Cari Blog Ini

Sunan An-Nasa`i hadits nomor 2311 dan 2312

٢٣١١ – (صحيح) أَخۡبَرَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ عَلِيٍّ قَالَ: حَدَّثَنَا الۡقَوَارِيرِيُّ قَالَ: حَدَّثَنَا بِشۡرُ بۡنُ مَنۡصُورٍ عَنۡ عَاصِمٍ الۡأَحۡوَلِ عَنۡ أَبِي نَضۡرَةَ عَنۡ جَابِرٍ، قَالَ: سَافَرۡنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ؛ فَصَامَ بَعۡضُنَا، وَأَفۡطَرَ بَعۡضُنَا. [م(٣/١٤٣)].
2311. Abu Bakr bin ‘Ali telah mengabarkan kepada kami, beliau berkata: Al-Qawariri menceritakan kepada kami, beliau berkata: Bisyr bin Manshur menceritakan kepada kami dari ‘Ashim Al-Ahwal, dari Abu Nadhrah, dari Jabir, beliau mengatakan: Kami pernah melakukan safar bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sebagian kami berpuasa dan sebagian yang lain tidak berpuasa.
٢٣١٢ – (صحيح) أَخۡبَرَنِي أَيُّوبُ بۡنُ مُحَمَّدٍ قَالَ: حَدَّثَنَا مَرۡوَانُ قَالَ: حَدَّثَنَا عَاصِمٌ عَنۡ أَبِي نَضۡرَةَ الۡمُنۡذِرِ عَنۡ أَبِي سَعِيدٍ، وَجَابِرِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ؛ أَنَّهُمَا سَافَرَا مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ؛ فَيَصُومُ الصَّائِمُ، وَيُفۡطِرُ الۡمُفۡطِرُ، وَلَا يَعِيبُ الصَّائِمُ عَلَى الۡمُفۡطِرِ وَلَا الۡمُفۡطِرُ عَلَى الصَّائِمِ. [م].
2312. Ayyub bin Muhammad telah mengabarkan kepadaku, beliau berkata: Marwan menceritakan kepada kami, beliau berkata: ‘Ashim menceritakan kepada kami dari Abu Nadhrah Al-Mundzir, dari Abu Sa’id dan Jabir bin ‘Abdullah; Bahwa keduanya melakukan safar bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ada yang berpuasa dan ada yang tidak. Orang yang berpuasa tidak menghina orang yang tidak berpuasa, demikian pula orang yang tidak berpuasa tidak menghina orang yang berpuasa.