Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 3691

٣٦٩١ - حَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ بُكَيۡرٍ: حَدَّثَنَا اللَّيۡثُ، عَنۡ عُقَيۡلٍ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ قَالَ: أَخۡبَرَنِي أَبُو أُمَامَةَ بۡنُ سَهۡلِ بۡنِ حُنَيۡفٍ، عَنۡ أَبِي سَعِيدٍ الۡخُدۡرِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَقُولُ: (بَيۡنَا أَنَا نَائِمٌ، رَأَيۡتُ النَّاسَ عُرِضُوا عَلَيَّ وَعَلَيۡهِمۡ قُمُصٌ، فَمِنۡهَا مَا يَبۡلُغُ الثُّدِيَّ، وَمِنۡهَا مَا يَبۡلُغُ دُونَ ذٰلِكَ، وَعُرِضَ عَلَيَّ عُمَرُ وَعَلَيۡهِ قَمِيصٌ اجۡتَرَّهُ). قَالُوا: فَمَا أَوَّلۡتَهُ يَا رَسُولَ اللهِ؟ قَالَ: (الدِّينَ). [طرفه في: ٢٣]. 

3691. Yahya bin Bukair telah menceritakan kepada kami: Al-Laits menceritakan kepada kami dari ‘Uqail, dari Ibnu Syihab. Beliau berkata: Abu Umamah bin Sahl bin Hunaif mengabarkan kepadaku dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu. Beliau mengatakan:
Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ketika aku sedang tidur, aku bermimpi melihat orang-orang ditampakkan kepadaku dalam keadaan mereka memakai gamis. Di antara gamis itu ada yang sampai dada dan di antaranya ada yang sampai di bawah itu. Dan ‘Umar ditampakkan kepadaku dalam keadaan dia memakai gamis yang dia seret.”
Para sahabat bertanya, “Engkau takwilkan apa wahai Rasulullah?”
Nabi bersabda, “Agama.”