Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 4397

٤٣٩٧ – حَدَّثَنِي بَيَانٌ: حَدَّثَنَا النَّضۡرُ: أَخۡبَرَنَا شُعۡبَةُ، عَنۡ قَيۡسٍ قَالَ: سَمِعۡتُ طَارِقًا عَنۡ أَبِي مُوسَى الۡأَشۡعَرِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: قَدِمۡتُ عَلَى النَّبِيِّ ﷺ بِالۡبَطۡحَاءِ، فَقَالَ: (أَحَجَجۡتَ؟). قُلۡتُ: نَعَمۡ، قَالَ: (كَيۡفَ أَهۡلَلۡتَ؟). قُلۡتُ: لَبَّيۡكَ بِإِهۡلَالِ رَسُولِ اللهِ ﷺ، قَالَ: (طُفۡ بِالۡبَيۡتِ، وَبِالصَّفَا وَالۡمَرۡوَةِ، ثُمَّ حِلَّ). فَطُفۡتُ بِالۡبَيۡتِ وَبِالصَّفَا وَالۡمَرۡوَةِ، وَأَتَيۡتُ امۡرَأَةً مِنۡ قَيۡسٍ، فَفَلَتۡ رَأۡسِي. [طرفه في: ١٥٥٩].
4397. Bayan telah menceritakan kepadaku: An-Nadhr menceritakan kepada kami: Syu’bah mengabarkan kepada kami, dari Qais, beliau berkata: Aku mendengar Thariq dari Abu Musa Al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan: Aku tiba bertemu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di Bathha`. Beliau bertanya, “Apakah engkau akan haji?” Aku jawab: Ya. Beliau bertanya, “Bagaimana engkau memulai ihram?” Aku berkata: Aku penuhi panggilan-Mu dengan ihramnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda, “Tawaflah di Kakbah, sailah di Shafa dan Marwah, kemudian tahalullah!” Aku pun tawaf di Kakbah, sai di Shafa dan Marwah, lalu aku mendatangi seorang wanita dari Qais, kemudian dia mencari kutu di rambut kepalaku.