Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 2187

٢٣ – بَابُ مَا جَاءَ فِي خُرُوجِ يَأۡجُوجَ وَمَأۡجُوجَ 
23. Bab tentang keluarnya Yakjuj wa Makjuj 

٢١٨٧ – (صحيح) حَدَّثَنَا سَعِيدُ بۡنُ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ الۡمَخۡزُومِيُّ وَأَبُو بَكۡرِ بۡنُ نَافِعٍ وَغَيۡرُ وَاحِدٍ، قَالُوا: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ بۡنُ عُيَيۡنَةَ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ، عَنۡ عُرۡوَةَ بۡنِ الزُّبَيۡرِ، عَنۡ زَيۡنَبَ بِنۡتِ أَبِي سَلَمَةَ، عَنۡ حَبِيبَةَ، عَنۡ أُمِّ حَبِيبَةَ، عَنۡ زَيۡنَبَ بِنۡتِ جَحۡشٍ، قَالَتۡ: اسۡتَيۡقَظَ رَسُولُ اللهِ ﷺ مِنۡ نَوۡمٍ مُحۡمَرًّا وَجۡهُهُ وَهُوَ يَقُولُ: (لَا إِلَٰهَ إِلَّا اللهُ يُرَدِّدُهَا ثَلاَثَ مَرَّاتٍ، وَيۡلٌ لِلۡعَرَبِ مِنۡ شَرٍّ قَدۡ اقۡتَرَبَ، فُتِحَ الۡيَوۡمَ مِنۡ رَدۡمِ يَأۡجُوجَ وَمَأۡجُوجَ مِثۡلُ هَٰذِهِ) وَعَقَدَ عَشۡرًا. قَالَتۡ زَيۡنَبُ: قُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ أَفَنُهۡلَكُ وَفِينَا الصَّالِحُونَ؟ قَالَ: (نَعَمۡ، إِذَا كَثُرَ الۡخُبۡثُ). هَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ، وَقَدۡ جَوَّدَ سُفۡيَانُ هَٰذَا الۡحَدِيثَ، هَٰكَذَا رَوَى الحُمَيۡدِيُّ وَعَلِيُّ بۡنُ الۡمَدِينِيِّ وَغَيۡرُ وَاحِدٍ مِنَ الۡحُفَّاظِ عَنۡ سُفۡيَانَ بۡنِ عُيَيۡنَةَ نَحۡوَ هَٰذَا. وَقَالَ الۡحُمَيۡدِيُّ: قَالَ سُفۡيَانُ بۡنُ عُيَيۡنَةَ حَفِظۡتُ مِنۡ الزُّهۡرِيِّ فِي هَٰذَا الۡحَدِيثِ أَرۡبَعَ نِسۡوَةٍ: زَيۡنَبَ بِنۡتَ أَبِي سَلَمَةَ عَنۡ حَبِيبَةَ وَهُمَا رَبِيبَتَا النَّبِيِّ ﷺ، عَنۡ أُمِّ حَبِيبَةَ عَنۡ زَيۡنَبَ بِنۡتِ جَحۡشٍ زَوۡجَيِ النَّبِيِّ ﷺ. وَهَٰكَذَا رَوَى مَعۡمَرٌ وَغَيۡرُهُ هَٰذَا الۡحَدِيثَ عَنِ الزُّهۡرِيِّ وَلَمۡ يَذۡكُرُوا فِيهِ عَنۡ حَبِيبَةَ. وَقَدۡ رَوَى بَعۡضُ أَصۡحَابِ ابۡنِ عُيَيۡنَةَ هَٰذَا الۡحَدِيثَ عَنِ ابۡنِ عُيَيۡنَةَ وَلَمۡ يَذۡكُرُوا فِيهِ عَنۡ أُمِّ حَبِيبَةَ. [(ابن ماجه)(٣٩٥٣): ق]. 
2187. Sa’id bin ‘Abdurrahman Al-Makhzumi, Abu Bakr bin Nafi’, dan lebih dari seorang telah menceritakan kepada kami. Mereka berkata: Sufyan bin ‘Uyainah menceritakan kepada kami dari Az-Zuhri, dari ‘Urwah bin Az-Zubair, dari Zainab binti Abu Salamah, dari Habibah, dari Ummu Habibah, dari Zainab binti Jahsy. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bangun dari tidur malam dalam keadaan memerah wajahnya seraya bersabda, “Tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi kecuali Allah—beliau mengulang-ulang sebanyak tiga kali—, celaka bagi bangsa Arab karena suatu keburukan yang telah mendekat. Hari ini, tembok Yakjuj wa Makjuj telah terbuka semisal ini.” Beliau memberi isyarat angka sepuluh dengan jari (melingkarkan jari telunjuk sehingga ujungnya menyentuh pertengahan ruas ibu jari). Zainab berkata: Aku bertanya: Wahai Rasulullah, apakah kita akan binasa sementara di tengah-tengah kita masih ada orang-orang saleh? Beliau menjawab, “Iya, apabila kerusakan moral sudah banyak terjadi.” 
Ini adalah hadis hasan sahih. Sufyan telah menjadikan elok hadis ini. Demikianlah yang diriwayatkan Al-Humaidi, ‘Ali bin Al-Madini, dan lebih dari seorang di antara penghafal hadis dari Sufyan bin ‘Uyainah semisal hadis ini. Al-Humaidi berkata: Sufyan bin ‘Uyainah berkata: Aku menghafal empat wanita dari Az-Zuhri dalam hadis ini, yaitu: Zainab binti Abu Salamah dari Habibah—dan keduanya adalah anak tiri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam—, dari Ummu Habibah, dari Zainab binti Jahsy—dua istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Seperti ini pula Ma’mar dan selain beliau meriwayatkan hadis ini dari Az-Zuhri, namun mereka tidak menyebutkan dari Habibah. Sebagian sahabat Ibnu ‘Uyainah juga telah meriwayatkan hadis ini dari Ibnu ‘Uyainah, namun mereka tidak menyebutkan dari Ummu Habibah.