Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 28

٢٠ - بَابٌ السَّلَامُ مِنَ الۡإِسۡلَامِ
20. Bab mengucapkan salam termasuk keislaman

وَقَالَ عَمَّارٌ: ثَلَاثٌ مَنۡ جَمَعَهُنَّ فَقَدۡ جَمَعَ الۡإِيمَانَ: الۡإِنۡصَافُ مِنۡ نَفۡسِكَ، وَبَذۡلُ السَّلَامِ لِلۡعَالَمِ، وَالۡإِنۡفَاقُ مِنَ الۡإِقۡتَارِ.
‘Ammar berkata, “Tiga hal siapa saja yang mengumpulkannya, maka dia telah mengumpulkan keimanan, yaitu: bersikap inshaf (adil, menunaikan hak Allah dan manusia), mengucapkan kepada kaum muslimin, dan berinfak ketika dalam kesempitan rezeki.”
٢٨ - حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ قَالَ: حَدَّثَنَا اللَّيۡثُ، عَنۡ يَزِيدَ بۡنِ أَبِي حَبِيبٍ، عَنۡ أَبِي الۡخَيۡرِ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَمۡرٍو: أَنَّ رَجُلًا سَأَلَ رَسُولَ اللهِ ﷺ أَيُّ الۡإِسۡلَامِ خَيۡرٌ؟ قَالَ: تُطۡعِمُ الطَّعَامَ، وَتَقۡرَأُ السَّلَامَ عَلَى مَنۡ عَرَفۡتَ وَمَنۡ لَمۡ تَعۡرِفۡ.
28. Qutaibah telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Al-Laits menceritakan kepada kami dari Yazid bin Abu Habib, dari Abu Al-Khair, dari ‘Abdullah bin ‘Amr bahwa ada seseorang bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Perangai Islam mana yang paling baik?” Nabi menjawab, “Engkau memberi makan dan mengucapkan salam kepada siapa saja yang engkau kenal dan tidak engkau kenal.”