Cari Blog Ini

Sunan Ibnu Majah hadits nomor 2918 dan 2919

١٥ - بَابُ التَّلۡبِيَةِ
15. Bab talbiah

٢٩١٨ – (صحيح) حَدَّثَنَا عَلِيُّ بۡنُ مُحَمَّدٍ قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ وَأَبُو أُسَامَةَ، وَعَبۡدُ اللهِ بۡنُ نُمَيۡرٍ، عَنۡ عُبَيۡدِ اللهِ بۡنِ عُمَرَ، عَنۡ نَافِعٍ، عَنِ ابۡنِ عُمَرَ؛ قَالَ: تَلَقَّفۡتُ التَّلۡبِيَةَ مِنۡ رَسُولِ اللهِ ﷺ وَهُوَ يَقُولُ: (لَبَّيۡكَ اللَّهُمَّ لَبَّيۡكَ! لَبَّيۡكَ! لَا شَرِيكَ لَكَ لَبَّيۡكَ! إِنَّ الۡحَمۡدَ وَالنِّعۡمَةَ لَكَ وَالۡمُلۡكَ، لَا شَرِيكَ لَكَ)، قَالَ: وَكَانَ ابۡنُ عُمَرَ يَزِيدُ فِيهَا: لَبَّيۡكَ! لَبَّيۡكَ! لَبَّيۡكَ! وَسَعۡدَيۡكَ! وَالۡخَيۡرُ فِي يَدَيۡكَ لَبَّيۡكَ! وَالرَّغۡبَاءُ إِلَيۡكَ وَالۡعَمَلُ. [(الروض النضير)(٥٤٠)، (صحيح أبي داود)(١٥٩): ق].
2918. ‘Ali bin Muhammad telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Abu Mu’awiyah, Abu Usamah, dan ‘Abdullah bin Numair menceritakan kepada kami dari ‘Ubaidullah bin ‘Umar, dari Nafi’, dari Ibnu ‘Umar; Beliau mengatakan: Aku menghafal bacaan talbiah dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau mengatakan, “Aku penuhi panggilan-Mu ya Allah. Aku penuhi panggilan-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu. Aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala pujian, nikmat, dan kerajaan adalah milik-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu.” Nafi’ berkata: Ibnu ‘Umar menambahkan padanya, “Aku penuhi panggilan-Mu. Aku penuhi panggilan-Mu. Aku penuhi panggilan-Mu dengan senang hati. Seluruh kebaikan di kedua tangan-Mu. Aku penuhi panggilan-Mu. Segala harapan dan amalan kepada-Mu.”
٢٩١٩ – (صحيح) حَدَّثَنَا زَيۡدُ بۡنُ أَخۡزَمَ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُؤَمَّلُ بۡنُ إِسۡمَاعِيلَ، قَالَ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ، عَنۡ جَعۡفَرِ بۡنِ مُحَمَّدٍ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ جَابِرٍ؛ قَالَ: كَانَتۡ تَلۡبِيَةُ رَسُولِ اللهِ ﷺ: (لَبَّيۡكَ! اللَّهُمَّ لَبَّيۡكَ! لَبَّيۡكَ! لَا شَرِيكَ لَكَ لَبَّيۡكَ! إِنَّ الۡحَمۡدَ وَالنِّعۡمَةَ لَكَ وَالۡمُلۡكَ، لَا شَرِيكَ لَكَ). [(حجَّة النبي ﷺ)، (صحيح أبي داود)(١٥٩١): م].
2919. Zaid bin Akhzam telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Muammal bin Isma’il menceritakan kepada kami, beliau berkata: Sufyan menceritakan kepada kami dari Ja’far bin Muhammad, dari ayahnya, dari Jabir; Beliau mengatakan: Bacaan talbiah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah, “Aku penuhi panggilan-Mu ya Allah. Aku penuhi panggilan-Mu. Aku penuhi panggilan-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu. Aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala pujian, nikmat, dan kerajaan adalah milik-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu.”