Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 1285

٢٧٤ - (١٢٨٥) - وَحَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ يَحۡيَىٰ قَالَ: قَرَأۡتُ عَلَىٰ مَالِكٍ، عَنۡ مُحَمَّدِ بۡنِ أَبِي بَكۡرٍ الثَّقَفِيِّ، أَنَّهُ سَأَلَ أَنَسَ بۡنَ مَالِكٍ، وَهُمَا غَادِيَانِ مِنۡ مِنًى إِلَىٰ عَرَفَةَ: كَيۡفَ كُنۡتُمۡ تَصۡنَعُونَ فِي هٰذَا الۡيَوۡمِ مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ؟ فَقَالَ: كَانَ يُهِلُّ الۡمُهِلُّ مِنَّا، فَلَا يُنۡكَرُ عَلَيۡهِ، وَيُكَبِّرُ الۡمُكَبِّرُ مِنَّا، فَلَا يُنۡكَرُ عَلَيۡهِ.
274. (1285). Yahya bin Yahya telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Aku membaca di hadapan Malik, dari Muhammad bin Abu Bakr Ats-Tsaqafi, bahwa beliau bertanya kepada Anas bin Malik ketika keduanya berangkat di pagi hari dari Mina menuju Arafah: Bagaimana yang kalian dahulu lakukan pada hari ini bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam? Anas mengatakan: Ketika itu, di antara kami ada yang bertalbiah dan tidak ada yang mengingkarinya. Di antara kami ada pula yang bertakbir, juga tidak ada yang mengingkarinya.
٢٧٥ - (...) - وَحَدَّثَنِي سُرَيۡجُ بۡنُ يُونُسَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ رَجَاءٍ، عَنۡ مُوسَى بۡنِ عُقۡبَةَ: حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بۡنُ أَبِي بَكۡرٍ قَالَ: قُلۡتُ لِأَنَسِ بۡنِ مَالِكٍ، غَدَاةَ عَرَفَةَ: مَا تَقُولُ فِي التَّلۡبِيَةِ هٰذَا الۡيَوۡمَ؟ قَالَ: سِرۡتُ هٰذَا الۡمَسِيرَ مَعَ النَّبِيِّ ﷺ وَأَصۡحَابِهِ، فَمِنَّا الۡمُكَبِّرُ وَمِنَّا الۡمُهَلِّلُ، وَلَا يَعِيبُ أَحَدُنَا عَلَىٰ صَاحِبِهِ.
275. Suraih bin Yunus telah menceritakan kepadaku: ‘Abdullah bin Raja` menceritakan kepada kami, dari Musa bin ‘Uqbah: Muhammad bin Abu Bakr menceritakan kepadaku, beliau berkata: Aku bertanya kepada Anas bin Malik pada pagi hari Arafah: Apa pendapatmu tentang talbiah pada hari ini? Anas mengatakan: Aku dahulu pernah menempuh perjalanan ini bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabat beliau. Di antara kami ada yang bertakbir dan ada pula yang bertalbiah, namun tidak ada seorang pun di antara kami yang mencela sahabatnya.