Shahih Al-Bukhari hadits nomor 7463

٣٠ - بَابُ قَوۡلِ اللهِ تَعَالَى: 
30. Bab firman Allah taala, 


﴿قُلۡ لَوۡ كَانَ الۡبَحۡرُ مِدَادًا لِكَلِمَاتِ رَبِّي لَنَفِدَ الۡبَحۡرُ قَبۡلَ أَنۡ تَنۡفَدَ كَلِمَاتُ رَبِّي وَلَوۡ جِئۡنَا بِمِثۡلِهِ مَدَدًا﴾ [الكهف: ١٠٩]، ﴿وَلَوۡ أَنَّ مَا فِي الۡأَرۡضِ مِنۡ شَجَرَةٍ أَقۡلَامٌ وَالۡبَحۡرُ يَمُدُّهُ مِنۡ بَعۡدِهِ سَبۡعَةُ أَبۡحُرٍ مَا نَفِدَتۡ كَلِمَاتُ اللهِ﴾ [لقمان: ٢٧]، ﴿إِنَّ رَبَّكُمُ اللهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالۡأَرۡضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسۡتَوَى عَلَى الۡعَرۡشِ يُغۡشِي اللَّيۡلَ النَّهَارَ يَطۡلُبُهُ حَثِيثًا وَالشَّمۡسَ وَالۡقَمَرَ وَالنُّجُومَ مُسَخَّرَاتٍ بِأَمۡرِهِ أَلَا لَهُ الۡخَلۡقُ وَالۡأَمۡرُ تَبَارَكَ اللهُ رَبُّ الۡعَالَمِينَ﴾ [الأعراف: ٥٤]. سَخَّرَ: ذَلَّلَ. 

“Katakanlah: Andai lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Rabb-ku, tentu habislah lautan itu sebelum habis (ditulis) kalimat-kalimat Rabb-ku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula).” (QS. Al-Kahfi: 109). “Dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan laut (menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh laut (lagi) sesudahnya, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat Allah.” (QS. Luqman: 27). “Sesungguhnya Rabb kalian adalah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam hari, kemudian Dia naik di atas arasy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Rabb semesta alam.” (QS. Al-A’raf: 54). Sakhkhara artinya dzallala (menundukkan). 

٧٤٦٣ - حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ يُوسُفَ: أَخۡبَرَنَا مَالِكٌ، عَنۡ أَبِي الزِّنَادِ، عَنِ الۡأَعۡرَجِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَالَ: (تَكَفَّلَ اللهُ لِمَنۡ جَاهَدَ فِي سَبِيلِهِ، لَا يُخۡرِجُهُ مِنۡ بَيۡتِهِ إِلَّا الۡجِهَادُ فِي سَبِيلِهِ وَتَصۡدِيقُ كَلِمَتِهِ، أَنۡ يُدۡخِلَهُ الۡجَنَّةَ، أَوۡ يَرُدَّهُ إِلَى مَسۡكَنِهِ بِمَا نَالَ مِنۡ أَجۡرٍ أَوۡ غَنِيمَةٍ). [طرفه في: ٣٦]. 

7463. ‘Abdullah bin Yusuf telah menceritakan kepada kami: Malik mengabarkan kepada kami dari Abu Az-Zinad, dari Al-A’raj, dari Abu Hurairah: Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah menjamin bagi siapa saja yang berjihad di jalan-Nya, tidak ada yang membuatnya berangkat dari rumahnya kecuali jihad di jalan-Nya dan menasdikkan kalimat-Nya, dengan jaminan bahwa Allah akan memasukkannya ke dalam janah atau mengembalikannya ke tempat tinggalnya dengan membawa pahala atau ganimah yang dia raih.”