Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 1350

٤٣٨ - (١٣٥٠) - حَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ يَحۡيَىٰ وَزُهَيۡرُ بۡنُ حَرۡبٍ - قَالَ يَحۡيَىٰ: أَخۡبَرَنَا، وقَالَ زُهَيۡرٌ: حَدَّثَنَا جَرِيرٌ - عَنۡ مَنۡصُورٍ، عَنۡ أَبِي حَازِمٍ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (مَنۡ أَتَىٰ هٰذَا الۡبَيۡتَ فَلَمۡ يَرۡفُثۡ وَلَمۡ يَفۡسُقۡ، رَجَعَ كَمَا وَلَدَتۡهُ أُمُّهُ).
438. (1350). Yahya bin Yahya dan Zuhair bin Harb telah menceritakan kepada kami. Yahya berkata: Telah mengabarkan kepada kami. Zuhair berkata: Jarir menceritakan kepada kami. Dari Manshur, dari Abu Hazim, dari Abu Hurairah, beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa saja yang datang ke Kakbah ini dan ia tidak berkata atau berbuat kotor dan tidak berbuat fasik, maka ia kembali sebagaimana ketika ibunya melahirkannya.”
(...) - وَحَدَّثَنَاهُ سَعِيدُ بۡنُ مَنۡصُورٍ، عَنۡ أَبِي عَوَانَةَ وَأَبِي الۡأَحۡوَصِ. (ح) وَحَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ: حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنۡ مِسۡعَرٍ وَسُفۡيَانَ. (ح) وَحَدَّثَنَا ابۡنُ الۡمُثَنَّى: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ جَعۡفَرٍ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ. كُلُّ هٰؤُلَاءِ عَنۡ مَنۡصُورٍ، بِهٰذَا الۡإِسۡنَادِ. وَفِي حَدِيثِهِمۡ جَمِيعًا: (مَنۡ حَجَّ فَلَمۡ يَرۡفُثۡ وَلَمۡ يَفۡسُقۡ).
Sa’id bin Manshur telah menceritakannya kepada kami dari Abu ‘Awanah dan Abu Al-Ahwash. (Dalam riwayat lain) Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami: Waki’ menceritakan kepada kami, dari Mis’ar dan Sufyan. (Dalam riwayat lain) Ibnu Al-Mutsanna telah menceritakan kepada kami: Muhammad bin Ja’far menceritakan kepada kami: Syu’bah menceritakan kepada kami. Setiap mereka ini dari Manshur melalui sanad ini. Dalam semua hadis mereka, “Siapa saja mengerjakan haji dan ia tidak berkata atau berbuat kotor dan tidak berbuat fasik.” 
(...) - حَدَّثَنَا سَعِيدُ بۡنُ مَنۡصُورٍ: حَدَّثَنَا هُشَيۡمٌ، عَنۡ سَيَّارٍ، عَنۡ أَبِي حَازِمٍ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ، مِثۡلَهُ.
Sa’id bin Manshur telah menceritakan kepada kami: Husyaim menceritakan kepada kami, dari Sayyar, dari Abu Hazim, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam semisal hadis tersebut.