Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 4407

٤٤٠٧ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ يُوسُفَ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ الثَّوۡرِيُّ، عَنۡ قَيۡسِ بۡنِ مُسۡلِمٍ، عَنۡ طَارِقِ بۡنِ شِهَابٍ: أَنَّ أُنَاسًا مِنَ الۡيَهُودِ قَالُوا: لَوۡ نَزَلَتۡ هَٰذِهِ الۡآيَةُ فِينَا لَاتَّخَذۡنَا ذٰلِكَ الۡيَوۡمَ عِيدًا، فَقَالَ عُمَرُ: أَيَّةُ آيَةٍ؟ فَقَالُوا: ﴿الۡيَوۡمَ أَكۡمَلۡتُ لَكُمۡ دِينَكُمۡ وَأَتۡمَمۡتُ عَلَيۡكُمۡ نِعۡمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الۡإِسۡلَامَ دِينًا﴾ [المائدة: ٣]. فَقَالَ عُمَرُ: إِنِّي لَأَعۡلَمُ أَيَّ مَكَانٍ أُنۡزِلَتۡ، أُنۡزِلَتۡ وَرَسُولُ اللهِ ﷺ وَاقِفٌ بِعَرَفَةَ. [طرفه في: ٤٥]. 

4407. Muhammad bin Yusuf telah menceritakan kepada kami: Sufyan Ats-Tsauri menceritakan kepada kami dari Qais bin Muslim, dari Thariq bin Syihab: 

Bahwa orang-orang Yahudi berkata, “Andai ayat ini turun pada kami, niscaya kami jadikan hari turunnya ayat itu sebagai hari raya.” 

‘Umar bertanya, “Ayat yang mana?” 

Mereka menjawab, “Ayat yang artinya: Pada hari ini Aku telah sempurnakan agama kalian untuk kalian, Aku telah cukupkan nikmat-Ku kepada kalian, dan Aku telah ridai Islam sebagai agama untuk kalian. (QS. Al-Ma`idah: 3).” 

‘Umar berkata, “Sesungguhnya aku benar-benar mengetahui di tempat mana ayat tersebut turun. Ayat tersebut diturunkan pada saat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang wukuf di Arafah.”