Cari Blog Ini

Sunan Abu Dawud hadits nomor 2382 dan 2383

٣٣ - بَابُ الۡقُبۡلَةِ لِلصَّائِمِ 
33. Bab mencium bagi orang yang berpuasa 

٢٣٨٢ – (صحيح) حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ، نا أَبُو مُعَاوِيَةَ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ، عَنۡ إِبۡرَاهِيمَ، عَنِ الۡأَسۡوَدِ وَعَلۡقَمَةَ، عَنۡ عَائِشَةَ قَالَتۡ: كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ يُقَبِّلُ وَهُوَ صَائِمٌ، وَيُبَاشِرُ وَهُوَ صَائِمٌ، وَلَكِنَّهُ كَانَ أَمۡلَكَ لِإِرۡبِهِ. [ق]. 
2382. Musaddad telah menceritakan kepada kami: Abu Mu’awiyah menceritakan kepada kami dari Al-A’masy, dari Ibrahim, dari Al-Aswad dan ‘Alqamah, dari ‘Aisyah. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu mencium (istri) dalam keadaan puasa dan beliau bermesraan dalam keadaan puasa. Akan tetapi beliau adalah orang yang paling dapat mengendalikan hawa nafsunya. 
٢٣٨٣ – (صحيح) حَدَّثَنَا أَبُو تَوۡبَةَ الرَّبِيعُ بۡنُ نَافِعٍ، ثنا أَبُو الۡأَحۡوَصِ، عَنۡ زِيَادِ بۡنِ عِلَاقَةَ، عَنۡ عَمۡرِو بۡنِ مَيۡمُونٍ، عَنۡ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا قَالَتۡ: كَانَ النَّبِيُّ ﷺ يُقَبِّلُ فِي شَهۡرِ الصَّوۡمِ. [م]. 
2383. Abu Taubah Ar-Rabi’ bin Nafi’ telah menceritakan kepada kami: Abu Al-Ahwash menceritakan kepada kami dari Ziyad bin ‘Ilaqah, dari ‘Amr bin Maimun, dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha. Beliau mengatakan: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu mencium (istri) di bulan Ramadan.