Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 4346

٤٣٤٦ – حَدَّثَنِي عَبَّاسُ بۡنُ الۡوَلِيدِ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الۡوَاحِدِ، عَنۡ أَيُّوبَ بۡنِ عَائِذٍ: حَدَّثَنَا قَيۡسُ بۡنُ مُسۡلِمٍ قَالَ: سَمِعۡتُ طَارِقَ بۡنَ شِهَابٍ يَقُولُ: حَدَّثَنِي أَبُو مُوسَى الۡأَشۡعَرِيُّ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: بَعَثَنِي رَسُولُ اللهِ ﷺ إِلَى أَرۡضِ قَوۡمِي، فَجِئۡتُ وَرَسُولُ اللهِ ﷺ مُنِيخٌ بِالۡأَبۡطَحِ، فَقَالَ: (أَحَجَجۡتَ يَا عَبۡدَ اللهِ بۡنَ قَيۡسٍ؟) قُلۡتُ: نَعَمۡ يَا رَسُولَ اللهِ، قَالَ: (كَيۡفَ قُلۡتَ؟) قَالَ: قُلۡتُ: لَبَّيۡكَ إِهۡلَالًا كَإِهۡلَالِكَ، قَالَ: (فَهَلۡ سُقۡتَ مَعَكَ هَدۡيًا؟) قُلۡتُ: لَمۡ أَسُقۡ، قَالَ: (فَطُفۡ بِالۡبَيۡتِ، وَاسۡعَ بَيۡنَ الصَّفَا وَالۡمَرۡوَةِ، ثُمَّ حِلَّ). فَفَعَلۡتُ حَتَّى مَشَطَتۡ لِي امۡرَأَةٌ مِنۡ نِسَاءِ بَنِي قَيۡسٍ، وَمَكَثۡنَا بِذٰلِكَ حَتَّى اسۡتُخۡلِفَ عُمَرُ. [طرفه في: ١٥٥٩].
4346. ‘Abbas ibnul Walid telah menceritakan kepadaku: ‘Abdul Wahid menceritakan kepada kami, dari Ayyub bin ‘Aidz: Qais bin Muslim menceritakan kepada kami, beliau berkata: Aku mendengar Thariq bin Syihab berkata: Abu Musa Al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengutusku ke negeri kaumku (yaitu Yaman). Suatu ketika, aku datang (ke Makkah) dalam keadaan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam singgah di Abthah. Beliau bertanya, “Apakah engkau hendak berhaji wahai ‘Abdullah bin Qais?” Aku menjawab: Ya, wahai Rasulullah. Beliau bertanya, “Apa yang engkau ucapkan?” Abu Musa mengatakan: Aku mengucapkan: Aku penuhi panggilan-Mu dengan memulai ihram sebagaimana engkau memulai ihram. Beliau bertanya, “Apakah engkau membawa hewan kurban haji?” Aku menjawab: Aku tidak membawa. Beliau bersabda, “Tawaflah di Kakbah, sailah antara Shafa dan Marwah, kemudian tahalullah!” Aku pun melakukannya sampai seorang wanita dari wanita Bani Qais menyisiri rambutku. Kami tetap melakukan hal tersebut sampai ‘Umar menjadi khalifah.