Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 2450

٩٧ – (٢٤٥٠) – حَدَّثَنَا مَنۡصُورُ بۡنُ أَبِي مُزَاحِمٍ: حَدَّثَنَا إِبۡرَاهِيمُ، يَعۡنِي ابۡنَ سَعۡدٍ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ عُرۡوَةَ، عَنۡ عَائِشَةَ.
(ح) وَحَدَّثَنِي زُهَيۡرُ بۡنُ حَرۡبٍ – وَاللَّفۡظُ لَهُ -: حَدَّثَنَا يَعۡقُوبُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ: حَدَّثَنَا أَبِي، عَنۡ أَبِيهِ، أَنَّ عُرۡوَةَ بۡنَ الزُّبَيۡرِ حَدَّثَهُ، أَنَّ عَائِشَةَ حَدَّثَتۡهُ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ دَعَا فَاطِمَةَ ابۡنَتَهُ فَسَارَّهَا. فَبَكَتۡ. ثُمَّ سَارَّهَا فَضَحِكَتۡ. فَقَالَتۡ عَائِشَةُ: فَقُلۡتُ لِفَاطِمَةَ: مَا هَٰذَا الَّذِي سَارَّكِ بِهِ رَسُولُ اللهِ ﷺ فَبَكَيۡتِ، ثُمَّ سَارَّكِ فَضَحِكۡتِ؟ قَالَتۡ: سَارَّنِي فَأَخۡبَرَنِي بِمَوۡتِهِ، فَبَكَيۡتُ. ثُمَّ سَارَّنِي فَأَخۡبَرَنِي أَنِّي أَوَّلُ مَنۡ يَتۡبَعُهُ مِنۡ أَهۡلِهِ، فَضَحِكۡتُ.
[البخاري: كتاب فضائل الصحابة، باب مناقب قرابة رسول الله ﷺ، رقم: ٣٧١٥].
97. (2450). Manshur bin Abu Muzahim telah menceritakan kepada kami: Ibrahim bin Sa’d menceritakan kepada kami, dari ayahnya, dari ‘Urwah, dari ‘Aisyah. (Dalam riwayat lain) Zuhair bin Harb telah menceritakan kepadaku –dan lafal ini milik beliau-: Ya’qub bin Ibrahim menceritakan kepada kami: Ayahku menceritakan kepada kami, dari ayahnya, bahwa ‘Urwah bin Az-Zubair menceritakan kepadanya, bahwa ‘Aisyah menceritakan kepadanya, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memanggil Fathimah putrinya lalu membisikinya. Kemudian Fathimah menangis. Lalu Nabi membisikinya, kemudian Fathimah tertawa. ‘Aisyah mengatakan: Aku bertanya kepada Fathimah: Apakah yang Rasulullah bisikkan kepadamu sehingga engkau menangis, lalu beliau membisikkan lagi kepadamu sehingga engkau tertawa? Fathimah menjawab: Beliau membisiki aku, beliau mengabarkan kepadaku perihal kematiannya sehingga aku menangis. Kemudian beliau membisiki aku lagi, beliau mengabarkan kepadaku bahwa aku adalah orang pertama dari keluarga beliau yang akan menyusul, sehingga aku pun tertawa.
٩٨ – (...) – حَدَّثَنَا أَبُو كَامِلٍ الۡجَحۡدَرِيُّ، فُضَيۡلُ بۡنُ حُسَيۡنٍ: حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ، عَنۡ فِرَاسٍ، عَنۡ عَامِرٍ، عَنۡ مَسۡرُوقٍ، عَنۡ عَائِشَةَ قَالَتۡ: كُنَّ أَزۡوَاجُ النَّبِيِّ ﷺ عِنۡدَهُ. لَمۡ يُغَادِرۡ مِنۡهُنَّ وَاحِدَةً. فَأَقۡبَلَتۡ فَاطِمَةُ تَمۡشِي. مَا تُخۡطِىءُ مِشۡيَتُهَا مِنۡ مِشۡيَةِ رَسُولِ اللهِ ﷺ شَيۡئًا، فَلَمَّا رَآهَا رَحَّبَ بِهَا. فَقَالَ: (مَرۡحَبًا بِابۡنَتِي)، ثُمَّ أَجۡلَسَهَا عَنۡ يَمِينِهِ أَوۡ عَنۡ شِمَالِهِ. ثُمَّ سَارَّهَا فَبَكَتۡ بُكَاءً شَدِيدًا. فَلَمَّا رَأَىٰ جَزَعَهَا سَارَّهَا الثَّانِيَةَ فَضَحِكَتۡ. فَقُلۡتُ لَهَا: خَصَّكِ رَسُولُ اللهِ ﷺ مِنۡ بَيۡنِ نِسَائِهِ بِالسِّرَارِ، ثُمَّ أَنۡتِ تَبۡكِينَ؟ فَلَمَّا قَامَ رَسُولُ اللهِ ﷺ سَأَلۡتُهَا مَا قَالَ لَكِ رَسُولُ اللهِ ﷺ؟ قَالَتۡ: مَا كُنۡتُ أُفۡشِي عَلَىٰ رَسُولِ اللهِ ﷺ سِرَّهُ. قَالَتۡ: فَلَمَّا تُوُفِّيَ رَسُولُ اللهِ ﷺ قُلۡتُ: عَزَمۡتُ عَلَيۡكِ، بِمَا لِي عَلَيۡكِ مِنَ الۡحَقِّ، لَمَا حَدَّثۡتِنِي مَا قَالَ لَكِ رَسُولُ اللهِ ﷺ؟ فَقَالَتۡ: أَمَّا الۡآنَ، فَنَعَمۡ. أَمَّا حِينَ سَارَّنِي فِي الۡمَرَّةِ الۡأُولَىٰ، فَأَخۡبَرَنِي أَنَّ جِبۡرِيلَ كَانَ يُعَارِضُهُ الۡقُرۡآنَ فِي كُلِّ سَنَةٍ مَرَّةً أَوۡ مَرَّتَيۡنِ، وَإِنَّهُ عَارَضَهُ الۡآنَ مَرَّتَيۡنِ، (وَإِنِّي لَا أُرَى الۡأَجَلَ إِلَّا قَدِ اقۡتَرَبَ. فَاتَّقِي اللهَ وَاصۡبِرِي. فَإِنَّهُ نِعۡمَ السَّلَفُ أَنَا لَكِ)، قَالَتۡ: فَبَكَيۡتُ بُكَائِي الَّذِي رَأَيۡتِ. فَلَمَّا رَأَىٰ جَزَعِي سَارَّنِي الثَّانِيَةَ فَقَالَ: (يَا فَاطِمَةُ، أَمَا تَرۡضَيۡ أَنۡ تَكُونِي سَيِّدَةَ نِسَاءِ الۡمُؤۡمِنِينَ، أَوۡ سَيِّدَةَ نِسَاءِ هَٰذِهِ الۡأُمَّةِ؟) قَالَتۡ: فَضَحِكۡتُ ضَحِكِي الَّذِي رَأَيۡتِ.
[البخاري: كتاب المناقب، باب علامات النبوة في الإسلام، رقم: ٣٦٢٣].
98. Abu Kamil Al-Jahdari Fudhail bin Husain telah menceritakan kepada kami: Abu ‘Awanah menceritakan kepada kami, dari Firas, dari ‘Amir, dari Masruq, dari ‘Aisyah, beliau mengatakan: Dahulu, kami, para istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, pernah berada di sisi beliau. Semua istri beliau ada di situ tidak tertinggal seorang pun. Fathimah datang berjalan kaki. Cara berjalannya tidak beda sedikit pun dengan cara berjalan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ketika Nabi melihatnya, beliau menyambutnya. Beliau mengatakan, “Marhaban putriku.” Kemudian Nabi mendudukkannya di samping kanan atau kiri beliau. Lalu Nabi membisikinya. Fathimah pun menangis sedu sedan. Melihat kesedihannya, Nabi membisikinya pada kali yang kedua, lalu Fathimah tertawa. Aku berkata kepadanya: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengkhususkan engkau dengan suatu rahasia di antara istri-istri beliau, lalu engkau menangis? Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam beranjak pergi, aku bertanya kepadanya: Apakah yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ucapkan kepadamu? Fathimah menjawab: Aku tidak mau membuka rahasia Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. ‘Aisyah mengatakan: Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam wafat, aku berkata: Aku menyumpahmu kepada Allah dengan hakku yang harus engkau tunaikan, agar engkau menceritakan kepadaku apa yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu katakan kepadamu? Fathimah menjawab: Adapun sekarang, baiklah. Ketika beliau membisiki aku pada kali pertama, beliau mengabarkan kepadaku bahwa Jibril biasa memeriksa bacaan Alquran satu atau dua kali setiap satu tahun, namun sekarang Jibril memeriksa dua kali. “Aku menduga ajalku sudah dekat. Bertakwalah kepada Allah dan sabarlah, karena sebaik-baik pendahulu bagimu adalah aku.” Fathimah mengatakan: Aku pun menangis dengan tangisan yang dulu engkau lihat. Ketika Nabi melihat kesedihanku, beliau membisiki aku pada kali yang kedua, beliau bersabda, “Wahai Fathimah, tidakkah engkau rida menjadi penghulu para wanita mukminin atau penghulu para wanita umat ini?” Fathimah mengatakan: Aku pun tertawa dengan tawa yang dahulu engkau lihat.
٩٩ – (...) – حَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ: وَحَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ نُمَيۡرٍ، عَنۡ زَكَرِيَّاءَ. (ح) وَحَدَّثَنَا ابۡنُ نُمَيۡرٍ: حَدَّثَنَا أَبِي: حَدَّثَنَا زَكَرِيَّاءُ، عَنۡ فِرَاسٍ، عَنۡ عَامِرٍ، عَنۡ مَسۡرُوقٍ، عَنۡ عَائِشَةَ قَالَتۡ: اجۡتَمَعَ نِسَاءُ النَّبِيِّ ﷺ، فَلَمۡ يُغَادِرۡ مِنۡهُنَّ امۡرَأَةً. فَجَاءَتۡ فَاطِمَةُ تَمۡشِي كَأَنَّ مِشۡيَتَهَا مِشۡيَةُ رَسُولِ اللهِ ﷺ. فَقَالَ: (مَرۡحَبًا بِابۡنَتِي)، فَأَجۡلَسَهَا عَنۡ يَمِينِهِ أَوۡ عَنۡ شِمَالِهِ. ثُمَّ إِنَّهُ أَسَرَّ إِلَيۡهَا حَدِيثًا فَبَكَتۡ فَاطِمَةُ، ثُمَّ إِنَّهُ سَارَّهَا فَضَحِكَتۡ أَيۡضًا. فَقُلۡتُ لَهَا: مَا يُبۡكِيكِ؟ فَقَالَتۡ: مَا كُنۡتُ لِأُفۡشِيَ سِرَّ رَسُولِ اللهِ ﷺ فَقُلۡتُ: مَا رَأَيۡتُ كَالۡيَوۡمِ فَرَحًا أَقۡرَبَ مِنۡ حُزۡنٍ. فَقُلۡتُ لَهَا حِينَ بَكَتۡ: أَخَصَّكِ رَسُولُ اللهِ ﷺ بِحَدِيثِهِ دُونَنَا ثُمَّ تَبۡكِينَ؟ وَسَأَلۡتُهَا عَمَّا قَالَ؟ فَقَالَتۡ: مَا كُنۡتُ لِأُفۡشِيَ سِرَّ رَسُولِ اللهِ ﷺ، حَتَّىٰ إِذَا قُبِضَ سَأَلۡتُهَا فَقَالَتۡ: إِنَّهُ كَانَ حَدَّثَنِي، أَنَّ جِبۡرِيلَ كَانَ يُعَارِضُهُ بِالۡقُرۡآنِ كُلَّ عَامٍ مَرَّةً، وَإِنَّهُ عَارَضَهُ بِهِ فِي الۡعَامِ مَرَّتَيۡنِ، (وَلَا أُرَانِي إِلَّا قَدۡ حَضَرَ أَجَلِي، وَإِنَّكَ أَوَّلُ أَهۡلِي لُحُوقًا بِي وَنِعۡمَ السَّلَفُ أَنَا لَكِ)، فَبَكَيۡتُ لِذٰلِكَ. ثُمَّ إِنَّهُ سَارَّنِي فَقَالَ: (أَلَا تَرۡضَيۡنَ أَنۡ تَكُونِي سَيِّدَةَ نِسَاءِ الۡمُؤۡمِنِينَ، أَوۡ سَيِّدَةَ نِسَاءِ هَٰذِهِ الۡأُمَّةِ؟)، فَضَحِكۡتُ لِذٰلِكَ.
99. Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami: Dan ‘Abdullah bin Numair menceritakan kepada kami, dari Zakariyya`. (Dalam riwayat lain) Ibnu Numair telah menceritakan kepada kami: Ayahku menceritakan kepada kami: Zakariyya` menceritakan kepada kami, dari Firas, dari ‘Amir, dari Masruq, dari ‘Aisyah, beliau mengatakan: Para istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berkumpul dan tidak tertinggal seorang istri pun. Fathimah datang dengan berjalan kaki. Seakan-akan cara berjalannya sama persis dengan cara berjalan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Nabi bersabda, “Marhaban putriku.” Nabi mendudukkan di sebelah kanan atau kiri beliau. Kemudian Nabi membisikinya suatu perkataan, sehingga Fathimah menangis. Kemudian beliau membisikinya lagi, lalu Fathimah tertawa. Aku bertanya kepada Fathimah: Apa yang membuatmu menangis? Fathimah menjawab: Aku tidak mau membuka rahasia Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Aku mengataka: Aku belum pernah melihat kebahagiaan yang lebih dekat dengan kesedihan seperti pada hari itu. Aku bertanya kepadanya ketika dia menangis: Apakah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengkhususkan engkau dengan perkataan beliau selain kami lalu engkau menangis? Aku menanyainya tentang apa yang diucapkan beliau? Fathimah menjawab: Aku tidak mau membuka rahasia Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sampai ketika beliau wafat, aku bertanya kepadanya. Fathimah mengatakan: Dahulu, beliau menceritakan kepadaku bahwa Jibril biasa memeriksa bacaan Alquran beliau satu kali setiap tahun. Namun pada tahun tersebut, Jibril memeriksa bacaan Alquran dua kali. “Tidaklah aku menduga kecuali ajalku hampir tiba. Dan sesungguhnya engkau keluargaku yang pertama kali menyusulku dan sebaik-baik pendahulu bagimu adalah aku.” Aku pun menangis mendengar itu. Kemudian Nabi membisiki aku, beliau mengatakan, “Tidakkah engkau rida menjadi penghulu para wanita mukmin atau penghulu para wanita umat ini?” Aku pun tertawa mendengar itu.