Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 3349

٩ - بَابُ قَوۡلِ اللهِ تَعَالَى: ﴿وَاتَّخَذَ اللهُ إِبۡرَاهِيمَ خَلِيلًا﴾ [النساء: ١٢٥]
9. Bab firman Allah taala, “Dan Allah menjadikan Ibrahim sebagai kesayangan-Nya.” (QS. An-Nisa`: 125)

وَقَوۡلِهِ: ﴿إِنَّ إِبۡرَاهِيمَ كَانَ أُمَّةً قَانِتًا﴾ [النحل: ١٢٠]. وَقَوۡلِهِ: ﴿إِنَّ إِبۡرَاهِيمَ لَأَوَّاهٌ حَلِيمٌ﴾ [التوبة: ١١٤]. وَقَالَ أَبُو مَيۡسَرَةَ: الرَّحِيمُ بِلِسَانِ الۡحَبَشَةِ.
Dan firman-Nya, “Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang imam yang dapat dijadikan teladan lagi patuh.” (QS. An-Nahl: 120). Dan firman-Nya, “Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang yang sangat lembut hatinya lagi penyantun.” (QS. At-Taubah: 114). Abu Maisarah berkata: (Awwah) artinya Ar-Rahim menurut bahasa Habasyah (Ethiopia).
٣٣٤٩ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ كَثِيرٍ: أَخۡبَرَنَا سُفۡيَانُ: حَدَّثَنَا الۡمُغِيرَةُ بۡنُ النُّعۡمَانِ قَالَ: حَدَّثَنِي سَعِيدُ بۡنُ جُبَيۡرٍ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: (إِنَّكُمۡ مَحۡشُورُونَ حُفَاةً عُرَاةً غُرۡلًا. ثُمَّ قَرَأَ: ﴿كَمَا بَدَأۡنَا أَوَّلَ خَلۡقٍ نُعِيدُهُ وَعۡدًا عَلَيۡنَا إِنَّا كُنَّا فَاعِلِينَ﴾ [الأنبياء: ١٠٤]. وَأَوَّلُ مَنۡ يُكۡسَى يَوۡمَ الۡقِيَامَةِ إِبۡرَاهِيمُ، وَإِنَّ أُنَاسًا مِنۡ أَصۡحَابِي يُؤۡخَذُ بِهِمۡ ذَاتَ الشِّمَالِ، فَأَقُولُ: أَصۡحَابِي أَصۡحَابِي، فَيَقالُ: إِنَّهُمۡ لَمۡ يَزَالُوا مُرۡتَدِّينَ عَلَى أَعۡقَابِهِمۡ مُنۡذُ فَارَقۡتَهُمۡ، فَأَقُولُ كَمَا قَالَ الۡعَبۡدُ الصَّالِحُ: ﴿وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيدًا مَا دُمۡتُ فِيهِمۡ﴾ إِلَى قَوۡلِهِ: ﴿الۡحَكِيمُ﴾ [المائدة: ١١٧ – ١١٨].
[الحديث ٣٣٤٩ – أطرافه في: ٣٤٤٧، ٤٦٢٥، ٤٦٢٦، ٤٧٤٠، ٦٥٢٤، ٦٥٢٥، ٦٥٢٦].
3349. Muhammad bin Katsir telah menceritakan kepada kami: Sufyan mengabarkan kepada kami: Al-Mughirah ibnun Nu’man menceritakan kepada kami, beliau berkata: Sa’id bin Jubair menceritakan kepadaku, dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Sesungguhnya kalian akan dikumpulkan dalam keadaan tidak beralas kaki, tidak berbusana, dan tidak berkhitan. Kemudian beliau membaca: Sebagaimana Kami telah memulai penciptaan pertama, begitulah Kami akan mengulanginya. Itulah suatu janji yang pasti Kami tepati; sesungguhnya Kamilah yang akan melaksanakannya. (QS. Al-Anbiya`: 104). Orang yang pertama kali dikenakan pakaian pada hari kiamat adalah Nabi Ibrahim. Dan sungguh ada orang-orang (yang dahulunya) dari kalangan sahabatku digiring ke arah kiri. Lalu aku berkata: Para sahabatku, para sahabatku. Lalu dikatakan: Sesungguhnya mereka terus-menerus dalam keadaan murtad kembali kafir semenjak engkau berpisah dengan mereka. Lalu aku pun mengucapkan sebagaimana ucapan seorang hamba yang saleh, “Dan adalah aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di antara mereka,” hingga firman-Nya, “Maha Bijaksana.” (QS. Al-Maidah: 117-118).