Cari Blog Ini

Utbah bin Ghazwan radhiyallahu ‘anhu

Orang Ketujuh


Mungkin banyak di antara kaum muslimin yang masih asing dengan nama beliau. Padahal beliau adalah seorang yang masyhur di zamannya, dipercaya oleh kaum muslimin dan memiliki berbagai kelebihan yang tidak dimiliki oleh selain beliau. Beliau adalah shahabat yang bernama Utbah bin Ghazwan radhiyallahu ‘anhu. Nama lengkapnya adalah Utbah bin Ghazwan bin Jabir bin Wuhaib bin Nusaib bin Zaid bin Malik bin Al Harits bin Auf bin Al Harits bin Maazun bin Manshur bin Ikrimah Al Maazini. Berkuniah Abu Abdillah, sebagian berpendapat bahwa kuniah beliau adalah Abu Ghazwan. Beliau dan kabilah beliau adalah sekutu dari Bani Naufal bin Abdil Manaf bin Qusay atau Bani Abdis Syamsy yang termasuk dalam suku Quraisy. Beliau berperawakan tinggi lagi tampan.

Beliau termasuk As Sabiqunal Awwalun, sebab beliau adalah orang ketujuh yang masuk Islam. Hal ini sebagaimana yang beliau katakan sendiri saat berkhutbah di Negeri Bashrah saat beliau menjabat kepemimpinan di sana. Ini adalah sebuah keutamaan. Beliau juga memiliki mawali (bekas budak) yang masuk Islam sebagaimana beliau. Di antara bekas budak beliau yang masuk Islam adalah Khabbab bin Al Arath. Beliau juga memiliki keutamaan lainnya seperti mengalami hijrah dua kali. Hijrah ke Negeri Habasyah kemudian hijrah ke Yatsrib/Madinah. Saat berhijrah ke Habasyah beliau berumur 40 tahun. Lalu beliau pun pulang ke Makkah kemudian berhijrah kedua kalinya ke Madinah. Beliau pergi berhijrah bersama dengan Miqdad bin Amr. Namun dalam hijrah tersebut, mereka berdua berangkat bersama dengan serombongan pasukan musyrikin yang dipimpin oleh Ikrimah bin Abi Jahal yang ketika itu masih musyrik. Dalam perjalanan tersebut pasukan Ikrimah ini bertemu dengan rombongan pasukan kaum muslimin yang terdapat dalam pasukan kecil tersebut Ubaidah bin Al Harits. Sehingga bergabunglah Utbah bin Ghazwan dan Miqdad dengan kaum muslimin, memisahkan diri dari kaum musyrikin.

Beliau adalah seorang Muhajirin yang dipersaudarakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan Abu Dujanah radhiyallahu ‘anhu, kesatria pemberani dari kaum Anshar. Dalam kehidupan keislaman beliau, senantiasa terisi dengan jihad menyertai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau termasuk shahabat yang ikut menyaksikan perang Badar, Uhud, Khandaq, dan seluruh peperangan bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Tak satu perangpun yang ditinggalkan oleh beliau. Seorang petempur yang membidangi keahlian di bidang panah dan tombak. Beliau juga ikut berperang dalam perang Yamamah saat khalifah Abu Bakar As Siddiq radhiyallahu ‘anhu untuk memerangi sang nabi palsu, Musailamah Al Kadzdzab. Umar bin Al Khaththab radhiyallahu ‘anhu pun pernah berkata memuji beliau, “inna li Utbah bin Ghazwan minal Islam makaanan” sungguh Utbah bin Ghazwan memiliki kedudukan dalam agama Islam.

Saat kekhalifahan Umar bin Al Khattab, beliau diutus oleh khalifah untuk memimpin pertempuran ke Negeri Ubullah. Penaklukan Negeri Ubullah menduduki peran yang penting, hal ini disebabkan karena wilayah kaum muslimin rentan dengan serangan-serangan pasukan Persia melewati daerah tersebut. Sehingga apabila daerah tersebut dapat dikuasai kaum muslimin, diharapkan serangan pasukan Persia pun dapat diminimalisasikan.

Beliaulah shahabat pertama yang menjejakkan kaki pertama kali di Negeri Bashrah dan melakukan ekspansi demi menyebarkan dakwah Islam di Bashrah dan sekitarnya. Beliau diutus ke daerah Ubullah yang merupakan bagian kerajaan Persia. Khalifah Umarpun meminta Al Ala’ bin Al Hadrami untuk membantu beliau dengan mengutus Arfajah bin Hurtsumah untuk menaklukkan daerah Ubullah. Setelah daerah ini takluk ke tangan kaum muslimin, beliau pun mengubah namanya menjadi Bashrah. Dinamakan Bashrah karena di daerah tersebut banyak terdapat bebatuan berwarna hitam. Di tangan beliau pulalah pembukaan negeri-negeri seputar Bashrah, biidznillah. Sangat banyak kisah menarik tentang beliau beserta pasukan beliau dalam penaklukan negeri ini. Jadilah beliau menjadi pemimpin dan wali di daerah Bashrah.

Beliau pulalah yang memerintahkan Mihjan bin Al Adzra’ untuk membangun masjid besar di Bashrah dan membangunnya dengan kayu ketika itu, dengan tujuan menjadikannya sebagai pusat pemerintahan. Bersamaan dengan itu beliau tak pernah membangun sebuah rumah pun di sana. Hanya kemah tempat berteduh dirinya dan keluarganya. Demikianlah sikap zuhud senantiasa menghiasi kehidupan beliau dan keluarga beliau meskipun waktu itu beliau menjabat sebagai pemimpin.

Saat menjadi gubernur di daerah Bashrah beliau banyak menanamkan sikap zuhud dan wara’ kepada penduduk Bashrah. Hal ini dikarenakan banyaknya pembukaan kota-kota di sekitar Bashrah, sehingga kaum muslimin mendapatkan perbendaharaan harta ghanimah yang banyak. Kehidupan mereka makmur sehingga kehidupan tersebut akan melalaikan mereka dari akhirat dan menjadikan mereka lebih condong dengan dunia. Bahkan beliau pernah mengatakan, “Demi Allah sungguh aku melihat bahwa diriku adalah orang ketujuh yang masuk Islam, saat itu tidak ada yang kami makan kecuali dedaunan, sehingga menjadikan mulut-mulut kami pecah dan luka.”

Suatu ketika beliau berkehendak untuk haji. Maka, beliau mewakilkan kepemimpinan Bashrah kepada Mujasyi’ bin Mas’ud dan memerintahkan Al Mughirah bin Syu’bah untuk mengimami salat bagi manusia. Kelak Al Mughirah inilah yang kemudian menggantikan kepemipinan Utbah karena ditunjuk oleh Umar sepeninggalan Utbah. Dalam perjalanan haji ini, beliau menyempatkan diri untuk bertemu dengan Khalifah Umar di Madinah.

Setiba di Madinah, beliau meminta diperingan/dilepaskan jabatan beliau atas Bashrah. Barangkali karena beliau memang tidak menyukai kepemimpinan dan besarnya penentangan dari para penentang yang tidak menyukai pola kehidupan sederhana yang banyak beliau ajarkan. Namun permintaan itu ditolak oleh Umar. Sehingga beliau pun berdoa kepada Allah “Ya Allah janganlah engkau kembalikan aku ke Negeri Bashrah.” Maka saat perjalanan kembali menuju Bashrah, beliau terjatuh dari tunggangan beliau sehingga menyebabkan beliau meninggal dunia. Allah berkehendak untuk mengabulkan doa beliau tersebut. Beliau meninggal di daerah yang bernama Ma’dan Bani Salim, tempat antara Makkah dan Bashrah. Ada yang berpendapat beliau meninggal di daerah yang bernama Rabadzah. Meninggal di tahun 15, 17, atau 20 hijriyyah saat umur beliau 57 tahun.

Di antara ulama yang mengambil ilmu dari beliau adalah Yasar, ayah dari Al Hasan Al Bashri, Khalid bin Umair Al Adawi, Qabiishah bin Jabir, dan Urtubaan kakek dari Abdullah bin Aun bin Urtubaan dan selain keduanya. Utbah bin Ghazwan, shahabat yang senantiasa hidup dengan kezuhudan dan ketawadhuan telah pergi. Namun kenangan keteladanan beliau senantiasa tertulis, terbaca dan menjadi panutan kaum muslimin setelahnya. Radhiyallah anhu. [Ustadz Hammam]

Sumber: Majalah Tashfiyah edisi 72 vol.06 1439H-2017M rubrik Figur.