Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 2797

٧ - بَابُ تَمَنِّي الشَّهَادَةِ
7. Bab angan-angan mati syahid


٢٧٩٧ - حَدَّثَنَا أَبُو الۡيَمَانِ: أَخۡبَرَنَا شُعَيۡبٌ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ قَالَ: أَخۡبَرَنِي سَعِيدُ بۡنُ الۡمُسَيَّبِ: أَنَّ أَبَا هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: سَمِعۡتُ النَّبِيَّ ﷺ يَقُولُ: (وَالَّذِي نَفۡسِي بِيَدِهِ، لَوۡلَا أَنَّ رِجَالًا مِنَ الۡمُؤۡمِنِينَ، لَا تَطِيبُ أَنۡفُسُهُمۡ أَنۡ يَتَخَلَّفُوا عَنِّي، وَلَا أَجِدُ مَا أَحۡمِلُهُمۡ عَلَيۡهِ، مَا تَخَلَّفۡتُ عَنۡ سَرِيَّةٍ تَغۡزُو فِي سَبِيلِ اللهِ، وَالَّذِي نَفۡسِي بِيَدِهِ، لَوَدِدۡتُ أَنِّي أُقۡتَلُ فِي سَبِيلِ اللهِ ثُمَّ أُحۡيَا، ثُمَّ أُقۡتَلُ ثُمَّ أُحۡيَا، ثُمَّ أُقۡتَلُ ثُمَّ أُحۡيَا، ثُمَّ أُقۡتَلُ). [طرفه في: ٣٦]. 

2797. Abu Al-Yaman telah menceritakan kepada kami: Syu’aib mengabarkan kepada kami dari Az-Zuhri. Beliau berkata: Sa’id bin Al-Musayyab mengabarkan kepadaku: Bahwa Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu mengatakan: Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Demi Allah yang jiwaku berada di tangan-Nya, kalau tidak karena ada beberapa orang dari kalangan kaum mukminin yang tidak tenang jiwa mereka apabila mereka tidak ikut berangkat bersamaku sementara aku tidak mendapatkan akomodasi untuk membawa serta mereka, niscaya aku tidak akan absen dari satu pasukan pun yang berperang di jalan Allah. Demi Allah yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh aku sangat ingin agar aku terbunuh di jalan Allah kemudian dihidupkan, lalu terbunuh kemudian dihidupkan, lalu terbunuh kemudian dihidupkan, kemudian terbunuh.”