Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 4861

٦ – بَابٌ ﴿وَمَنَو‌ٰةَ ٱلثَّالِثَةَ ٱلْأُخْرَىٰٓ﴾ ۝٢٠
6. Bab “dan Manah yang ketiga, yang paling terkemudian (sebagai anak perempuan Allah)?” (QS. An-Najm: 20)

٤٨٦١ - حَدَّثَنَا الۡحُمَيۡدِيُّ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ: حَدَّثَنَا الزُّهۡرِيُّ: سَمِعۡتُ عُرۡوَةَ: قُلۡتُ لِعَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا، فَقَالَتۡ: إِنَّمَا كَانَ مَنۡ أَهَلَّ بِمَنَاةَ الطَّاغِيَةِ الَّتِي بِالۡمُشَلَّلِ لَا يَطُوفُونَ بَيۡنَ الصَّفَا وَالۡمَرۡوَةِ، فَأَنۡزَلَ اللهُ تَعَالَى: ﴿إِنَّ الصَّفَا وَالۡمَرۡوَةَ مِنۡ شَعَائِرِ اللهِ﴾ [البقرة: ١٥٨]. فَطَافَ رَسُولُ اللهِ ﷺ وَالۡمُسۡلِمُونَ.
قَالَ سُفۡيَانُ: مَنَاةُ بِالۡمُشَلَّلِ مِنۡ قُدَيۡدٍ. وَقَالَ عَبۡدُ الرَّحۡمٰنِ بۡنُ خَالِدٍ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ: قَالَ عُرۡوَةُ: قَالَتۡ عَائِشَةُ: نَزَلَتۡ فِي الۡأَنۡصَارِ، كَانُوا هُمۡ وَغَسَّانُ قَبۡلَ أَنۡ يُسۡلِمُوا يُهِلُّونَ لِمَنَاةَ، مِثۡلَهُ. وَقَالَ مَعۡمَرٌ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ، عَنۡ عُرۡوَةَ، عَنۡ عَائِشَةَ: كَانَ رِجَالٌ مِنَ الۡأَنۡصَارِ مِمَّنۡ كَانَ يُهِلُّ لِمَنَاةَ، وَمَنَاةُ صَنَمٌ بَيۡنَ مَكَّةَ وَالۡمَدِينَةِ، قَالُوا يَا نَبِيَّ اللهِ، كُنَّا لَا نَطُوفُ بَيۡنَ الصَّفَا وَالۡمَرۡوَةِ تَعۡظِيمًا لِمَنَاةَ، نَحۡوَهُ. [طرفه في: ١٦٤٣].
4861. Al-Humaidi telah menceritakan kepada kami: Sufyan menceritakan kepada kami: Az-Zuhri menceritakan kepada kami: Aku mendengar ‘Urwah: Aku berkata kepada ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan: Orang-orang yang dahulu berihram di dekat berhala Manah yang berada di Musyallal, mereka tidak mau sai di antara Shafa dan Marwah. Lalu Allah taala menurunkan ayat, “Sesungguhnya Shafa dan Marwah adalah sebagian dari syiar Allah.” (QS. Al-Baqarah: 158). Maka, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan kaum muslimin melakukan sai.
Sufyan berkata: Berhala Manah di Musyallal termasuk daerah Qudaid. ‘Abdurrahman bin Khalid berkata dari Ibnu Syihab: ‘Urwah berkata: ‘Aisyah mengatakan: Ayat ini turun mengenai kaum Ansar. Mereka dan kabilah Ghassan, sebelum masuk Islam, biasa berihram untuk berhala Manah, semisal hadis tersebut. Ma’mar berkata dari Az-Zuhri, dari ‘Urwah, dari ‘Aisyah: Dahulu sebagian orang-orang dari kaum Ansar yang berihram untuk berhala Manah. Manah adalah sebuah berhala di antara Makkah dan Madinah. Mereka berkata: Wahai Nabi Allah, kami dahulu tidak sai antara Shafa dan Marwah dalam rangka mengagungkan berhala Manah, semisal hadis tersebut.