhaf ilaih.
وَفِي تَعۡرِيفِهِ إِنۡ كَانَ مَعۡرِفَةً كَمَا تَقَدَّمَ فِي هَٰذِهِ الۡأَمۡثِلَةِ فَإِنَّ –زَيۡدًا وَالۡقَوۡمَ- مَعۡرِفَتَانِ، الۡأَوَّلُ بِالۡعَلَمِيَّةِ، وَالثَّانِي بِـ(أَلۡ) وَ-نَفۡسُهُ وَكُلُّهُمۡ- مَعۡرِفَتَانِ بِالۡإِضَافَةِ إِلَى الضَّمِيرِ.

  • Dalam hal ma’rifahnya apabila muakkadnya berupa ma’rifah sebagaimana pada contoh-contoh yang telah disebutkan. Karena Zaid dan الۡقَوۡمَ adalah dua isim ma’rifah. Zaid karena berupa nama dan الۡقَوۡم karena diawali alif lam. نَفۡسُهُ dan كُلُّهُمۡ keduanya adalah ma’rifah karena idhafah kepada dhamir.
وَلَمۡ يَقُلِ الۡمُصَنِّفُ: (وَتَنۡكِيرِهِ) كَمَا قَالَ فِي النَّعۡتِ؛ لِأَنَّ أَلۡفَاظَ التَّوۡكِيدِ كُلَّهَا مَعَارِفُ؛ فَلَا تَتَّبِعُ النَّكِرَاتِ كَمَا هُوَ مَذۡهَبُ الۡبَصۡرِيِّينَ. وَمَحَلُّ بَسۡطِ هَٰذِهِ الۡمَسۡأَلَةِ وَمَعۡرِفَةِ الرَّاجِحِ فِيهَا يُطۡلَبُ مِنَ الۡمُطَوَّلَاتِ، فَإِنَّ هَٰذَا الۡكِتَابَ مَوۡضُوعٌ لِلۡمُبۡتَدِئِ، وَهُوَ يَكۡفِيهِ فِي أَوَّلِ الۡأَمۡرِ أَنۡ يَعۡرِفَ الشَّيۡءَ إِجۡمَالًا، وَاللهُ الۡمُسۡتَعَانُ.
Penyusun tidak mengatakan: “Dan dalam hal nakirahnya” sebagaimana yang telah beliau katakan di bab na’at karena lafazh-lafazh taukid seluruhnya adalah ma’rifah. Sehingga tidak bisa mengiringi isim-isim nakirah sebagaimana pendapat madzhab ahli nahwu Bashrah. Dan tempat pemaparan masalah ini dan pengetahuan mana yang rajih dalam masalah ini butuh pembahasan yang panjang lebar. Karena kitab ini dibuat untuk pemula, maka cukup di permulaan urusan untuk mengetahui sesuatu secara umum. Hanya Allah-lah tempat meminta pertolongan.