Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 6821

١٢ – بَابُ مَنۡ أَصَابَ ذَنۡبًا دُونَ الۡحَدِّ، فَأَخۡبَرَ الۡإِمَامَ، فَلَا عُقُوبَةَ عَلَيۡهِ بَعۡدَ التَّوۡبَةِ، إِذَا جَاءَ مُسۡتَفۡتِيًا
12. Bab barang siapa melakukan suatu dosa yang tidak ada hukum hududnya, lalu ia mengabarkan kepada pemimpin, maka tidak ada hukuman atasnya setelah tobat, apabila ia datang untuk meminta fatwa

قَالَ عَطَاءٌ: لَمۡ يُعَاقِبۡهُ النَّبِيُّ ﷺ. وَقَالَ ابۡنُ جُرَيۡجٍ: وَلَمۡ يُعَاقِبِ الَّذِي جَامَعَ فِي رَمَضَانَ، وَلَمۡ يُعَاقِبۡ عُمَرُ صَاحِبَ الظَّبۡيِ، وَفِيهِ: عَنۡ أَبِي عُثۡمَانَ، عَنِ ابۡنِ مَسۡعُودٍ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ.
‘Atha` berkata: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak menghukumnya. Ibnu Juraij mengatakan: Beliau tidak menghukum orang yang menggauli (istrinya) di (siang hari) bulan Ramadan. ‘Umar juga tidak menghukum pemburu antelop (ketika ihram). Dalam bab ini ada riwayat dari Abu ‘Utsman, dari Ibnu Mas’ud, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
٦٨٢١ – حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ: حَدَّثَنَا اللَّيۡثُ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ حُمَيۡدِ بۡنِ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ: أَنَّ رَجُلًا وَقَعَ بِامۡرَأَتِهِ فِي رَمَضَانَ، فَاسۡتَفۡتَى رَسُولَ اللهِ ﷺ فَقَالَ: (هَلۡ تَجِدُ رَقَبَةً؟). قَالَ: لَا، قَالَ: (هَلۡ تَسۡتَطِيعُ صِيَامَ شَهۡرَيۡنِ؟). قَالَ: لَا، قَالَ: (فَأَطۡعِمۡ سِتِّينَ مِسۡكِينًا). [طرفه في: ١٩٣٦].
6821. Qutaibah telah menceritakan kepada kami: Al-Laits menceritakan kepada kami, dari Ibnu Syihab, dari Humaid bin ‘Abdurrahman, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu: Bahwa seseorang menggauli istrinya di (siang hari) bulan Ramadan lalu dia meminta fatwa kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda, “Apakah engkau mendapatkan seorang budak?” Orang itu menjawab: Tidak. Beliau bersabda, “Apakah engkau mampu berpuasa dua bulan?” Orang itu menjawab: Tidak. Beliau bersabda, “Berilah makan enam puluh orang miskin!”