Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 52

٨٢ - (٥٢) - حَدَّثَنَا أَبُو الرَّبِيعِ الزَّهۡرَانِيُّ: أَنۡبَأَنَا حَمَّادٌ: حَدَّثَنَا أَيُّوبُ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدٌ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (جَاءَ أَهۡلُ الۡيَمَنِ، هُمۡ أَرَقُّ أَفۡئِدَةً: الۡإِيمَانُ يَمَانٍ، وَالۡفِقۡهُ يَمَانٍ، وَالۡحِكۡمَةُ يَمَانِيَةٌ).
82. (52). Abu Ar-Rabi’ Az-Zahrani telah menceritakan kepada kami: Hammad memberitakan kepada kami: Ayyub menceritakan kepada kami: Muhammad menceritakan kepada kami dari Abu Hurairah. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Telah datang penduduk Yaman. Mereka paling lembut hatinya. Iman ada pada penduduk Yaman, fikih ada pada penduduk Yaman, dan hikmah ada pada penduduk Yaman.”
٨٣ - (...) - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ الۡمُثَنَّى: حَدَّثَنَا ابۡنُ أَبِي عَدِيٍّ. (ح) وَحَدَّثَنِي عَمۡرٌو النَّاقِدُ: حَدَّثَنَا إِسۡحَاقُ بۡنُ يُوسُفَ الۡأَزۡرَقُ، كِلَاهُمَا عَنِ ابۡنِ عَوۡنٍ، عَنۡ مُحَمَّدٍ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ... بِمِثۡلِهِ.
83. Muhammad bin Al-Mutsanna telah menceritakan kepada kami: Ibnu Abu ‘Adi menceritakan kepada kami. (Dalam riwayat lain) ‘Amr An-Naqid telah menceritakan kepadaku: Ishaq bin Yusuf Al-Azraq menceritakan kepada kami. Masing-masing keduanya dari Ibnu ‘Aun, dari Muhammad, dari Abu Hurairah. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda… semisal hadis tersebut.
٨٤ – (...) – وَحَدَّثَنِي عَمۡرٌو النَّاقِدُ وَحَسَنٌ الۡحُلۡوَانِيُّ، قَالَا: حَدَّثَنَا يَعۡقُوبُ – وَهُوَ ابۡنُ إِبۡرَاهِيمَ بۡنِ سَعۡدٍ -: حَدَّثَنَا أَبِي، عَنۡ صَالِحٍ، عَنِ الۡأَعۡرَجِ، قَالَ: قَالَ أَبُو هُرَيۡرَةَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (أَتَاكُمۡ أَهۡلُ الۡيَمَنِ، هُمۡ أَضۡعَفُ قُلُوبًا وَأَرَقُّ أَفۡئِدَةً: الۡفِقۡهُ يَمَانٍ، وَالۡحِكۡمَةُ يَمَانِيَةٌ).
84. ‘Amr An-Naqid dan Hasan Al-Hulwani telah menceritakan kepadaku. Keduanya berkata: Ya’qub bin Ibrahim bin Sa’d menceritakan kepada kami: Ayahku menceritakan kepada kami dari Shalih, dari Al-A’raj. Beliau berkata: Abu Hurairah mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Penduduk Yaman telah mendatangi kalian. Mereka paling lunak hatinya dan paling lembut nuraninya. Fikih ada pada penduduk Yaman dan hikmah (ilmu) ada pada penduduk Yaman.”
٨٥ - (...) - حَدَّثَنَا يَحۡيَىٰ بۡنُ يَحۡيَىٰ قَالَ: قَرَأۡتُ عَلَى مَالِكٍ، عَنۡ أَبِي الزِّنَادِ، عَنِ الۡأَعۡرَجِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَالَ: (رَأۡسُ الۡكُفۡرِ نَحۡوَ الۡمَشۡرِقِ، وَالۡفَخۡرُ وَالۡخُيَلَاءُ فِي أَهۡلِ الۡخَيۡلِ وَالۡإِبِلِ، الۡفَدَّادِينَ، أَهۡلِ الۡوَبَرِ وَالسَّكِينَةُ فِي أَهۡلِ الۡغَنَمِ).
[البخاري: كتاب بدء الخلق، باب خير مال المسلم غنم...، رقم: ٣١٢٥].
85. Yahya bin Yahya telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Aku membaca di hadapan Malik dari Abu Az-Zinad, dari Al-A’raj, dari Abu Hurairah: Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Puncak kekufuran ada di arah timur. Keangkuhan dan kesombongan ada pada pemilik kuda dan unta, yaitu orang-orang yang bersuara nyaring, pemilik bulu unta. Adapun ketenangan ada pada pemilik kambing.”
٨٦ - (...) - وَحَدَّثَنِي يَحۡيَىٰ بۡنُ أَيُّوبَ وَقُتَيۡبَةُ وَابۡنُ حُجۡرٍ، عَنۡ إِسۡمَاعِيلَ بۡنِ جَعۡفَرٍ، قَالَ ابۡنُ أَيُّوبَ: حَدَّثَنَا إِسۡمَاعِيلُ: قَالَ: أَخۡبَرَنِي الۡعَلَاءُ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَالَ: (الۡإِيمَانُ يَمَانٍ، وَالۡكُفۡرُ قِبَلَ الۡمَشۡرِقِ، وَالسَّكِينَةُ فِي أَهۡلِ الۡغَنَمِ، وَالۡفَخۡرُ وَالرِّيَاءُ فِي الۡفَدَّادِينَ، أَهۡلِ الۡخَيۡلِ وَالۡوَبَرِ).
86. Yahya bin Ayyub, Qutaibah, dan Ibnu Hujr telah menceritakan kepadaku dari Isma’il bin Ja’far. Ibnu Ayyub berkata: Isma’il menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Al-‘Ala` mengabarkan kepadaku dari ayahnya, dari Abu Hurairah: Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Iman ada pada penduduk Yaman dan kekufuran ada di arah timur. Ketenangan ada pada pemilik kambing, sementara keangkuhan dan ria ada pada orang-orang yang bersuara nyaring, yaitu pemilik kuda dan bulu unta.”
٨٧ - (...) - وَحَدَّثَنِي حَرۡمَلَةُ بۡنُ يَحۡيَىٰ: أَخۡبَرَنَا ابۡنُ وَهۡبٍ، قَالَ: أَخۡبَرَنِي يُونُسُ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، قَالَ: أَخۡبَرَنِي أَبُو سَلَمَةَ بۡنُ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ: أَنَّ أَبَا هُرَيۡرَةَ قَالَ: سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَقُولُ: (الۡفَخۡرُ وَالۡخُيَلَاءُ فِي الۡفَدَّادِينَ أَهۡلِ الۡوَبَرِ، وَالسَّكِينَةُ فِي أَهۡلِ الۡغَنَمِ).
87. Harmalah bin Yahya telah menceritakan kepadaku: Ibnu Wahb mengabarkan kepada kami. Beliau berkata: Yunus mengabarkan kepadaku dari Ibnu Syihab. Beliau berkata: Abu Salamah bin ‘Abdurrahman mengabarkan kepadaku: Bahwa Abu Hurairah mengatakan: Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Keangkuhan dan kesombongan ada pada orang-orang yang bersuara nyaring, yaitu pemilik bulu unta. Sedangkan ketenangan ada pada pemilik kambing.”
٨٨ - (...) - وَحَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ الدَّارِمِيُّ: أَخۡبَرَنَا أَبُو الۡيَمَانِ: أَخۡبَرَنَا شُعَيۡبٌ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ، بِهَٰذَا الۡإِسۡنَادِ... مِثۡلَهُ وَزَادَ: (الۡإِيمَانُ يَمَانٍ، وَالۡحِكۡمَةُ يَمَانِيَةٌ).
[البخاري: كتاب المناقب، باب قول الله تعالى: ﴿يا أيها الناس إنا خلقناكم من ذكر وأنثى﴾...، رقم: ٣٣٠٨].
88. ‘Abdullah bin ‘Abdurrahman Ad-Darimi telah menceritakan kepada kami: Abu Al-Yaman mengabarkan kepada kami: Syu’aib mengabarkan kepada kami dari Az-Zuhri melalui sanad ini… semisal hadis tersebut. Beliau menambahkan, “Iman ada pada penduduk Yaman dan hikmah (ilmu) ada pada penduduk Yaman.”
٨٩ - (...) - حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ: أَخۡبَرَنَا أَبُو الۡيَمَانِ، عَنۡ شُعَيۡبٍ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ: حَدَّثَنِي سَعِيدُ بۡنُ الۡمُسَيِّبِ: أَنَّ أَبَا هُرَيۡرَةَ قَالَ: سَمِعۡتُ النَّبِيَّ ﷺ يَقُولُ: (جَاءَ أَهۡلُ الۡيَمَنِ، هُمۡ أَرَقُّ أَفۡئِدَةً وَأَضۡعَفُ قُلُوبًا، الۡإِيمَانُ يَمَانٍ وَالۡحِكۡمَةُ يَمَانِيَةٌ، السَّكِينَةُ فِي أَهۡلِ الۡغَنَمِ، وَالۡفَخۡرُ وَالۡخُيَلَاءُ فِي الۡفَدَّادِينَ أَهۡلِ الۡوَبَرِ، قِبَلَ مَطۡلِعِ الشَّمۡسِ).
89. ‘Abdullah bin ‘Abdurrahman telah menceritakan kepada kami: Abu Al-Yaman mengabarkan kepada kami dari Syu’aib, dari Az-Zuhri: Sa’id bin Al-Musayyib menceritakan kepadaku: Bahwa Abu Hurairah mengatakan: Aku mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Penduduk Yaman telah datang. Mereka adalah orang yang paling lembut hatinya dan paling lunak kalbunya. Iman ada pada penduduk Yaman dan hikmah ada pada penduduk Yaman. Ketenangan ada pada pemilik kambing, sedangkan kebanggaan dan keangkuhan ada pada orang-orang yang bersuara nyaring, para pemilik bulu unta, di arah terbitnya matahari.”
٩٠ - (...) - حَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ وَأَبُو كُرَيۡبٍ، قَالَا: حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ، عَنۡ أَبِي صَالِحٍ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (أَتَاكُمۡ أَهۡلُ الۡيَمَنِ، هُمۡ أَلۡيَنُ قُلُوبًا وَأَرَقُّ أَفۡئِدَةً، الۡإِيمَانُ يَمَانٍ وَالۡحِكۡمَةُ يَمَانِيَةٌ، رَأۡسُ الۡكُفۡرِ قِبَلَ الۡمَشۡرِقِ).
90. Abu Bakr bin Abu Syaibah dan Abu Kuraib telah menceritakan kepada kami. Keduanya berkata: Abu Mu’awiyah menceritakan kepada kami dari Al-A’masy, dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Penduduk Yaman telah mendatangi kalian. Mereka paling lembut kalbunya dan paling halus hatinya. Iman ada pada penduduk Yaman dan hikmah (ilmu) ada pada penduduk Yaman. Sedangkan puncak kekufuran ada di arah masyrik.”
(...) - وَحَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ بۡنُ سَعِيدٍ وَزُهَيۡرُ بۡنُ حَرۡبٍ، قَالَا: حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنِ الۡأَعۡمَشِ... بِهَٰذَا الۡإِسۡنَادِ. وَلَمۡ يَذۡكُرۡ: (رَأۡسُ الۡكُفۡرِ قِبَلَ الۡمَشۡرِقِ).
Qutaibah bin Sa’id dan Zuhair bin Harb telah menceritakan kepada kami. Keduanya berkata: Jarir menceritakan kepada kami dari Al-A’masy… melalui sanad ini. Namun beliau tidak menyebutkan, “Puncak kekufuran ada di arah masyrik.”
٩١ - (...) - وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ الۡمُثَنَّى: حَدَّثَنَا ابۡنُ أَبِي عَدِيٍّ. (ح) وَحَدَّثَنِي بِشۡرُ بۡنُ خَالِدٍ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدٌ - يَعۡنِي ابۡنَ جَعۡفَرٍ - قَالَا: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ بِهَٰذَا الۡإِسۡنَادِ مِثۡلَ حَدِيثِ جَرِيرٍ.
وَزَادَ: (وَالۡفَخۡرُ وَالۡخُيَلَاءُ فِي أَصۡحَابِ الۡإِبِلِ، وَالسَّكِينَةُ وَالۡوَقَارُ فِي أَصۡحَابِ الشَّاءِ).
[البخاري: كتاب المغازي، باب قدوم الأشعريين وأهل اليمن، رقم: ٤١٢٧].
91. Muhammad bin Al-Mutsanna telah menceritakan kepada kami: Ibnu Abu ‘Adi menceritakan kepada kami. (Dalam riwayat lain) Bisyr bin Khalid telah menceritakan kepadaku: Muhammad bin Ja’far menceritakan kepada kami. Keduanya berkata: Syu’bah menceritakan kepada kami dari Al-A’masy melalui sanad ini semisal hadis Jarir.
Beliau menambahkan, “Keangkuhan dan kesombongan ada pada pemilik unta, sedangkan ketenteraman dan ketenangan ada pada pemilik kambing.”