Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 4606

٢ - بَابُ قَوۡلِهِ: ﴿الۡيَوۡمَ أَكۡمَلۡتُ لَكُمۡ دِينَكُمۡ﴾ ۝٣ 
2. Bab firman-Nya yang artinya, “Pada hari ini, Aku telah sempurnakan agama kalian untuk kalian.” (QS. Al-Ma`idah: 2) 


وَقَالَ ابۡنُ عَبَّاسٍ: ﴿مَخۡمَصَة﴾ [٣] مَجَاعَة. 

Ibnu ‘Abbas berkata, “Makhmashah,” (QS. Al-Ma`idah: 3), artinya kelaparan. 

٤٦٠٦ - حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بۡنُ بَشَّارٍ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الرَّحۡمَٰنِ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ، عَنۡ قَيۡسٍ، عَنۡ طَارِقِ بۡنِ شِهَابٍ: قَالَتِ الۡيَهُودُ لِعُمَرَ: إِنَّكُمۡ تَقۡرَأُونَ آيَةً، لَوۡ نَزَلَتۡ فِينَا لَاتَّخَذۡنَاهَا عِيدًا. فَقَالَ عُمَرُ: إِنِّي لَأَعۡلَمُ حَيۡثُ أُنۡزِلَتۡ، وَأَيۡنَ أُنۡزِلَتۡ، وَأَيۡنَ رَسُولُ اللهِ ﷺ حِينَ أُنۡزِلَتۡ: يَوۡمَ عَرَفَةَ، وَإِنَّا وَاللهِ بِعَرَفَةَ - قَالَ سُفۡيَانُ: وَأَشُكُّ كَانَ يَوۡمَ الۡجُمُعَةِ أَمۡ لَا - ﴿الۡيَوۡمَ أَكۡمَلۡتُ لَكُمۡ دِينَكُمۡ﴾. [طرفه في: ٤٥]. 

4606. Muhammad bin Basysyar telah menceritakan kepadaku: ‘Abdurrahman menceritakan kepada kami: Sufyan menceritakan kepada kami dari Qais, dari Thariq bin Syihab: 

Orang-orang Yahudi berkata kepada ‘Umar, “Sesungguhnya kalian membaca suatu ayat yang andaikan ayat itu turun kepada kami niscaya kami menjadikannya sebagai hari raya.” 

‘Umar berkata, “Sesungguhnya aku mengetahui kapan ayat itu diturunkan, di mana diturunkan, dan di mana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika ayat itu diturunkan. Yaitu pada hari ‘Arafah dan sungguh kami—demi Allah—berada di ‘Arafah.” 

Sufyan berkata: Aku ragu apakah ketika itu hari Jumat atau tidak. Yaitu ayat yang artinya, “Pada hari ini, Aku telah sempurnakan agama kalian untuk kalian.”