٥ – بَابُ الۡإِهۡلَالِ مِنۡ حَيۡثُ تَنۡبَعِثُ الرَّاحِلَةُ
5. Bab memulai talbiah dari tempat tunggangan mulai bergerak
٢٥ – (١١٨٧) – وَحَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ يَحۡيَىٰ قَالَ: قَرَأۡتُ عَلَىٰ مَالِكٍ، عَنۡ سَعِيدِ بۡنِ أَبِي سَعِيدٍ الۡمَقۡبُرِيِّ، عَنۡ عُبَيۡدِ بۡنِ جُرَيۡجٍ؛ أَنَّهُ قَالَ لِعَبۡدِ اللهِ بۡنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا: يَا أَبَا عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ، رَأَيۡتُكَ تَصۡنَعُ أَرۡبَعًا لَمۡ أَرَ أَحَدًا مِنۡ أَصۡحَابِكَ يَصۡنَعُهَا. قَالَ: مَا هُنَّ يَا ابۡنَ جُرَيۡجٍ؟ قَالَ: رَأَيۡتُكَ لَا تَمَسُّ مِنَ الۡأَرۡكَانِ إِلَّا الۡيَمَانِيَيۡنِ، وَرَأَيۡتُكَ تَلۡبَسُ النِّعَالَ السِّبۡتِيَّةَ، وَرَأَيۡتُكَ تَصۡبُغُ بِالصُّفۡرَةِ، وَرَأَيۡتُكَ إِذَا كُنۡتَ بِمَكَّةَ أَهَلَّ النَّاسُ إِذَا رَأَوُا الۡهِلَالَ، وَلَمۡ تُهۡلِلۡ أَنۡتَ حَتَّىٰ يَكُونَ يَوۡمُ التَّرۡوِيَةِ. فَقَالَ عَبۡدُ اللهِ بۡنُ عُمَرَ: أَمَّا الۡأَرۡكَانُ، فَإِنِّي لَمۡ أَرَ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَمَسُّ إِلَّا الۡيَمَانِيَيۡنِ. وَأَمَّا النِّعَالُ السِّبۡتِيَّةُ، فَإِنِّي رَأَيۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَلۡبَسُ النِّعَالَ الَّتِي لَيۡسَ فِيهَا شَعَرٌ، وَيَتَوَضَّأُ فِيهَا، فَأَنَا أَحَبُّ أَنۡ أَلۡبَسَهَا. وَأَمَّا الصُّفۡرَةُ، فَإِنِّي رَأَيۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَصۡبُغُ بِهَا، فَأَنَّا أُحِبُّ أَنۡ أَصۡبُغُ بِهَا. وَأَمَّا الۡإِهۡلَالُ فَإِنِّي لَمۡ أَرَ رَسُولَ اللهِ ﷺ يُهِلُّ حَتَّىٰ تَنۡبَعِثَ بِهِ رَاحِلَتُهُ.
[البخاري: كتاب الوضوء، باب غسل الرجلين في النعلين...، رقم: ١٦٦].
25. (1187). Yahya bin Yahya telah menceritakan kepada kami, beliau mengatakan: Aku membaca di hadapan Malik, dari Sa’id bin Abu Sa’id Al-Maqburi, dari ‘Ubaid bin Juraij; Bahwa dia berkata kepada ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma: Wahai Abu ‘Abdurrahman, aku melihatmu melakukan empat hal yang aku tidak melihat seorang pun dari sahabatmu yang melakukannya. Beliau bertanya: Apa saja itu, wahai Ibnu Juraij? Juraij mengatakan: Aku melihatmu tidak menyentuh sudut Kakbah kecuali dua sudut Yamani (rukun Yamani dan rukun Al-Aswad), aku melihatmu memakai sandal sabtiyyah (sandal kulit yang telah disamak), aku melihatmu mencelup dengan warna kuning, dan aku melihatmu ketika engkau di Makkah, orang-orang memulai talbiah apabila telah melihat hilal, sedang engkau belum memulai talbiah sampai hari tarwiah tiba. ‘Abdullah bin ‘Umar mengatakan: Adapun masalah sudut Kakbah, karena aku tidak melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyentuh kecuali dua sudut Yamani tersebut. Adapun sandal sabtiyyah, maka sungguh aku melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memakai sandal kulit tanpa bulu, beliau berwudu dengan mengenakannya, sehingga aku senang memakainya. Adapun warna kuning, maka sungguh aku melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mencelup menggunakannya, sehingga aku senang untuk mencelup menggunakan itu. Adapun memulai talbiah, maka sungguh aku tidak melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memulai talbiah sampai tunggangan beliau mulai bergerak.
٢٦ – (...) – حَدَّثَنِي هَارُونُ بۡنُ سَعِيدٍ الۡأَيۡلِيُّ: حَدَّثَنَا ابۡنُ وَهۡبٍ: حَدَّثَنِي أَبُو صَخۡرٍ، عَنِ ابۡنِ قُسَيۡطٍ، عَنۡ عُبَيۡدِ بۡنِ جُرَيۡجٍ قَالَ: حَجَجۡتُ مَعَ عَبۡدِ اللهِ بۡنُ عُمَرَ بۡنِ الۡخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا، بَيۡنَ حَجٍّ وَعُمۡرَةٍ، ثِنۡتَيۡ عَشۡرَةَ مَرَّةً. فَقُلۡتُ: يَا أَبَا عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ، لَقَدۡ رَأَيۡتُ مِنۡكَ أَرۡبَعَ خِصَالٍ. وَسَاقَ الۡحَدِيثَ بِهٰذَا الۡمَعۡنَٰى إِلَّا فِي قِصَّةِ الۡإِهۡلَالِ، فَإِنَّهُ خَالَفَ رِوَايَةَ الۡمَقۡبُرِيِّ فَذَكَرَهُ بِمَعۡنًى سِوَىٰ ذِكۡرِهِ إِيَّاهُ.
26. Harun bin Sa’id Al-Aili telah menceritakan kepadaku: Ibnu Wahb menceritakan kepada kami: Abu Shakhr menceritakan kepadaku, dari Ibnu Qusaith, dari ‘Ubaid bin Juraij, beliau mengatakan: Aku pernah haji bersama ‘Abdullah bin ‘Umar bin Al-Khaththab radhiyallahu ‘anhuma, sebagiannya haji dan sebagian lainnya umrah, sebanyak dua belas kali. Aku berkata: Wahai Abu ‘Abdurrahman, sungguh aku telah melihat darimu empat perkara. Beliau melanjutkan hadis semakna dengannya kecuali kisah ihlal (mulai talbiah), ia menyelisihi riwayat Al-Maqburi. Ia menyebutkan hadis semakna kecuali penyebutan hal tersebut.
٢٧ – (...) – وَحَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بۡنُ مُسۡهِرٍ، عَنۡ عُبَيۡدِ اللهِ، عَنۡ نَافِعٍ، عَنِ ابۡنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ إِذَا وَضَعَ رِجۡلَهُ فِي الۡغَرۡزِ، وَانۡبَعَثَتۡ بِهِ رَاحِلَتُهُ قَائِمَةً، أَهَلَّ مِنۡ ذِي الۡحُلَيۡفَةِ.
27. Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami: ‘Ali bin Mushir menceritakan kepada kami, dari ‘Ubaidullah, dari Nafi’, dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila telah meletakkan kakinya di sanggurdi dan tunggangan beliau mulai bangkit berdiri, maka beliau mulai bertalbiah dari Dzul Hulaifah.
٢٨ – (...) – وَحَدَّثَنِي هَارُونُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ: حَدَّثَنَا حَجَّاجُ بۡنُ مُحَمَّدٍ قَالَ: قَالَ ابۡنُ جُرَيۡجٍ: أَخۡبَرَنِي صَالِحُ بۡنُ كَيۡسَانَ، عَنۡ نَافِعٍ، عَنِ ابۡنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا، أَنَّهُ كَانَ يُخۡبِرُ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ أَهَلَّ حِينَ اسۡتَوَتۡ بِهِ نَاقَتُهُ قَائِمَةً.
28. Harun bin ‘Abdullah telah menceritakan kepada kami: Hajjaj bin Muhammad menceritakan kepada kami, beliau mengatakan: Ibnu Juraij mengatakan: Shalih bin Kaisan mengabarkan kepadaku, dari Nafi’, dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, bahwa beliau mengabarkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memulai talbiah ketika untanya telah tegak berdiri.
٢٩ – (...) – وَحَدَّثَنِي حَرۡمَلَةُ بۡنُ يَحۡيَىٰ: أَخۡبَرَنَا ابۡنُ وَهۡبٍ: أَخۡبَرَنِي يُونُسُ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ؛ أَنَّ سَالِمَ بۡنَ عَبۡدِ اللهِ أَخۡبَرَهُ، أَنَّ عَبۡدَ اللهِ بۡنَ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا قَالَ: رَأَيۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ رَكِبَ رَاحِلَتَهُ بِذِي الۡحُلَيۡفَةِ، ثُمَّ يُهِلُّ حِينَ تَسۡتَوِي بِهِ قَائِمَةً.
29. Harmalah bin Yahya telah menceritakan kepadaku: Ibnu Wahb mengabarkan kepada kami: Yunus mengabarkan kepadaku, dari Ibnu Syihab; Bahwa Salim bin ‘Abdullah mengabarkan kepadanya, bahwa ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma mengatakan: Aku pernah melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menaiki tunggangan beliau di Dzul Hulaifah, kemudian beliau memulai talbiah ketika tunggangan beliau telah berdiri tegak.