Cari Blog Ini

Sunan An-Nasa`i hadits nomor 2188 dan 2189

٣٧ - صِيَامُ يَوۡمِ الشَّكِّ
37. Puasa hari syak

٢١٨٨ – (صحيح) أَخۡبَرَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ سَعِيدٍ الۡأَشَجُّ عَنۡ أَبِي خَالِدٍ عَنۡ عَمۡرِو بۡنِ قَيۡسٍ عَنۡ أَبِي إِسۡحَاقَ عَنۡ صِلَةَ، قَالَ: كُنَّا عِنۡدَ عَمَّارٍ فَأُتِيَ بِشَاةٍ مَصۡلِيَّةٍ، فَقَالَ: كُلُوا، فَتَنَحَّى بَعۡضُ الۡقَوۡمِ، قَالَ: إِنِّي صَائِمٌ، فَقَالَ عَمَّارٌ: مَنۡ صَامَ الۡيَوۡمَ الَّذِي يُشَكُّ فِيهِ؛ فَقَدۡ عَصَى أَبَا الۡقَاسِمِ ﷺ. [(ابن ماجه)(١٦٤٥)].
2188. ‘Abdullah bin Sa’id Al-Asyajj telah mengabarkan kepada kami dari Abu Khalid, dari ‘Amr bin Qais, dari Abu Ishaq, dari Shilah, beliau mengatakan: Kami pernah berada di dekat ‘Ammar lalu didatangkanlah seekor kambing panggang. ‘Ammar berkata: Makanlah kalian. Lalu ada seseorang menyingkir seraya berkata: Sesungguhnya aku berpuasa. ‘Ammar berkata: Siapa saja yang berpuasa pada hari yang diragukan, maka dia telah durhaka terhadap Abu Al-Qasim (Rasulullah) shallallahu ‘alaihi wa sallam.
٢١٨٩ – (صحيح) أَخۡبَرَنَا قُتَيۡبَةُ قَالَ: حَدَّثَنَا ابۡنُ أَبِي عَدِيٍّ عَنۡ أَبِي يُونُسَ عَنۡ سِمَاكٍ، قَالَ: دَخَلۡتُ عَلَى عِكۡرِمَةَ فِي يَوۡمٍ قَدۡ أُشۡكِلَ؛ مِنۡ رَمَضَانَ هُوَ أَمۡ مِنۡ شَعۡبَانَ؟! وَهُوَ يَأۡكُلُ خُبۡزًا وَبَقۡلًا وَلَبَنًا؛ فَقَالَ لِي: هَلُمَّ، فَقُلۡتُ: إِنِّي صَائِمٌ، قَالَ: وَحَلَفَ بِاللهِ لَتُفۡطِرَنَّ، قُلۡتُ: سُبۡحَانَ اللهِ! –مَرَّتَيۡنِ-، فَلَمَّا رَأَيۡتُهُ يَحۡلِفُ لَا يَسۡتَثۡنِي تَقَدَّمۡتُ، قُلۡتُ: هَاتِ الۡآنَ مَا عِنۡدَكَ، قَالَ: سَمِعۡتُ ابۡنَ عَبَّاسٍ يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (صُومُوا لِرُؤۡيَتِهِ، وَأَفۡطِرُوا لِرُؤۡيَتِهِ؛ فَإِنۡ حَالَ بَيۡنَكُمۡ وَبَيۡنَهُ سَحَابَةٌ أَوۡ ظُلۡمَةٌ؛ فَأَكۡمِلُوا الۡعِدَّةَ؛ عِدَّةَ شَعۡبَانَ، وَلَا تَسۡتَقۡبِلُوا الشَّهۡرَ اسۡتِقۡبَالًا، وَلَا تَصِلُوا رَمَضَانَ بِيَوۡمٍ مِنۡ شَعۡبَانَ). [(الصحيحة)(١٩١٧)].
2189. Qutaibah telah mengabarkan kepada kami, beliau berkata: Ibnu Abu ‘Adi menceritakan kepada kami dari Abu Yunus, dari Simak, beliau berkata: Aku masuk menemui ‘Ikrimah pada hari yang muskil, apakah termasuk Ramadan ataukah Syakban. Beliau sedang menyantap roti, kacang-kacangan, dan susu. Beliau berkata kepadaku: Mari. Aku menjawab: Sesungguhnya aku berpuasa. Beliau berkata sembari bersumpah dengan Allah: Berbukalah! Aku berkata: Subhanallah! –dua kali-. Ketika aku melihat beliau bersumpah agar aku berbuka dari puasa jenis apa saja, maka aku pun maju menuju hidangan itu. Aku berkata: Sekarang berikan makanan yang ada di dekatmu. ‘Ikrimah berkata: Aku mendengar Ibnu ‘Abbas mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Berpuasalah kalian karena melihat hilal (Ramadan) dan berhentilah puasa karena melihat hilal (Syawal). Jika ada awan atau kegelapan yang menghalangi pandangan kalian dengan hilal, maka sempurnakanlah hitungan. Yaitu hitungan bulan Syakban. Dan janganlah kalian sekali-kali berpuasa mendahului bulan Ramadan dan janganlah kalian sambung Ramadan dengan satu hari di bulan Syakban.”