٥٩٨٧ – أَبُو السَّنَابِلِ بۡنُ بَعۡكَكٍ
5987. Abu As-Sanabil bin Ba’kak
ب د ع: أَبُو السَّنَابِلِ بۡنُ بَعۡكَكِ بۡنِ الۡحَجَّاجِ بۡنِ الۡحَارِثِ بۡنِ السَّبَاقِ بۡنِ عَبۡدِ الدَّارِ.
Abu As-Sanabil bin Ba’kak bin Al-Hajjaj bin Al-Harits bin As-Sabaq bin ‘Abdu Ad-Dar.
كَذَا نَسَبَهُ أَبُو عُمَرَ، وَابۡنُ الۡكَلۡبِيِّ. وَقَالَ ابۡنُ إِسۡحَاقَ: هُوَ أَبُو السَّنَابِلِ بۡنُ بَعۡكَكِ بۡنِ الۡحَارِثِ بۡنِ عُمَيۡلَةَ بۡنِ السَّبَاقِ، كَذَا نَسَبَهُ عَنۡهُ أَبُو نُعَيۡمٍ.
Demikian Abu ‘Umar dan Ibnu Al-Kalbi menyebutkan nasab beliau. Ibnu Ishaq berkata: Beliau adalah Abu As-Sanabil bin Ba’kak bin Al-Harits bin ‘Umailah bin As-Sabaq. Demikian Abu Nu’aim menyebutkan nasab beliau dari Ibnu Ishaq.
وَاسۡمُهُ عَمۡرٌو. وَقِيلَ: حَبَّةُ. وَأُمُّهُ عَمۡرَةُ بِنۡتُ أَوۡسٍ الۡعُذۡرِيَّةُ، مِنۡ عُذۡرَةَ بۡنِ سَعۡد هُذَيۡمٍ.
Namanya adalah ‘Amr. Ada yang berkata: Habbah. Ibu beliau adalah ‘Amrah binti Aus Al-‘Udzriyyah dari ‘Udzrah bin Sa’d Hudzaim.
أَسۡلَمَ فِي الۡفَتۡحِ، وَهُوَ مِنَ الۡمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمۡ، وَكَانَ شَاعِرًا، وَسَكَنَ الۡكُوفَةَ.
Beliau masuk Islam ketika Fathu Makkah dan beliau termasuk orang yang dilunakkan hati mereka. Beliau adalah penyair dan tinggal di Kufah.
أَخۡبَرَنَا عَبۡدُ الۡوَهَّابِ بۡنُ هِبَةِ اللهِ بِإِسۡنَادِهِ عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ أَحۡمَدَ: حَدَّثَنِي أَبِي، أَخۡبَرَنَا حُسَيۡنُ بۡنُ مُحَمَّدٍ، أَخۡبَرَنَا شَيۡبَانُ، عَنۡ مَنۡصُورٍ (ح) -قَالَ أَحۡمَدُ: وَحَدَّثَنَا عَفَّانُ، عَنۡ شُعۡبَةَ قَالَ: حَدَثَنَا مَنۡصُورٌ، عَنۡ إِبۡرَاهِيمَ، عَنِ الۡأَسۡوَدِ، عَنۡ أَبِي السَّنَابِلِ قَالَ: وَضَعَتۡ سُبَيۡعَةُ بِنۡتُ الۡحَارِثِ بَعۡدَ وَفَاةِ زَوۡجِهَا بِثَلَاثٍ وَعِشۡرِينَ - أَوۡ خَمۡسٍ وَعِشۡرِينَ - لَيۡلَةً، فَلَمَّا تَعَلَّتۡ مِنۡ نِفَاسِهَا تَشَوَّفَتِ النِّكَاحَ، فَأُنۡكِرُ ذَاكَ عَلَيۡهَا، وَذُكِرَ ذٰلِكَ لِلنَّبِيِّ ﷺ. فَقَالَ: (إِنۡ تَفۡعَلُهَا، فَقَدۡ حَلَّ أَجَلُهَا). وَقَالَ عَفَّانُ: (فَقَدۡ خَلَا أَجَلُهَا).
‘Abdul Wahhab bin Hibatullah telah mengabarkan kepada kami dengan sanadnya dari ‘Abdullah bin Ahmad: Ayahku menceritakan kepadaku: Husain bin Muhammad mengabarkan kepada kami: Syaiban mengabarkan kepada kami dari Manshur. (Dalam riwayat lain) Ahmad berkata: ‘Affan menceritakan kepada kami dari Syu’bah. Beliau berkata: Manshur menceritakan kepada kami dari Ibrahim, dari Al-Aswad, dari Abu As-Sanabil. Beliau mengatakan: Subai’ah binti Al-Harits melahirkan ketika dua puluh tiga atau dua puluh lima malam setelah suaminya wafat. Ketika dia telah selesai dari nifasnya, dia berhias untuk menikah. Aku mengingkarinya akan hal itu. Kejadian itu disebutkan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu beliau bersabda, “Jika Subai’ah melakukannya, maka boleh karena masa idahnya sudah selesai.” ‘Affan berkata, “Karena masa idahnya sudah berlalu.”
قَالَ أَبُو أَحۡمَدَ الۡعَسۡكَرِيُّ: وَفِي قُرَيۡشٍ آخَرٌ يُكۡنَى: أَبَا السَّنَابِلِ، وَهُوَ: عَبۡدُ اللهِ بۡنُ عَامِرِ بۡنِ كُرَيۡزٍ، وَرُبَمَا أشكل بِهَٰذَا.
Abu Ahmad Al-‘Askari berkata: Di suku Quraisy ada orang lain yang dipanggil dengan Abu As-Sanabil, yaitu: ‘Abdullah bin ‘Amir bin Kuraiz.
حَبَّةُ: بِالۡبَاءِ الۡمُوَحَّدَةِ، وَقِيلَ: بِالنُّونِ، قَالَهُ ابۡنُ مَاكُولَا.
Habbah menggunakan huruf ba (satu titik). Ada yang berkata dengan huruf nun. Hal ini dikatakan oleh Ibnu Makula.