Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 5122 dan 5123

٣٤ - بَابُ عَرۡضِ الۡإِنۡسَانِ ابۡنَتَهُ أَوۡ أُخۡتَهُ عَلَى أَهۡلِ الۡخَيۡرِ
34. Bab seseorang menawarkan putri atau saudarinya kepada orang yang baik

٥١٢٢ - حَدَّثَنَا عَبۡدُ الۡعَزِيزِ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ: حَدَّثَنَا إِبۡرَاهِيمُ بۡنُ سَعۡدٍ، عَنۡ صَالِحِ بۡنِ كَيۡسَانَ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ قَالَ: أَخۡبَرَنِي سَالِمُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ: أَنَّهُ سَمِعَ عَبۡدَ اللهِ بۡنَ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا يُحَدِّثُ: أَنَّ عُمَرَ بۡنَ الۡخَطَّابِ، حِينَ تَأَيَّمَتۡ حَفۡصَةُ بِنۡتُ عُمَرَ مِنۡ خُنَيۡسِ بۡنِ حُذَافَةَ السَّهۡمِيِّ، وَكَانَ مِنۡ أَصۡحَابِ رَسُولِ اللهِ ﷺ، فَتُوُفِّيَ بِالۡمَدِينَةِ، فَقَالَ عُمَرُ بۡنُ الۡخَطَّابِ: أَتَيۡتُ عُثۡمَانَ بۡنَ عَفَّانَ، فَعَرَضۡتُ عَلَيۡهِ حَفۡصَةَ، فَقَالَ: سَأَنۡظُرُ فِي أَمۡرِي، فَلَبِثۡتُ لَيَالِيَ ثُمَّ لَقِيَنِي فَقَالَ: قَدۡ بَدَا لِي أَنۡ لَا أَتَزَوَّجَ يَوۡمِي هٰذَا. قَالَ عُمَرُ: فَلَقِيتُ أَبَا بَكۡرٍ الصِّدِّيقَ، فَقُلۡتُ: إِنۡ شِئۡتَ زَوَّجۡتُكَ حَفۡصَةَ بِنۡتَ عُمَرَ، فَصَمَتَ أَبُو بَكۡرٍ فَلَمۡ يَرۡجِعۡ إِلَيَّ شَيۡئًا، وَكُنۡتُ أَوۡجَدَ عَلَيۡهِ مِنِّي عَلَى عُثۡمَانَ، فَلَبِثۡتُ لَيَالِي ثُمَّ خَطَبَهَا رَسُولُ اللهِ ﷺ فَأَنۡكَحۡتُهَا إِيَّاهُ، فَلَقِيَنِي أَبُو بَكۡرٍ فَقَالَ: لَعَلَّكَ وَجَدۡتَ عَلَيَّ حِينَ عَرَضۡتَ عَلَيَّ حَفۡصَةَ فَلَمۡ أَرۡجِعۡ إِلَيۡكَ شَيۡئًا؟ قَالَ عُمَرُ: قُلۡتُ: نَعَمۡ، قَالَ أَبُو بَكۡرٍ: فَإِنَّهُ لَمۡ يَمۡنَعۡنِي أَنۡ أَرۡجِعَ إِلَيۡكَ فِيمَا عَرَضۡتَ عَلَيَّ، إِلَّا أَنِّي كُنۡتُ عَلِمۡتُ أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَدۡ ذَكَرَهَا، فَلَمۡ أَكُنۡ لِأُفۡشِيَ سِرَّ رَسُولِ اللهِ ﷺ، وَلَوۡ تَرَكَهَا رَسُولُ اللهِ ﷺ قَبِلۡتُهَا. [طرفه في: ٤٠٠٥].
5122. ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah telah menceritakan kepada kami: Ibrahim bin Sa’d menceritakan kepada kami, dari Shalih bin Kaisan, dari Ibnu Syihab, beliau berkata: Salim bin ‘Abdullah mengabarkan kepadaku: Bahwa beliau mendengar ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma menceritakan: Bahwa ‘Umar bin Al-Khaththab ketika Hafshah binti ‘Umar menjanda dari Khunais bin Hudzafah As-Sahmi, beliau termasuk sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu wafat di Madinah, maka ‘Umar bin Al-Khaththab mengatakan: Aku mendatangi ‘Utsman bin ‘Affan, lalu aku menawarkan Hafshah kepadanya. ‘Utsman berkata: Aku akan pertimbangkan urusanku. Aku pun menunggu beberapa malam, lalu ‘Utsman menemuiku seraya mengatakan: Tampaknya aku tidak akan menikah dulu dalam waktu dekat ini. ‘Umar berkata: Aku menemui Abu Bakr Ash-Shiddiq, lalu aku katakan: Jika engkau mau, aku akan nikahkan engkau dengan Hafshah binti ‘Umar. Namun Abu Bakr diam dan tidak menanggapiku sedikit pun. Aku kesal kepada Abu Bakr melebihi kekesalanku terhadap ‘Utsman. Aku menunggu beberapa malam. Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melamar Hafshah, lalu aku nikahkan Hafshah dengan beliau. Abu Bakr menemuiku lalu mengatakan: Barangkali engkau kesal kepadaku ketika engkau menawarkan Hafshah kepadaku namun aku tidak menanggapimu sedikit pun. ‘Umar mengatakan: Aku berkata: Iya. Abu Bakr mengatakan: Hal itu karena tidak ada yang menghalangiku untuk menjawab tawaranmu kepadaku kecuali karena aku sudah mengetahui bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut tentang Hafshah, sehingga aku tidak mau menyebarkan rahasia Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Seandainya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak menikahi Hafshah, tentu aku akan menerima Hafshah.
٥١٢٣ - حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ: حَدَّثَنَا اللَّيۡثُ، عَنۡ يَزِيدَ بۡنِ أَبِي حَبِيبٍ، عَنۡ عِرَاكِ بۡنِ مَالِكٍ: أَنَّ زَيۡنَبَ ابۡنَةَ أَبِي سَلَمَةَ أَخۡبَرَتۡهُ: أَنَّ أُمَّ حَبِيبَةَ قَالَتۡ لِرَسُولِ اللهِ ﷺ: إِنَّا قَدۡ تَحَدَّثۡنَا أَنَّكَ نَاكِحٌ دُرَّةَ بِنۡتَ أَبِي سَلَمَةَ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (أَعَلَى أُمِّ سَلَمَةَ؟ لَوۡ لَمۡ أَنۡكِحۡ أُمَّ سَلَمَةَ مَا حَلَّتۡ لِي، إِنَّ أَبَاهَا أَخِي مِنَ الرَّضَاعَةِ). [طرفه في: ٥١٠١].
5123. Qutaibah telah menceritakan kepada kami: Al-Laits menceritakan kepada kami, dari Yazid bin Abu Habib, dari ‘Irak bin Malik: Bahwa Zainab putri Abu Salamah mengabarkan kepadanya: Bahwa Ummu Habibah berkata kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: Sesungguhnya kami membincangkan bahwa engkau hendak menikahi Durrah binti Abu Salamah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apakah aku akan menikahinya sedangkan aku sudah menikahi Ummu Salamah? Walaupun aku tidak menikahi Ummu Salamah, Durrah tetap tidak halal untukku, karena ayah Durrah adalah saudara susuanku.”