١١ – بَابُ مُهَلِّ مَنۡ كَانَ دُونَ الۡمَوَاقِيتِ
11. Bab tempat mulai bertalbiah bagi yang tinggal lebih dekat daripada mikat-mikat
١٥٢٩ – حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ: حَدَّثَنَا حَمَّادٌ، عَنۡ عَمۡرٍو، عَنۡ طَاوُسٍ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا: أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ وَقَّتَ لِأَهۡلِ الۡمَدِينَةِ ذَا الۡحُلَيۡفَةِ، وَلِأَهۡلِ الشَّأۡمِ الۡجُحۡفَةَ، وَلِأَهۡلِ الۡيَمَنِ يَلَمۡلَمَ، وَلِأَهۡلِ نَجۡدٍ قَرۡنًا، فَهُنَّ لَهُنَّ، وَلِمَنۡ أَتَى عَلَيۡهِنَّ مِنۡ غَيۡرِ أَهۡلِهِنَّ، مِمَّنۡ كَانَ يُرِيدُ الۡحَجَّ وَالۡعُمۡرَةَ، فَمَنۡ كَانَ دُونَهُنَّ فَمِنۡ أَهۡلِهِ، حَتَّى إِنَّ أَهۡلَ مَكَّةَ يُهِلُّونَ مِنۡهَا. [طرفه في: ١٥٢٤].
1529. Qutaibah telah menceritakan kepada kami: Hammad menceritakan kepada kami, dari ‘Amr, dari Thawus, dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma: Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menentukan mikat untuk penduduk Madinah dari Dzul Hulaifah, untuk penduduk Syam dari Juhfah, untuk penduduk Yaman dari Yalamlam, dan untuk penduduk Najd dari Qarnul Manazil. Mikat-mikat tersebut untuk penduduk kota itu dan untuk siapa saja yang bukan penduduk kota itu namun melewatinya bagi yang bermaksud haji dan umrah. Adapun bagi siapa saja yang berada lebih dekat daripada mikat, maka dari tempat tinggalnya. Sampai penduduk Makkah mulai bertalbiah dari situ.