Cari Blog Ini

Sunan Abu Dawud hadits nomor 2062 dan 2063

١١ - بَابٌ هَلۡ يُحَرِّمُ مَا دُونَ خَمۡسِ رَضَعَاتٍ؟
11. Bab apakah susuan kurang dari lima kali menyebabkan hubungan mahram?

٢٠٦٢ – (صحيح) حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ مَسۡلَمَةَ الۡقَعۡنَبِيُّ، عَنۡ مَالِكٍ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ أَبِي بَكۡرِ بۡنِ مُحَمَّدِ بۡنِ عَمۡرِو بۡنِ حَزۡمٍ، عَنۡ عَمۡرَةَ بِنۡتِ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ، عَنۡ عَائِشَةَ أَنَّهَا قَالَتۡ: كَانَ فِيمَا أُنۡزِلَ مِنَ الۡقُرۡآنِ (عَشۡرُ رَضَعَاتٍ يُحَرِّمۡنَ) ثُمَّ نُسِخۡنَ بِـ(خَمۡسٌ مَعۡلُومَاتٌ يُحَرِّمۡنَ) فَتُوُفِّيَ النَّبِيُّ ﷺ وَهُنَّ مِمَّا يُقۡرَأُ مِنَ الۡقُرۡآنِ. [م].
2062. [Sahih] ‘Abdullah bin Maslamah Al-Qa’nabi telah menceritakan kepada kami dari Malik, dari ‘Abdullah bin Abu Bakr bin Muhammad bin ‘Amr bin Hazm, dari ‘Amrah binti ‘Abdurrahman, dari ‘Aisyah bahwa beliau mengatakan: Dahulu, di antara ayat Alquran yang diturunkan adalah ayat (yang artinya), “Sepuluh susuan yang dapat menyebabkan hubungan mahram.” Kemudian dinasakh dengan ayat (yang artinya), “Lima susuan yang diketahui adalah yang dapat menyebabkan hubungan mahram.” Lalu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam wafat dalam keadaan ayat itu masih termasuk Alquran yang dibaca (oleh sebagian kaum muslimin).
٢٠٦٣ – (صحيح) حَدَّثَنَا مُسَدَّدُ بۡنُ مُسَرۡهَدٍ، نا إِسۡمَاعِيلُ، عَنۡ أَيُّوبَ، عَنِ ابۡنِ أَبِي مُلَيۡكَةَ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ الزُّبَيۡرِ، عَنۡ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا قَالَتۡ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (لَا تُحَرِّمُ الۡمَصَّةُ وَلَا الۡمَصَّتَانِ). [م]. 
2063. [Sahih] Musaddad bin Musarhad telah menceritakan kepada kami: Isma’il menceritakan kepada kami dari Ayyub, dari Ibnu Abu Mulaikah, dari ‘Abdullah bin Az-Zubair, dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Satu atau dua kali sesapan tidak menyebabkan hubungan mahram.”