Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 3671

٣٦٧١ – حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ كَثِيرٍ: أَخۡبَرَنَا سُفۡيَانُ: حَدَّثَنَا جَامِعُ بۡنُ أَبِي رَاشِدٍ: حَدَّثَنَا أَبُو يَعۡلَى، عَنۡ مُحَمَّدِ ابۡنِ الۡحَنَفِيَّةِ قَالَ: قُلۡتُ لِأَبِي: أَيُّ النَّاسِ خَيۡرٌ بَعۡدَ رَسُولِ اللهِ ﷺ؟ قَالَ: أَبُو بَكۡرٍ، قُلۡتُ: ثُمَّ مَنۡ؟ قَالَ: ثُمَّ عُمَرُ، وَخَشِيتُ أَنۡ يَقُولَ عُثۡمَانُ، قُلۡتُ: ثُمَّ أَنۡتَ؟ قَالَ: مَا أَنَا إِلَّا رَجُلٌ مِنَ الۡمُسۡلِمِينَ. [طرفه في: ١٢٤٢].
3671. Muhammad bin Katsir telah menceritakan kepada kami: Sufyan mengabarkan kepada kami: Jami’ bin Abu Rasyid menceritakan kepada kami: Abu Ya’la menceritakan kepada kami, dari Muhammad ibnul Hanafiyyah, beliau mengatakan: Aku berkata kepada ayahku: Manusia mana yang paling baik setelah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam? ‘Ali menjawab: Abu Bakr. Aku bertanya lagi: Lalu siapa? Beliau mejawab: Kemudian ‘Umar. Aku khawatir beliau akan mengatakan ‘Utsman, sehingga aku pun mengatakan: Kemudian engkau? ‘Ali mengatakan: Aku hanyalah seorang manusia biasa dari kalangan muslimin.