Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 5076

٥٠٧٦ - وَقَالَ أَصۡبَغُ: أَخۡبَرَنِي ابۡنُ وَهۡبٍ، عَنۡ يُونُسَ بۡنِ يَزِيدَ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ أَبِي سَلَمَةَ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: قُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، إِنِّي رَجُلٌ شَابٌّ، وَأَنَا أَخَافُ عَلَى نَفۡسِي الۡعَنَتَ، وَلَا أَجِدُ مَا أَتَزَوَّجُ بِهِ النِّسَاءَ، فَسَكَتَ عَنِّي، ثُمَّ قُلۡتُ مِثۡلَ ذٰلِكَ، فَسَكَتَ عَنِّي، ثُمَّ قُلۡتُ مِثۡلَ ذٰلِكَ، فَسَكَتَ عَنِّي، ثُمَّ قُلۡتُ مِثۡلَ ذٰلِكَ، فَقَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (يَا أَبَا هُرَيۡرَةَ، جَفَّ الۡقَلَمُ بِمَا أَنۡتَ لَاقٍ، فَاخۡتَصِ عَلَى ذٰلِكَ أَوۡ ذَرۡ).
5076. Ashbagh berkata: Ibnu Wahb mengabarkan kepadaku dari Yunus bin Yazid, dari Ibnu Syihab, dari Abu Salamah, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan: Aku berkata: Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku ini seorang pemuda dan aku takut terjatuh ke dalam zina namun aku tidak mempunyai apa-apa untuk menikahi wanita. Beliau diam. Kemudian aku mengatakan semisal itu, namun beliau tetap diam. Kemudian aku mengatakan semisal itu lagi, namun beliau masih diam. Kemudian aku mengatakan semisal itu, lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wahai Abu Hurairah, pena takdir telah kering menuliskan sesuatu yang engkau jumpai. Silakan engkau berkebiri atau tidak.”