Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 1119

١٦ – بَابُ أَجۡرِ الۡمُفۡطِرِ فِي السَّفَرِ إِذَا تَوَلَّى الۡعَمَلَ
16. Bab pahala orang yang berbuka ketika perjalanan apabila dia menangani suatu pekerjaan

١٠٠ – (١١١٩) – حَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ: أَخۡبَرَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، عَنۡ عَاصِمٍ، عَنۡ مُوَرِّقٍ، عَنۡ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: كُنَّا مَعَ النَّبِيِّ ﷺ فِي السَّفَرِ فَمِنَّا الصَّائِمُ وَمِنَّا الۡمُفۡطِرُ، قَالَ: فَنَزَلۡنَا مَنۡزِلًا فِي يَوۡمٍ حَارٍّ، أَكۡثَرُنَا ظِلًّا صَاحِبُ الۡكِسَاءِ، وَمِنَّا مَنۡ يَتَّقِي الشَّمۡسَ بِيَدِهِ، قَالَ: فَسَقَطَ الصُّوَّامُ، وَقَامَ الۡمُفۡطِرُونَ فَضَرَبُوا الۡأَبۡنِيَةَ وَسَقَوُا الرِّكَابَ. فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (ذَهَبَ الۡمُفۡطِرُونَ الۡيَوۡمَ بِالۡأَجۡرِ).
[البخاري: كتاب الجهاد، باب فضل الخدمة في الغزو، رقم: ٢٨٩٠].
100. (1119). Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami: Abu Mu’awiyah mengabarkan kepada kami, dari ‘Ashim, dari Muwarriq, dari Anas radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan: Kami pernah bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam suatu perjalanan. Di antara kami ada yang berpuasa dan ada yang tidak berpuasa. Anas berkata: Kami singgah di suatu tempat pada suatu hari yang panas. Orang yang paling banyak naungannya adalah orang yang memiliki kain dan di antara kami ada yang menghalangi terik matahari menggunakan tangannya. Anas berkata: Orang-orang yang berpuasa tergeletak, sedangkan orang-orang yang tidak berpuasa tetap tegar, mereka membuat kemah-kemah dan memberi minum hewan-hewan tunggangan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Orang-orang yang tidak berpuasa telah pergi membawa pahala.”
١٠١ – (...) – وَحَدَّثَنَا أَبُو كُرَيۡبٍ: حَدَّثَنَا حَفۡصٌ، عَنۡ عَاصِمٍ الۡأَحۡوَلِ، عَنۡ مُوَرِّقٍ، عَنۡ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ فِي سَفَرٍ، فَصَامَ بَعۡضٌ وَأَفۡطَرَ بَعۡضٌ، فَتَحَزَّمَ الۡمُفۡطِرُونَ وَعَمِلُوا، وَضَعُفَ الصُّوَّامُ عَنۡ بَعۡضِ الۡعَمَلِ. قَالَ: فَقَالَ فِي ذٰلِكَ: (ذَهَبَ الۡمُفۡطِرُونَ الۡيَوۡمَ بِالۡأَجۡرِ).
101. Abu Kuraib telah menceritakan kepada kami: Hafsh menceritakan kepada kami, dari ‘Ashim Al-Ahwal, dari Muwarriq, dari Anas radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melakukan suatu perjalanan. Sebagian ada yang berpuasa dan sebagian lainnya ada yang tidak berpuasa. Orang-orang yang tidak berpuasa giat beramal sedangkan orang-orang yang berpuasa tidak mampu melakukan sebagian amalan. Anas berkata: Nabi bersabda tentang hal itu, “Orang-orang yang tidak berpuasa hari ini telah pergi membawa pahala.”