Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 2864

٦٢ – (٢٨٦٤) - حَدَّثَنَا الۡحَكَمُ بۡنُ مُوسَىٰ، أَبُو صَالِحٍ: حَدَّثَنَا يَحۡيَىٰ بۡنُ حَمۡزَةَ، عَنۡ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ بۡنِ جَابِرٍ: حَدَّثَنِي سُلَيۡمُ بۡنُ عَامِرٍ: حَدَّثَنِي الۡمِقۡدَادُ بۡنُ الۡأَسۡوَدِ قَالَ: سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَقُولُ: (تُدۡنَى الشَّمۡسُ، يَوۡمَ الۡقِيَامَةِ مِنَ الۡخَلۡقِ، حَتَّىٰ تَكُونَ مِنۡهُمۡ كَمِقۡدَارِ مِيلٍ).
قَالَ سُلَيۡمُ بۡنُ عَامِرٍ: فَوَاللّٰهِ مَا أَدۡرِي مَا يَعۡنِي بِالۡمِيلِ؟ أَمَسَافَةَ الۡأَرۡضِ، أَمۡ الۡمِيلَ الَّذِي تُكۡتَحَلُ بِهِ الۡعَيۡنُ.
قَالَ: (فَيَكُونُ النَّاسُ عَلَىٰ قَدۡرِ أَعۡمَالِهِمۡ فِي الۡعَرَقِ، فَمِنۡهُمۡ مَنۡ يَكُونُ إِلَىٰ كَعۡبَيۡهِ، وَمِنۡهُمۡ مَنۡ يَكُونُ إِلَىٰ رُكۡبَتَيۡهِ. وَمِنۡهُمۡ مَنۡ يَكُونُ إِلَىٰ حَقۡوَيۡهِ. وَمِنۡهُمۡ مَنۡ يُلۡجِمُهُ الۡعَرَقُ إِلۡجَامًا).
قَالَ: وَأَشَارَ رَسُولُ اللهِ ﷺ بِيَدِهِ إِلَىٰ فِيهِ.
62. (2864). Al-Hakam bin Musa, yaitu Abu Shalih, telah menceritakan kepada kami: Yahya bin Hamzah menceritakan kepada kami, dari ‘Abdurrahman bin Jabir: Sulaim bin ‘Amir menceritakan kepadaku: Al-Miqdad ibnul Aswad menceritakan kepadaku, beliau berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Matahari didekatkan pada hari kiamat kepada para makhluk sampai jarak dengan mereka adalah satu mil.”
Sulaim bin ‘Amir berkata: Demi Allah, aku tidak tahu apa yang beliau maksud dengan satu mil. Apakah satuan jarak di bumi atau mil yang digunakan untuk mencelak mata.
Beliau bersabda, “Sehingga, keringat orang-orang sesuai dengan kadar amalan mereka. Di antara mereka ada yang keringatnya hingga kedua mata kakinya. Di antara mereka ada yang keringatnya hingga kedua lututnya. Di antara mereka ada yang keringatnya hingga kedua pinggangnya. Dan di antara mereka sampai-sampai ada yang keringatnya hingga mulutnya.
Beliau berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sembari memberi isyarat dengan tangannya ke mulut beliau.