Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 7268

٧٢٦٨ - حَدَّثَنَا الۡحُمَيۡدِيُّ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ، عَنۡ مِسۡعَرٍ وَغَيۡرِهِ، عَنۡ قَيۡسِ بۡنِ مُسۡلِمٍ، عَنۡ طَارِقِ بۡنِ شِهَابٍ قَالَ: قَالَ رَجُلٌ مِنَ الۡيَهُودِ لِعُمَرَ: يَا أَمِيرَ الۡمُؤۡمِنِينَ، لَوۡ أَنَّ عَلَيۡنَا نَزَلَتۡ هَٰذِهِ الۡآيَةُ: ﴿الۡيَوۡمَ أَكۡمَلۡتُ لَكُمۡ دِينَكُمۡ وَأَتۡمَمۡتُ عَلَيۡكُمۡ نِعۡمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الۡإِسۡلَامَ دِينًا﴾ [المائدة: ٣] لَاتَّخَذۡنَا ذٰلِكَ الۡيَوۡمَ عِيدًا، فَقَالَ عُمَرُ: إِنِّي لَأَعۡلَمُ أَيَّ يَوۡمٍ نَزَلَتۡ هَٰذِهِ الۡآيَةُ، نَزَلَتۡ يَوۡمَ عَرَفَةَ، فِي يَوۡمِ جُمُعَةٍ. سَمِعَ سُفۡيَانُ مِنۡ مِسۡعَرٍ، وَمِسۡعَرٌ قَيۡسًا، وَقَيۡسٌ طَارِقًا. [طرفه في: ٤٥]. 

7268. Al-Humaidi telah menceritakan kepada kami: Sufyan menceritakan kepada kami dari Mis’ar dan selain beliau, dari Qais bin Muslim, dari Thariq bin Syihab. Beliau berkata: 

Seseorang dari Yahudi berkata kepada ‘Umar, “Wahai amirulmukminin, andai pada kami turun ayat yang artinya: Pada hari ini Aku telah sempurnakan agama kalian untuk kalian, Aku telah cukupkan nikmat-Ku kepada kalian, dan Aku telah ridai Islam sebagai agama bagi kalian. (QS. Al-Maidah: 3), niscaya kami akan menjadikan hari turunnya ayat itu sebagai hari raya.” 

‘Umar berkata, “Sesungguhnya aku sangat mengetahui pada hari apa ayat ini turun. Ayat ini turun pada hari Arafah di hari Jumat.” 

Sufyan mendengar dari Mis’ar. Mis’ar mendengar dari Qais. Qais mendengar dari Thariq.