Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 1101

٥٢ – (١١٠١) – وَحَدَّثَنَا يَحۡيَىٰ بۡنُ يَحۡيَىٰ: أَخۡبَرَنَا هُشَيۡمٌ، عَنۡ أَبِي إِسۡحَاقَ الشَّيۡبَانِيِّ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ أَبِي أَوۡفَىٰ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: كُنَّا مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ فِي سَفَرٍ فِي شَهۡرِ رَمَضَانَ، فَلَمَّا غَابَتِ الشَّمۡسُ قَالَ: (يَا فُلَانُ، انۡزِلۡ فَاجۡدَحۡ لَنَا) قَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ، إِنَّ عَلَيۡكَ نَهَارًا. قَالَ: (انۡزِلۡ فَاجۡدَحۡ لَنَا). قَالَ: فَنَزَلَ فَجَدَحَ، فَأَتَاهُ بِهِ فَشَرِبَ النَّبِيُّ ﷺ ثُمَّ قَالَ بِيَدِهِ: (إِذَا غَابَتِ الشَّمۡسُ مِنۡ هَاهُنَا، وَجَاءَ اللَّيۡلُ مِنۡ هَاهُنَا، فَقَدۡ أَفۡطَرَ الصَّائِمُ).
52. (1101). Yahya bin Yahya telah menceritakan kepada kami: Husyaim mengabarkan kepada kami, dari Abu Ishaq Asy-Syaibani, dari ‘Abdullah bin Abu Aufa radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata: Kami pernah bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam suatu perjalanan di bulan Ramadan. Ketika matahari telah tidak terlihat, beliau bersabda, “Wahai Polan, berhentilah dan siapkan minum untuk kami.” Orang itu berkata: Wahai Rasulullah, sesungguhnya ini masih siang. Beliau bersabda, “Berhentilah dan siapkan minum untuk kami.” ‘Abdullah berkata: Orang itu pun berhenti dan menyiapkan minum, lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mendatangi dan minum. Kemudian beliau bersabda, sambil memberi isyarat dengan tangannya, “Apabila matahari telah tidak terlihat dari sini dan malam telah datang dari arah sini, maka orang yang berpuasa boleh berbuka.”
٥٣ – (...) – حَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بۡنُ مُسۡهِرٍ وَعَبَّادُ بۡنُ الۡعَوَّامِ، عَنِ الشَّيۡبَانِيِّ، عَنِ ابۡنِ أَبِي أَوۡفَىٰ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: كُنَّا مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ فِي سَفَرٍ، فَلَمَّا غَابَتِ الشَّمۡسُ قَالَ لِرَجُلٍ: (انۡزِلۡ فَاجۡدَحۡ لَنَا) فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ، لَوۡ أَمۡسَيۡتَ. قَالَ: (انۡزِلۡ فَاجۡدَحۡ لَنَا). قَالَ: إِنَّ عَلَيۡنَا نَهَارًا، فَنَزَلَ فَجَدَحَ لَهُ فَشَرِبَ ثُمَّ قَالَ: (إِذَا رَأَيۡتُمُ اللَّيۡلَ قَدۡ أَقۡبَلَ مِنۡ هَاهُنَا – وَأَشَارَ بِيَدِهِ نَحۡوَ الۡمَشۡرِقِ – فَقَدۡ أَفۡطَرَ الصَّائِمُ).
53. Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami: ‘Ali bin Mushir dan ‘Abbad ibnul ‘Awwam menceritakan kepada kami, dari Asy-Syaibani, dari Ibnu Abu Aufa radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata: Kami pernah bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam suatu perjalanan. Ketika matahari telah tenggelam, beliau berkata kepada seseorang, “Berhentilah dan siapkan minum untuk kami.” Orang itu berkata: Wahai Rasulullah, andai engkau lebih sore. Beliau bersabda, “Berhentilah dan siapkan minum untuk kami.” Orang itu berkata: Sesungguhnya ini masih siang. Lalu dia pun turun dan menyiapkan minum untuk beliau, kemudian beliau minum. Lalu beliau bersabda, “Apabila kalian telah melihat malam sudah datang dari arah sini –beliau mengisyaratkan dengan tangannya ke arah timur-, maka orang yang berpuasa boleh berbuka.”
(...) – حَدَّثَنَا أَبُو كَامِلٍ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الۡوَاحِدِ: حَدَّثَنَا سُلَيۡمَانُ الشَّيۡبَانِيُّ قَالَ: سَمِعۡتُ عَبۡدَ اللهِ بۡنَ أَبِي أَوۡفَىٰ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ يَقُولُ: سِرۡنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ وَهُوَ صَائِمٌ، فَلَمَّا غَرَبَتِ الشَّمۡسُ قَالَ: (يَا فُلَانُ، انۡزِلۡ فَاجۡدَحۡ لَنَا). مِثۡلَ حَدِيثِ ابۡنِ مُسۡهِرٍ وَعَبَّادِ بۡنِ الۡعَوَّامِ.
Abu Kamil telah menceritakan kepada kami: ‘Abdul Wahid menceritakan kepada kami: Sulaiman Asy-Syaibani menceritakan kepada kami, beliau berkata: Aku mendengar ‘Abdullah bin Abu Aufa radhiyallahu ‘anhu berkata: Kami menempuh perjalanan bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam keadaan beliau puasa. Ketika matahari telah tenggelam, beliau bersabda, “Wahai Polan, berhentilah dan siapkan minum untuk kami.” Semisal hadis Ibnu Mushir dan ‘Abbad ibnul ‘Awwam.
٥٤ – (...) – وَحَدَّثَنَا ابۡنُ أَبِي عُمَرَ: أَخۡبَرَنَا سُفۡيَانُ. (ح) وَحَدَّثَنَا إِسۡحَاقُ: أَخۡبَرَنَا جَرِيرٌ. كِلَاهُمَا عَنِ الشَّيۡبَانِيِّ، عَنِ ابۡنِ أَبِي أَوۡفَىٰ. (ح) وَحَدَّثَنَا عُبَيۡدُ اللهِ بۡنُ مُعَاذٍ: حَدَّثَنَا أَبِي. (ح) وَحَدَّثَنَا ابۡنُ الۡمُثَنَّى: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ جَعۡفَرٍ. قَالَا: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ، عَنِ الشَّيۡبَانِيِّ، عَنِ ابۡنِ أَبِي أَوۡفَىٰ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ. بِمَعۡنَىٰ حَدِيثِ ابۡنِ مُسۡهِرٍ وَعَبَّادٍ وَعَبۡدِ الۡوَاحِدِ. وَلَيۡسَ فِي حَدِيثِ أَحَدٍ مِنۡهُمۡ: فِي شَهۡرِ رَمَضَانَ. وَلَا قَوۡلُهُ؛ (وَجَاءَ اللَّيۡلُ مِنۡ هَاهُنَا) إِلَّا فِي رِوَايَةِ هُشَيۡمٍ وَحۡدَهُ.
54. Ibnu Abu ‘Umar telah menceritakan kepada kami: Sufyan mengabarkan kepada kami. (Dalam riwayat lain) Ishaq telah menceritakan kepada kami: Jarir mengabarkan kepada kami. Masing-masing keduanya dari Asy-Syaibani, dari Ibnu Abu Aufa. (Dalam riwayat lain) ‘Ubaidullah bin Mu’adz telah menceritakan kepada kami: Ayahku menceritakan kepada kami. (Dalam riwayat lain) Ibnul Mutsanna telah menceritakan kepada kami: Muhammad bin Ja’far menceritakan kepada kami. Keduanya mengatakan: Syu’bah menceritakan kepada kami, dari Asy-Syaibani, dari Ibnu Abu Aufa radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Semakna hadis Ibnu Mushir, ‘Abbad, dan ‘Abdul Wahid. Namun tidak ada di hadis salah seorang pun dari mereka: di bulan Ramadan. Tidak pula sabda beliau “dan malam telah datang dari arah sini” kecuali di dalam riwayat Husyaim saja.