Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 91

٣٩ - بَابُ تَحۡرِيمِ الۡكِبۡرِ وَبَيَانِهِ 
39. Bab pengharaman sombong dan keterangannya 

١٤٧ - (٩١) - وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ الۡمُثَنَّى وَمُحَمَّدُ بۡنُ بَشَّارٍ وَإِبۡرَاهِيمُ بۡنُ دِينَارٍ، جَمِيعًا عَنۡ يَحۡيَىٰ بۡنِ حَمَّادٍ، قَالَ ابۡنُ الۡمُثَنَّى: حَدَّثَنِي يَحۡيَىٰ بۡنُ حَمَّادٍ: أَخۡبَرَنَا شُعۡبَةُ، عَنۡ أَبَانَ بۡنِ تَغۡلِبَ، عَنۡ فُضَيۡلٍ الۡفُقَيۡمِيِّ، عَنۡ إِبۡرَاهِيمَ النَّخَعِيِّ، عَنۡ عَلۡقَمَةَ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ مَسۡعُودٍ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: (لَا يَدۡخُلُ الۡجَنَّةَ مَنۡ كَانَ فِي قَلۡبِهِ مِثۡقَالُ ذَرَّةٍ مِنۡ كِبۡرٍ). قَالَ رَجُلٌ: إِنَّ الرَّجُلَ يُحِبُّ أَنۡ يَكُونَ ثَوۡبُهُ حَسَنًا وَنَعۡلُهُ حَسَنَةً. قَالَ: (إِنَّ اللهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الۡجَمَالَ، الۡكِبۡرُ: بَطَرُ الۡحَقِّ وَغَمۡطُ النَّاسِ). 
147. (91). Muhammad bin Al-Mutsanna, Muhammad bin Basysyar, dan Ibrahim bin Dinar semuanya telah menceritakan kepada kami dari Yahya bin Hammad. Ibnu Al-Mutsanna berkata: Yahya bin Hammad menceritakan kepadaku: Syu’bah mengabarkan kepada kami dari Aban bin Taghlib, dari Fudhail Al-Fuqaimi, dari Ibrahim An-Nakha’i, dari ‘Alqamah, dari ‘Abdullah bin Mas’ud, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda, “Tidaklah masuk surga siapa saja yang di dalam hatinya ada seberat zarah kesombongan.” Ada seseorang yang berkata, “Sesungguhnya ada orang yang suka apabila bajunya bagus dan sandalnya baik.” Nabi bersabda, “Sesungguhnya Allah itu indah dan mencintai keindahan. Sombong adalah menentang kebenaran dan merendahkan manusia.” 
١٤٨ - (...) - حَدَّثَنَا مِنۡجَابُ بۡنُ الۡحَارِثِ التَّمِيمِيُّ وَسُوَيۡدُ بۡنُ سَعِيدٍ، كِلَاهُمَا عَنۡ عَلِيِّ بۡنِ مُسۡهِرٍ. قَالَ مِنۡجَابٌ: أَخۡبَرَنَا ابۡنُ مُسۡهِرٍ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ، عَنۡ إِبۡرَاهِيمَ، عَنۡ عَلۡقَمَةَ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (لَا يَدۡخُلُ النَّارَ أَحَدٌ فِي قَلۡبِهِ مِثۡقَالُ حَبَّةِ خَرۡدَلٍ مِنۡ إِيمَانٍ، وَلَا يَدۡخُلُ الۡجَنَّةَ أَحَدٌ فِي قَلۡبِهِ مِثۡقَالُ حَبَّةِ خَرۡدَلٍ مِنۡ كِبۡرِيَاءَ). 
148. Minjab bin Al-Harits At-Tamimi dan Suwaid bin Sa’id telah menceritakan kepada kami. Masing-masing keduanya dari ‘Ali bin Mushir. Minjab berkata: Ibnu Mushir mengabarkan kepada kami dari Al-A’masy, dari Ibrahim, dari ‘Alqamah, dari ‘Abdullah. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah masuk neraka seorang pun yang di dalam hatinya ada iman seberat biji sawi dan tidaklah masuk surga seorang pun yang di dalam hatinya ada kesombongan seberat biji sawi.” 
١٤٩ - (...) - وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ بَشَّارٍ: حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ عَنۡ أَبَانَ بۡنِ تَغۡلِبَ، عَنۡ فُضَيۡلٍ، عَنۡ إِبۡرَاهِيمَ، عَنۡ عَلۡقَمَةَ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: (لَا يَدۡخُلُ الۡجَنَّةَ مَنۡ كَانَ فِي قَلۡبِهِ مِثۡقَالُ ذَرَّةٍ مِنۡ كِبۡرٍ). 
149. Muhammad bin Basysyar telah menceritakan kepada kami: Abu Dawud menceritakan kepada kami: Syu’bah menceritakan kepada kami dari Aban bin Taghlib, dari Fudhail, dari Ibrahim, dari ‘Alqamah, dari ‘Abdullah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda, “Tidaklah masuk surga siapa saja yang di dalam hatinya ada kesombongan seberat zarah.”