Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 2705

٤٨ – (٢٧٠٥) – حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ بۡنُ سَعِيدٍ: حَدَّثَنَا لَيۡثٌ. (ح) وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ رُمۡحٍ: أَخۡبَرَنَا اللَّيۡثُ، عَنۡ يَزِيدَ بۡنِ أَبِي حَبِيبٍ، عَنۡ أَبِي الۡخَيۡرِ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَمۡرٍو، عَنۡ أَبِي بَكۡرٍ، أَنَّهُ قَالَ لِرَسُولِ اللهِ ﷺ: عَلِّمۡنِي دُعَاءً أَدۡعُو بِهِ فِي صَلَاتِي. قَالَ: (قُلۡ: اللّٰهُمَّ إِنِّي ظَلَمۡتُ نَفۡسِي ظُلۡمًا كَبِيرًا – وَقَالَ قُتَيۡبَةُ: كَثِيرًا – وَلَا يَغۡفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنۡتَ، فَاغۡفِرۡ لِي مَغۡفِرَةً مِنۡ عِنۡدِكَ وَارۡحَمۡنِي، إِنَّكَ أَنۡتَ الۡغَفُورُ الرَّحِيمُ).
[البخاري: كتاب الأذان، باب الدعاء قبل السلام، رقم: ٨٣٤].
48. (2705). Qutaibah bin Sa’id telah menceritakan kepada kami: Laits menceritakan kepada kami. (Dalam riwayat lain) Muhammad bin Rumh telah menceritakan kepada kami: Al-Laits mengabarkan kepada kami, dari Yazid bin Abu Habib, dari Abul Khair, dari ‘Abdullah bin ‘Amr, dari Abu Bakr, bahwa beliau berkata kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: Ajarilah aku sebuah doa yang aku berdoa dengannya di dalam salatku. Beliau bersabda, “Katakanlah: Ya Allah, sungguh aku telah menzalimi diriku dengan kezaliman yang besar –Qutaibah mengatakan: yang banyak- dan tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau, maka ampunilah aku dengan ampunan dari sisiMu dan rahmatilah aku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”
(...) – وَحَدَّثَنِيهِ أَبُو الطَّاهِرِ: أَخۡبَرَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ وَهۡبٍ: أَخۡبَرَنِي رَجُلٌ سَمَّاهُ، وَعَمۡرُو بۡنُ الۡحَارِثِ، عَنۡ يَزِيدَ بۡنِ أَبِي حَبِيبٍ، عَنۡ أَبِي الۡخَيۡرِ، أَنَّهُ سَمِعَ عَبۡدَ اللهِ بۡنَ عَمۡرِو بۡنِ الۡعَاصِ يَقُولُ: إِنَّ أَبَا بَكۡرٍ الصِّدِّيقَ قَالَ لِرَسُولِ اللهِ ﷺ: عَلِّمۡنِي، يَا رَسُولَ اللهِ، دُعَاءً أَدۡعُو بِهِ فِي صَلَاتِي وَفِي بَيۡتِي، ثُمَّ ذَكَرَ بِمِثۡلِ حَدِيثِ اللَّيۡثِ. غَيۡرَ أَنَّهُ قَالَ: (ظُلۡمًا كَثِيرًا).
Abu Ath-Thahir telah menceritakannya kepadaku: ‘Abdullah bin Wahb mengabarkan kepada kami: Seseorang yang telah beliau sebutkan namanya dan ‘Amr bin Al-Harits mengabarkan kepadaku, dari Yazid bin Abu Habib, dari Abul Khair, bahwa beliau mendengar ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al-‘Ash mengatakan: Sesungguhnya Abu Bakr Ash-Shiddiq berkata kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: Ajarilah aku, wahai Rasulullah, sebuah doa yang aku berdoa dengannya di dalam salatku dan di dalam rumahku. Kemudian beliau menyebutkan semisal hadis Al-Laits. Hanya saja beliau mengatakan, “Kezaliman yang banyak.”